Sumber: Instagram @ aida_nafisah27

Sosial media Instagram memang berperan penting dalam menyebarkan lokasi wisata baru sehingga lebih dikenal oleh masyarakat. Kebiasaan wisatawan asal Indonesia yang suka foto disana sini dan membagikannya ke Instagram juga turut membantu mempromosikan banyak destinasi wisata.

Salah satunya yang populer lewat Instagram adalah Kampung Pelangi Banjarbaru yang bisa jadi alternatif tempat liburan murah meriah yang Instagramable.

Alternatif Wisata Murah Meriah

A post shared by agustina_ (@agustinacincai_) on

Terletak di Banjarbaru, Kampung Pelangi ini menjadi alternatif wisata murah meriah yang selalu dipadati pengunjung terutama di hari libur nasional dan weekend. Kampung warna warni yang berada di kawasan Sungai Kemuning ini dulunya merupakan perkampungan kumuh. Namun warga di 5 RT di sekitar sungai mendapat bantuan dari pemerintah berupa cat yang digunakan untuk mempercantik rumah warga.

Alhasil, kini rumah warga dicat dengan warna warni yang terlihat cantik. Ada juga lukisan mural yang menjadi spot foto favorit wisatawan yang datang ke kampung ini. Ada banyak sekali lukisan cantik yang menjadi incaran wisatawan, mulai dari gambar kartun seperti karakter Spongebob, Upin dan Ipin hingga lukisan 3D dengan berbagai karakter seru. Selain itu, ada jalur pedestrian yang sudah dipoles cantik yang akan semakin membuat nyaman wisatawan yang ingin berkeliling kampung ini. Jika malam tiba, kampung ini terlihat semakin cantik dengan tambahan lampu kelap kelip.

cicilan pergi.com
Cicilan 3/6/12 bulan

Kampung Pelangi ini diresmikan langsung oleh walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani pada 14 April 2017 lalu. Sejak saat itu, foto kampung ini mulai banyak diupload ke Instagram yang membuat banyak orang penasaran dan ramai-ramai mengunjungi kampung ini. Tak hanya dari Banjarbaru, wisatawan pun ramai yangd atang dari Martapura, Banjarmasin dan juga daerah-daerah lainnya.

Lokasi Kampung Pelangi Banjarbaru

A post shared by Om Napi (@nangsakaw_) on

Kampung Pelangi ini terletak tak begitu jauh dari pusat Kota Banjarbaru, hanya 10 menit perjalanan dengan menggunakan mobil. Kampung pelangi ini tepatnya berada di Kelurahan Guntung Paikat, Banjarbaru Selatan. Kota Banjarbaru sendiri berada sekitar 5 km dari Kota Martapura dan 35 km dari kota Banjarmasin yang merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Saat ini, tidak ada biaya masuk yang dikenakan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kampung ini dan berfoto ria.

Selain Kampung Pelangi, Kota Banjarbaru juga punya banyak wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Misalnya mengunjungi Kampung Pumpung Cempaka untuk melihat proses penambangan intan secara tradisional, Danau Seran yang cantik, Bekantan Park dan masih banyak lainnya.

Bagi kamu yang akan liburan ke Banjarmasin jangan lupa mampir ke kampung hits ini ya! Beli tiket pesawat ke Banjarmasin di Pergi.com yuk. Ada diskon tiket pesawat heboh untuk semua maskapai, rute dan juga periode terbang. Ada juga diskon hotel untuk kamu lho! Pergi yuk!

Cek Tiket ke Banjarmasin!