Yuk main lebih jauh hingga ke wilayah timur Indonesia! Salah satu kota yang wajib kamu jelajahi adalah Ternate yang teretak di kaki Gunung Gamalama, Provinsi Maluku Utara. Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu jumpai di Ternate, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah yang masih berdiri kokoh di kota ini. Berikut ini ada referensi 5 destinasi wisata keren di Ternate ini yuk!

1. Masjid Al Munawwar Ternate

masjid-al-munawwar-ternate
Sumber: http://rishbadjiser.blogspot.co.id/2013/03/masjid-raya-al-munawar-al-munawar-mosque.html
Bangunan masjid cantik yang dibangun di tepi Pantai Sewiring Gamalama ini merupakan landmark-nya Ternate yang wajib kamu kunjungi. Keistimewaan masjid ini terletak pada arsitekturnya yang megah dan letaknya yang berada di tengah laut sehingga terlihat unik dan juga menawan. Masjid terapung ini memiiki empat menara yang semuanya dibangun mengambang di atas laut. Selain menjadi tujuan wisata religi, dari masjid ini kamu juga bisa menyaksikan keindahan alam Ternate daam satu full package lho! Hal ini karena kamu bisa melihat gugusan Pulau Tidore, pesisir Halmahera dan megahnya Gunung Gamalama dari kejauhan.

2. Pantai Sulamadaha

pantai-sulamadaha
Sumber: Instagram @ anest_dahlan
Pantai ekstis yang satu ini menawarkan keindahan yang unik dan menawan lho! Bukan berpasir putih, tapi pantai ini memiiki pasir berwarna hitam berpadu dengan air laut yang jernih dan bergradasi biru! Tak hanya indah, pantai ini juga punya keindahan bawah laut yang memukau lho! Pantai yang berhadapan dengan Puau Hiri ini memiliki area teluk yang airnya sangat bening sehingga kamu bisa melihat koral dan ikan-ikan kecil berenang kesana kemari tanpa harus menggunakan alat snorkeling! Bagi kamu yang ingin snorkeling juga bisa banget lho! Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling untuk memudahkan kamu menjelajahi indahnya biota laut di kawasan pantai ini. Terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate atau kira-kira 15 km dari pusat Kota Ternate, pantai cantik ini mudah dijangkau lho! Pastikan mampir kesini ya!

3. Danau Tolire

danau-tolire
Sumber: Instagram @ dwiiykay
Danau cantik ini menawarkan keindahan Gunung Gamalama sebagai background yang begitu megah dan cantik! Ada 2 buah danau yang ada di kawasan danau ini, yaitu Danau Tolire Besar yang memiliki air berwarna hijau tua dan Danau Tolire Kecil yang berwarna lebih gelap Danau Tolire Kecil posisinya berada di pinggir Pantai Pemandangan di sekitar danau ini sangat cantik, dengan bekas aktivitas tektonik yang masih terlihat hingga kini, yaitu dinding tebing batu yang menjulang tinggi berpadu dengan rerimbunan pohon yang membuat suasana adem Danau ini terletak sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate dan mudah dijangkau.

4. Kedaton Kesultanan Ternate

kedaton-kesultanan-ternate
Sumber: Instagram @ romofarano
Saah satu destinasi wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi di Ternate adaah Kedaton Kesutanan Ternate yang berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao-sio, Ternate Utara, Ternate. Disini kamu bisa melihat-lihat berbagai barang-barang peninggalan sejarah yang masih bisa dinikmati hingga kini. Diantaranya adaah kelapa kembar yang merupakan upeti dari Raja Sangir kepada Sultan Ternate, Mahkota Sutan yang memiliki rambut yang konon tetap tumbuh meski mahkota tersebut sudah puluhan tahun tidak dipakai Wow! Di halaman depan keraton ini juga selalu dilakukan pengibaran tiga bendera yang selalu diturunkan saat sore.

5. Benteng Kalamata

benteng-kalamata
Sumber: Instagram @ hayat_dbee
Benteng peninggalan Portugis ini merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Ternate. Berada di Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, benteng ini juga dikenal dengan nama Benteng Santa Lucia dan Benteng Kayu Merah. Desain benteng ini sangat unik karena menyerupai empat penjuru mata angin dengan empat bastion dengan ujung runcing dengan lubang bidik. Benteng ini teretak di garis pantai dengan pemandangan Pulau Maitara dan Tidore di bagian belakangnya.

Yuk eksplorasi Ternate lebih jauh lagi! Rencanakan iburan kamu ke Ternate segera dan booking tiket pesawat dan hotelnya di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 500.000 untuk kamu lho! Pergi yuk!