Tahun ini, Taman Impian Jaya Ancol menjadi pusat perayaan tahun baru di Jakarta. Untuk momen pergantian malam tahun baru 2017, Ancol telah menyiapkan banyak atraksi menarik untuk menghibur masyarakat yang menghabiskan malam tahun baru di Ancol. Pihak Ancol juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan pada malam pergantian tahun.

“Untuk malam tahun baru 2017 dipusatkan di lima panggung besar, tapi dari lima itu panggung utama ada di Pantai Lagoon dan Pantai Karnaval,” kata Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, saat acara jumpa pers pembukaan wahana baru Ocean Dream Samudra, Ancol, seperti dikutip dari laman Viva.co.id.

Menurut penuturan Rika, nantinya akan tersedia panggung apung yang akan diisi penyanyi ternama ibukota dan acara puncak perayaan tahun baru 2017 berupa pertunjukan kembang api selama 15 menit di arena Lagoon. Selebihnya, ada juga panggung di Pasar Seni yang akan menggelar pertunjukan Reog dan Tari Kecak.

pesta-kembang-api

“Di Lagoon akan ada musical fireworks dengan durasi 15 menit dan akan ada floating stage musik atraksi fly board,” ujar Rika seperti dikutip dari laman Viva.co.id.

Untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang memadati Ancol di malam pergantian tahun baru, Ancol akan memberlakukan sistem central parkir yang nantinya akan berlokasi di arah Barat, dekat Dufan, Pantai Festival hingga perbatasan Putri Duyung. Pemberlakukan sistem parkir ini akan mulai diberlakukan pada pukul 05.00 hingga 00.00 WIB 1 Januari 2017. Untuk membantu mobilisasi pengunjung, Ancol juga akan menyediakan 200 kendaraan Bus Wara Wiri gratis. Ancol juga menyiagakan 2.700 personel keamanan, 120 orang tenaga medis, 30 hingga 40 orang penjaga pantai dan 170 orang petugas kebersihan.

“Diharapkan kepada pengunjung untuk tidak memarkir kendaraan sembarangan karena Ancol sudah memberlakukan sistem derek untuk kendaraan yang parkir sembarangan dan mengganggu pengunjung lain,” kata Rika, seperti dikutip dari laman Kompas Travel.

Untuk perayaan malam tahun baru pada 31 Desember 2016, Ancol menargetkan sebanyak 270.000 pengunjung dan 120.000 pengunjung pada tanggal 1 Januari 2017. Untuk merayakan tahun baru di Ancol, tiket masuk Ancol masih memberlakukan harga normal, yaitu Rp 25.000 per orang, Rp 25.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk sepeda motor. Kepadatan di Ancol diperkirakan akan berlangsung hingga 9 Januari 2017 karena bertepatan dengan masa libur sekolah.