Bagi kamu yang sudah sering naik pesawat terbang tentu sedikit banyak sudah tahu aturan ketika terbang, seperti memperhatikan pramugari saat memperagakan tentang keselamatan terbang, tidak menggunakan toilet sebelum tanda sabuk pengaman dimatikan, tidak boleh merokok, cara menghadapi keadaan darurat dan sebagainya. Nah, ternyata tidak semua orang paham lho berbagai aturan ketika kamu sudah duduk di dalam kabin pesawat. Akibatnya banyak terjadi insiden yang membahayakan keselamatan penerbangan.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Salah satu insiden yang marak terjadi adalah penumpang pesawat membuka pintu darurat tanpa alasan masuk akal atau tidak pada saat keadaan darurat. Meski hal ini belum pernah terjadi di Indonesia, namun di luar negeri banyak lho insiden penumpang pesawat buka pintu darurat dengan segudang alasan absurd yang tak hanya buat ngeri tetapi juga jengkel!

Berikut ini Pergi.com rangkum 5 insiden penumpang pesawat buka pintu darurat di dunia dengan alasan absurd yang dijamin buat kamu geleng-geleng kepala.

1. Buka Pintu Darurat Pesawat Karena Gerah

xiamen-airlines-incident
Sumber: http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-2878806/Panic-time-flyer-opens-emergency-exit-moments-wanted-FRESH-AIR.html
Kamu-kamu yang pernah naik pesawat pasti tahu jika kondisi di dalam kabin pesawat biasanya dingin karena AC yang terdapat di pesawat. Namun penumpang pesawat Xiamen Airlines malah membuka pintu darurat saat pesawat akan lepas landas karena merasa gerah! Pramugari dibantu penumpang lainnya langsung berhamburan untuk menghalangi penumpang pria tersebut.

Baca Juga :

Baca Juga:  Rekomendasi 7 Spot Terbaik Sambut Matahari Pertama di 2018

Usut punya usut, ternyata pria tersebut baru pertama kali naik pesawat dan tidak tahu jika pintu darurat dilarang dibuka kecuali dalam keadaan darurat. Meski tak ditahan, namun pria tersebut akhirnya dipindah duduknya ke bagian belakang yang dekat dengan pramugari agar tak berulah lagi. Pihak maskapai tidak memperpanjang masalah ini karena landasan darurat belum sempat mengembang ke landasan.

2. Buka Pintu Darurat Pesawat Karena Merasa Terancam

insiden maskapai indigo
Sumber: http://www.mid-day.com/articles/man-opens-emergency-exit-of-aircraft-endangers-176-lives/17986164
Entah apa yang membuat penumpang pria asal India yang menaiki maskapai Indigo ini hingga nekat membuka pintu darurat pesawat sesaat sebelum pesawat lepas landas. Insiden yang terjadi pada Februari 2017 lalu ini dilakukan oleh Akshay Mohan, 30 tahun yang secara impulsive merasa terancam sehingga membuka pintu darurat.

Landasan darurat sampai mengembang di landasan sehingga penerbangan jurusan Mumbai-Chandigarh tersebut delay selama 2 jam. Kasus ini tengah ditangani oleh pihak keamanan setempat karena dalam undang-undang penerbangan di India perilaku tersebut tidak dibenarkan karena membahayakan penerbangan dan keselamatan penumpang lainnya.

3. Buka Pintu Darurat Pesawat Karena Ingin Bunuh Diri

insiden-pintu-darurat
Sumber: http://www.dailymail.co.uk/news/peoplesdaily/article-3769013/Chinese-passenger-tries-open-emergency-door-kill-mid-air-girlfriend-broke-him.html
Alasan penumpang ini buka pintu darurat di penerbangan maskapai Air China sungguh absurd! Zhang, 18 tahun diketahui mencoba membuka pintu darurat pesawat karena ingin bunuh diri setelah dirinya diputuskan oleh pacarnya, Wu, 20 tahun yang juga berada di dalam pesawat yang sama. Setelah diselidiki, dalam penerbangan rute Chongqing – Beijing tersebut, Wu ingin putus dari Zhang karena merasa tidak cocok.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Sebagai respon, Zhang kemudian berdiri dari tempat duduknya dan berkata ‘aku rela mati di depanmu’ dengan harapan ingin menakuti pacarnya tersebut agar tak jadi putus dengannya. Zhang pun langsung menuju pintu darurat dan mencoba membukanya, namun digagalkan oleh kru kabin yang langsung mengamankannya. Akibat perbuatannya, Zhang ditahan selama 15 hari dan pacarnya didenda 220 yuan karena mengganggu kenyamanan transportasi publik.

Baca Juga:  3 Kegiatan Asyik Saat Menunggu Waktu Boarding Di Bandara Kualanamu

4. Buka Pintu Darurat Pesawat Karena Ingin Cepat-cepat Keluar Dari Pesawat

insiden-china-eastern
Sumber: http://shanghaiist.com/2014/12/17/passenger-deploys-planes-emergency-slide.php
Insiden yang satu ini terjadi ketika pesawat sudah mendarat di Sanya Phoenix International Airport di Xi`an dan sedang taxi menuju tempat parkir pesawat sebelum menurunkan penumpang ke terminal bandara. Namun salah satu penumpang pesawat yang ingin cepat-cepat keluar dari pesawat segera setelah pesawat mendarat langsung membuka pintu darurat. Dia pun langsung keluar dari pesawat dengan meluncur di landasan darurat yang mengembang.

Saat ditangkap, penumpang tersebut mengaku tidak mendengarkan penjelasan keamanan penerbangan yang biasa diperagakan pramugari sebelum lepas landas. Meski demikian akibat perbuatannya ini maskapai China Eastern mengalami kerugiaan 100.000 yuan dan mengakibatkan delay untuk penerbangan selanjutnya.

5. Mencoba Buka Pintu Darurat Pesawat di Ketinggian 39.000 Kaki

Sumber: Instagram @ qantas
Sumber: Instagram @ qantas
Insiden yang satu ini cukup mengerikan karena jika kasus-kasus sebelumnya pintu darurat dibuka sebelum pesawat terbang ke udara, namun yang satu ini sangat nekat karena penumpang maskapai Qantas mencoba buka pintu darurat ketika pesawat tengah berada di ketinggian 39.000 kaki! Penerbangan tersebut merupakan penerbangan panjang rute Los Angeles – Sydney. Kru kabin yang melihat Manuel Gonzales bangkit dari tempat duduknya dan mencoba membuka pintu darurat langsung berhamburan mencoba menghalangi niatan Gonzales.

Dia pun kemudian digiring kembali ke tempat duduknya dan awak pesawat duduk di sebelahnya selama penerbangan hingga mendarat di Sydney. Tidak jelas mengapa Gonzales ingin membuka pintu darurat namun menurut ahli, membuka pintu darurat ketika berada di ketinggian mustahil dilakukan karena tekanan dalam kabin. Namun tindakan konyol penumpang ini tetap dianggap membahayakan penerbangan sehingga diserahkan pada keamanan Australia dan dibayangi hukuman 11 tahun penjara jika terbukti bersalah.

Insiden – insiden diatas, disengaja maupun tidak, termasuk pelanggaran keras dalam keselamatan penerbangan dan pelakunya bisa dikenakan denda hingga kurungan penjara. Terlebih lagi, insiden ini juga bisa menimbulkan delay penerbangan yang tentu saja bisa buat kesal penumpang lainnya. At least, emergency exit yang tertulis di atas pintu darurat sudah mengisyaratkan kalau pintu itu hanya boleh dibuka saat keadaan darurat.

Baca Juga:  Informasi Lengkap Tarif Bus JA Connexion Dari Mall (Updated)

So, bagi kamu yang akan terbang, jangan lupa untuk selalu memperhatikan ketika awak kabin memperagakan keselamatan penerbangan sebelum pesawat lepas landas agar tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama penerbangan. Jangan hanya sibuk mencari tiket pesawat murah tapi tidak tahu aturan saat terbang ya! Pergi yuk!

Tiket Pesawat Murah

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil