Sumber: Instagram @ khalimayanugraha

Mengikuti perkembangan trend wisatawan Indonesia yang suka foto disana sini, tempat wisata yang mengusung kampung warna warni yang dipenuhi spot untuk foto semakin banyak bermunculan. Setelah sebelumnya membahas Kampung Pelangi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sekarang yang terbaru ada Kampung Pelangi yang ada di Semarang yang bisa jadi tujuan wisata bagi kamu-kamu yang suka berburu foto.

Kampung Pelangi di Tengah Kota

A post shared by WA 0811297091 (@handokoiskoko) on


Jika sebelumnya ada Kampung Werno Bejalen yang ada di Kecamatan Ambarawa, Semarang, kini ada Kampung Pelangi yang terletak di Kelurahan Randusari, Semarang Selatan yang lokasinya tidak begitu jauh dari Tugu Muda dan Lawang Sewu yang menjadi must visit-nya ketika kamu liburan ke Semarang. Terletak di tengah kota, kampung warna warni ini sangat mudah ditemukan dan jadi salah satu wisata hits terutama di akhir pekan dan libur panjang.

Dulunya, perkampungan yang nama aslinya Kampung Wonosari ini merupakan perkampungan kumuh. Namun dengan inisiatif dari tokoh masyarakat setempat yang merasa suasana kampung terlalu kontras dibandingkan dengan pasar bunga Kalisari yang sudah direnovasi, akhirnya tercetus ide pembuatan kampung pelangi.


Penginapan Murah di Semarang

Datang dari luar kota untuk kunjungi destinasi ini?
Temukan pilihan hotel murah di Semarang dengan harga mulai Rp 300.000 di Pergi.com

Hotel di Semarang


Awal pengecatan kampung ini dilakukan pada 15 April 2017 lalu dan Hendrar Prihadi selaku wali kota Semarang juga turut hadir dalam pengecatan awal kampung ini. Pria yang akrab disapa Hendi itu menjelaskan jika Kampung pelangi ini merupakan salah satu program kampung tematik yang dimaksudkan untuk mengurangi pemukiman kumuh sekaligus menjadi alternatif wisata di tengah kota Semarang.

Aktifitas Seru di Kampung Pelangi Semarang

A post shared by Titi Lestari (@titi_l3stari) on


Di kampung warna warni ini tak hanya dinding rumah warga yang dicat dengan warna-warna terang, tetapi juga jembatan hingga tangga. Selain itu, di dinding rumah warga juga terdapat banyak lukisan seru yang bisa dijadikan latar berfoto. Hampir mirip dengan kampung warna warni di daerah lain, kampung pelangi ini juga dimaksudkan bagi kamu yang suka foto-foto.

Selain itu, lokasi kampung ini yang berada di tebing sehingga ada banyak tangga yang tersedia untuk mendaki hingga ke puncak. Dari atas puncak ini kamu bisa menikmati pemandangan cantik Kota Semarang dari ketinggian. Seru kan!

Lokasi Kampung Pelangi Semarang

A post shared by 📍Smg ,indo (@faisal_andry23) on


Kampung Pelangi yang ada di Semarang ini terletak di Jalan dr. Sutomo, Kelurahan Randusari, Semarang Selatan. Sebelum masuk ke area kampung ini, kamu bisa menemukan Pasar Bunga Kalisari yang sudah direnovasi dan terlihat jauh lebih menarik dan tertata. Lokasi kampung ini tak jauh dari Tugu Muda dan terletak di area perbukitan sehingga terlihat dari jarak jauh.

Jadi bagi kamu yang akan liburan ke Semarang ada lagi nih tambahan referensi tempat liburan murah meriah sekaligus tempat keren untuk berburu foto. Bisa juga nih jadi referensi tempat liburan saat weekend atau libur nasional! Yuk segera pesan tiket pesawat ke Semarang di Pergi.com. Ada diskon tiket pesawat dan hotel hingga untuk semua tujuan lho! Pergi yuk!

Tiket Murah ke Semarang