Jika selama ini Lombok dikenal dengan pantai-pantainya yang super cantik dan menawan, Lombok juga punya banyak pilihan wisata lain yang bisa memanjakan keinginan kamu untuk liburan sepuasnya di Lombok. Jika kamu sudah mengunjungi pantai-pantai cantik dan berbagai pulau kecil di Lombok, yuk coba jelajahi air terjun keren yang ada di Lombok! Sebagai referensi, berikut ini ada 10 air terjun di Lombok yang bisa jadi tujuan liburan kamu berikutnya.

1. Air Terjun Tiu Teja

air-terjun-tiu-teja
Sumber: Instagram @ lombokfriendly
Terletak di Desa Santong, Kabupaten Lombok Utara, air terjun Tiu Teja termasuk salah satu wisata populer di Lombok. Untuk mencapai air terjun ini dibutuhkan usaha yang ekstra karena kamu harus menuruni ratusan anak tangga untuk bisa sampai ke air terjun cantik ini. Namun selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar. Air terjun ini berasal dari air pegunungan Gunung Rinjani, jadi kebayang kan bagaimana dingin dansegarnya jika bisa berenang di air terjun keren ini!

2. Air Terjun Tibu Ijo

air-terjun-tibu-ijo
Sumber: Instagram @ ejosst
Terletak di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, air terjun Tibu Ijo masuk dalam daftar air terjun keren di Lombok yang bisa kamu eksplor. Dinamakan tibu Ijo karena konon bagian bawah pusaran air terjun ini ada kolam alami yang tidak memiliki dasar! Selain menawarkan segarnya air pegunungan, air terjun Tibu Ijo juga menawarkan pemandangan indah pedesaan Lombok dengan hamparan bukit hijau nan indah di kejauhan. Air terjun ini tidak terlalu jauh lho dari pusat Kota Mataram!

3. Air Terjun Tiu Kelep

air-terjun-tiu-kelep
Sumber: Instagram @ ssirzu
Terletak di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara, air terjun Tiu Kelep menawarkan keindahan yang menyejukkan. Dengan tinggi sekitar 42 meter dan air yang tidak terlalu dalam, air terjun ini cocok sekali bagi kamu yang ingin berenang sambil foto-foto seru di dalam air! Nama air terjun ini dalam bahasa Sasak berarti terbang atau menggambarkan kondisi buih-buih airnya yang beterbangan ditiup angin.

4. Air Terjun Sendang Gile

air-terjun-sendang-gile
Sumber: Instagram @ maill_nekad_treveler
Terletak di kawasan trekking Gunung Rinjani, air terjun Sendang Gile dijamin bisa buat kamu awet muda karena menawarkan pemandnagan yang menyegarkan mata dan pikiran serta udara yang segar. Masyarakat di sekitar air terjun ini percaya jika kamu mandi atau sekedar mencuci muka di air terjun ini maka kamu bisa awet muda! Percaya atau tidak, namun untuk mencapai air terjun ini kamu harus menuruni 500 anak tangga. Meski melelahkan, namun usaha tersebut akan terbayarkan dengan air super dingin dan segar dari air terjun ini.

5. Air Terjun Tiu Pupas

air-terjun-tiu-pupas
Sumber: Instagram @ kristelkodde
Terletak di Dusun Keruak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga, air terjun Tiu Pupas masih jarang dikunjungi wistawan karena letaknya yang cukup terpencil, namun keindahan air terjun ini tak kalah dari air terjun lain di Lombok lho! Selama perjalanan menuju air terjun ini kamu akan disuguhi pemandangan pegunungan asri yang menyejukan mata. Air terjun ini memiliki air terjun utama dan beberaoa air terjun kecil yang terlihat merembes keluar dari celah-celah tebing. Disini, kamu bisa mandi sampai puas atau sekedar berfoto ria.

6. Air Terjun Batara Lejang

air-terjun-batara-lejang
Sumber: Instagram @ maria1311m
Air terjun cantik ini berada di area trekking ke Gunung Rinjani. Jaraknya sekitar 30 menit berjalan dari pos pemeriksaan pertama. Letak air terjun ini lumayan terpencil, jadi masih sedikit sekali traveller yang mau mengunjungi air terjun cantik ini. Air terjun Batara Lejang terletak di hulu air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile. Lokasi air terjun ini masih asri sekali lho! Kamu bisa mandi di bawah guyuran air terjun yang segar dan dingin! Selain itu, air terjun ini juga menawarkan keindahan Gunung Rinjani lho! Dijamin tidak rugi bersusah payah datang ke air terjun cantik ini!

7. Air Terjun Mangku Sakti

air-terjun-mangku-sakti
Sumber: Instagram @ kakisumpit
Terletak di Desa Sajang, Kabupaten Lombok Timur, air terjun Mangku Sakti menawarkan keindahan air terjun yang memukau. Air terjun ini tak begitu tinggi, namun airnya yang jernih dan bebatuan alami dis ekitarnya membuat kawasan air terjun ini terlihat begitu menawan dan fotogenik! Air terjun ini lumayan jauhd ari pusat Kota Mataram, sekitar 5 jam perjalanan. Namun selama perjalanan menuju air terjun ini kamu akan disuguhkan pemandangan cantik seperti padang savana dan hijaunya perbukitan.

8. Air Terjun Joben

air-terjun-joben
Sumber: Instagram @ ariyanto749
Terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, air terjun Joben yang juga dikenal dengan nama Otak Kokok Gading ini memiliki keunikan tersendiri. Tingginya hanya 5 meter namun airnya berasal dari akar pohon Banjur yang berusia ratusan tahun. Masyarakat di sekitar air terjun ini percaya bahwa air dari air terjun ini bisa menyembuhkan oenyakit dan jika saat kamu mandi di dalamnya lalu buih airnya berubah menjadi warna putih berarti kamu sedang memiliki penyakit. Terlepas percaya atau tidak, namun air terjun yang mengucur dari bagian bawah pohon besar ini tentu sangat unik kan!

9. Air Terjun Benang Kelambu

air-terjun-benang-kelambu
Sumber: Instagram @ gofurwae
Terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok tengah, air terjun Benang Kelambu merupakan salah satu air terjun populer di Lombok. Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani dan menawarkan keindahan yang mempesona. Selain cocok untuk berenang, air terjun yang satu ini juga instagrammable sekali lho! Lokasi air terjun ini sekitar 30 km dari Kota Mataram dan akses ke air terjun ini jauh lebih baik deibandingkan air terjun lainnya.

10. Air Terjun Jeruk Manis / Air Terjun Jukut

air-terjun-jeruk-manis
Sumber: Instagram @ saiifud_
Terletak di kaki Gunung Rinjani atau tepatnya di sebelah selatan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, air terjun jeruk manis ini menawarkan keindahan yang memukau dan cerita unik. Menurut cerita masyarakat sekitar, air terjun ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penayit, terutama sekali untuk menyuburkan rambut. Untuk pengobatan penyakin biasanya akan dilakukan ritual khusus yang dipimpin oleh Pemangku. Disini, kamu bisa main air sepuasnya sambil berfoto-foto seru. Oh ya, air terjun ini merupakan titik awal yang sering digunakan para pendaki untuk naik ke puncak Gunung Rinjani lho!

Sudah siap menjelajahi sisi lain wisata Lombok? Yuk segera siapkan tiket pesawat kamu ke Lombok. Book tiket pesawat murah ke Lombok hanya di Pergi.com dan dapatkan diskon tiket pesawat hingga ratusan ribu rupiah! Ada diskon spesial imlek dengan potongan hingga Rp 288.000 dan promo khusus bagi pemegang kartu kredit BCA hingga Rp 300.000. Pergi yuk!