Batal naik pesawat merupakan salah satu nightmare paling horror yang bisa terjadi pada calon penumpang pesawat. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tidak jadi berangkat naik pesawat, mulai dari karena alasan teknis maskapai, ada keadaan darurat seperti bencana alam hingga kesalahan calon penumpang sendiri, seperti terlambat datang ke bandara, datang setelah konter check in tutup hingga ditahan pihak keamanan bandara karena tidak berhasil melewati mesin metal detector.

Berbicara soal melewati pemeriksaan bandara, kamu harus benar-benar mentaati peraturan yang berlaku agar tak berurusan dengan petugas bandara yang bisa mengakibatkan kamu ketinggalan pesawat atau tidak diijinkan naik pesawat sama sekali! Pemeriksaan barang di bandara merupakan hal krusial untuk menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan. Untuk memastikan kamu tidak batal naik pesawat karena urusan pemeriksaan di bandara, jangan pernah lakukan hal-hal berikut ini ya!

1. Menyembunyikan Benda Terlarang di Bagasi Kabin

dokumentasi-bagasi
Semua calon penumpang akan menghadapi yang namanya pemeriksaan barang bawaan melalui metal detector. Belum lagi petugas bandara yang juga akan melakukan body check ke setiap penumpang pesawat. Ada aturan benda-benda yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat, seperti senjata, benda tajam dan juga cairan diatas 100 ml. Jangan karena ingin membawa parfum kesayangan saat liburan yang beratnya diatas 100 ml lalu kamu berusaha sebisa mungkin menyembunyikannya di bagasi kabin dengan berbagai cara, misalnya membalutnya dengan pakaian tebal, memasukkan ke dalam kotak sepatu dan sebagainya. Hal ini karena selihai apapun kamu mencoba menyembunyikan barang-barang yang tidak diperbolehkan naik ke kabin, mesin x-ray yang ada di pemindai akan bisa ‘melihatnya’. Alhasil kamu akan diminta mengeluarkan benda tadi dan jika termasuk barang terlarang untuk masuk ke kabin maka benda tadi akan disita. Hal ini tentu akan membuang banyak waktu kamu. Belum lagi jika petugas memutuskan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan kepada barang bawaan kamu. Bisa-bisa ditinggal pesawat deh!

2. Berlaku Tidak Sopan

petugas-bandara
Jika ternyata ada benda yang harus dikeluarkan dari tas kamu dan tidak diperbolehkan dibawa saat penerbangan, kamu harus menuruti perintah tersebut karena memang sudah ada aturan untuk barang terlarang untuk bagasi kabin. Jangan mencoba berargumen dengan petugas jika kamu sudah jelas-jelas membawa benda yang tidak diperbolehkan masuk ke pesawat. Dan jika kamu berlaku tidak sopan serta tetap memaksa ingin membawa benda tadi ke dalam pesawat maka petugas bandara bisa saja menginterogasi kamu lebih lama di ruangan terpisah. Hal ini cuma akan membuang waktu kamu dan menciptakan masalah yang seharusnya bisa dihindari untuk buat perjalanan dengan pesawat semakin menyenangkan.

3. Bercanda Soal Keamanan Nasional

penjara
Bahkan ketika kamu sudah berhasil melewati pemeriksaan di bandara dan sudah naik ke dalam pesawat, masih ada hal lain yang bisa buat kamu dijamin batal terbang yaitu bercanda yang menyinggung masalah keamanan nasional. Contohnya jika kamu bercanda menggunakan kata ‘bom’ selama di pesawat, maka awak kabin akan menghubungi pihak keamanan bandara bahkan kepolisian untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap kamu. Candaan konyol seperti ini sering terjadi di penerbangan dalam dan luar negeri yang akibatnya bisa membuat kamu diinterogasi polisi hingga ditahan plus mengganggu jadwal penerbangan karena pesawat pasti akan diselidiki secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada bom atau hal lain yang bisa membahayakan penerbangan. Jadi jangan pernah terbersit sedikit pun di hati untuk bercanda soal bom ketika berada di bandara maupun pesawat karena isu terorisme dan juga keamanan nasional merupakan hal yang sensitif.

Tiket pesawat murah yang sudah ditangan dan rencana liburan yang sudah matang disusun akan tidak ada gunanya jika kamu batal naik pesawat. Intinya, jangan lakukan hal-hal yang bertentangan dengan peraturan selama berada di bandara agar kamu tidak sampai tersandung masalah saat pemeriksaan barang agar kamu tak sampai harus batal naik pesawat or worse berurusan dengan pihak berwajib. Pemeriksaan di bandara bukanlah hal yang perlu ditakutkan. Semua bandara di dunia juga melakukan prosedur yang sama. Yang penting kamu harus selalu mengikuti aturan yang berlaku agar perjalanan naik pesawat kamu tidak terganggu. Pergi yuk!