Euforia perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 masih belum usai. Masih ada Karnaval Kemerdekaan yang jadi puncak perayaan HUT RI ke-72 yang akan diadakan di Kota Bandung pada Sabtu 26 Agustus 2017.

Dengan mengangkat tema ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan 2017′, Bandung jadi tuan rumah ketiga penyelenggaraan karnaval kemerdekaan ini. Sebelumnya acara karnaval kemerdekaan selalu diadakan di Istana Negara, namun pada 2015 diputuskan karnaval ini akan diadakan di wilayah berbeda di tiap tahunnya. Untuk tahun 2015 acara ini digelar di Pontianak dengan tema Festival Air dan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tema Festival Danau Toba di tahun 2016.

Peserta Karnaval Kemerdekaan di Bandung

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on


Karnaval Kemerdekaan di Bandung ini akan melibatkan setidaknya 43 kontingen dari berbagai unsur lintas provinsi, kabupaten, dan kota serta lintas budaya dan komunitas, diantaranya Drumband Changka Panorama Secapa TNI AD, anggota Pramuka pembawa bendera merah putih, paskibraka pembawa bendera negara peserta Konferensi Asia Afrika, Jember Fashion Carnival, barisan 50 pemuda dan pemudi berkostum Harmoni Nusantara, pemain Enggrang Jack Obin, rombongan Atlet Senam Indah Kota Bandung, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Priangan, rombongan rebana Pondok Pesantren Nurul Imam, Kudu Renggong Sumedang, barisan Jaringan Kerja Sama antar-Umat Beragama (Jaka Tarub), kerja sama masyarakat adat Jawa Barat, Komunitas Cosplay Bandung, serta partisipasi siswa Bandung International School (BIS) berpakaian negara masing-masing.

Acara ini juga akan diramaikan oleh rombongan rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia. Karnaval kemerdekaan di Bandung ini juga akan diramaikan eh Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia. Karnaval ini juga akan melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung, Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Parahyangan dan Atlet Sepatu Roda KONI Bandung.

cicilan pergi.com
Cicilan 3/6/12 bulan

Selain itu juga akan ada parade kampung adat dan budaya yang mengetengahkan budaya Cigugur Kuningan, Kampung Naga Salawu Tasik, Kampung Adat Kuta Ciamis, Kampung Ujung Jaya Kadipaten Rancakalong Sumedang, Negara Banceuy Subang, Dukuh Pamengpeuk Garut, Cikondang Ciwidey, Adat Ciptagelar Sukabumi, Cangkuang Garut, Mahumud Kabupaten Bandung, Kampung Urug Bogor, Kampung Adat Giri Jaya Gunung Halimun Sukabumi, Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, dan Keraton Sumedang Larang.

Rute Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Karnaval Kemerdekaan di Bandung ini akan dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga siang hari dengan panjang lintasan karnaval 2,2 km. Jalur karnaval membentang dari Gedung Sate (Lapangan Gasibu) melalui Jalan Dago dan akan berakhir di Alun-Alun Kota Bandung. Namun, sebelumnya peserta karnaval akan melewati panggung di Taman Vanda yang ada di Balai Kota Bandung.

Presiden Jokowi Akan Hadir

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on


Sebagai tambahan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana juga akan hadir dan berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kareta Pancasila; mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung. Kareta Pancasila ini menyiratkan makna kerja budaya dan gotong royong yang mengejawantah dalam laku budaya berupa kebersamaan. Presiden RI Joko Widodo nantinya akan mengenakan busana daerah Jawa Barat. Dalam karnaval, presiden akan berhenti di panggung Taman Vanda, sementara peserta karnaval lainnya akan melanjutkan sampai Alun-alun.

Rundown Acara Karnaval


Dikutip dari laman Pikiran Rakyat, rundown acara Karnaval Kemerdekaan di Bandung nanti adalah sebagai berikut:

  • Drumband Changka Panorama Secapa TNI-AD
  • Kuda Kavaleri TNI AD
  • Kendaraan media (bandros)
  • Kendaraan Presiden RI
  • Anoa
  • Kendaraan para menteri
  • Kendaraan antik Presiden RI pertama, Soekarno
  • Iringan Paskibra
  • Iringan Pramuka
  • Iringan Sisingaan Anak
  • Iringan Museum Kids Care Community
  • Iringan Asia Africa Student
  • Iringan kereta kencana
  • Iringan lingkung seni Dangiang Galuh Pakuan
  • Iringan masyarakat adat Jawa Barat
  • Iringan pencak silat
  • Iringan kuda renggong Sumedang
  • Iringan Keraton Kapangranan Gebang Cigugur
  • Iringan Historia Van Bandung, dan
  • Iringan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)
promo hotel pergicom
Diskon up to 150rb

Setelah parade berakhir, akan ada acara di panggung berukuran besar yang berlokasi di Monumen Juang. Disini jadi tempat digelarnya pesta rakyat yang akan diisi penampilan yang menampilkan kekayaan budaya Indonesia dan masyarakat Sunda serta penampilan artis papan atas Indonesia.

Ribuan orang diperkirakan akan meramaikan karnaval ini dan dijamin akhir pekan di Bandung akan seru sekali! Yuk segera rencanakan liburan ke Bandung untuk ikut meriahkan Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-72! Jangan lupa booking hotel di Bandung supaya liburan kamu semakin seru. Pergi yuk!

Booking Hotel di Bandung