Designed by Freepik

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Liburan ke luar negeri sudah menjadi pilihan banyak orang. Bukan karena Indonesia tak punya banyak pilihan tempat wisata, namun mengunjungi tempat asing dengan berbagai kebudayaan akan menambah pengetahuan dan wawasan mengenai berbagai hal. Selain itu, liburan ke tempat baru juga akan menciptakan kenangan baru yang menyenangkan bukan!

pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

Nah, bagi kamu yang ingin mengunjungi negara tertentu yang tidak memberlakukan bebas visa untuk turis asal Indonesia, visa menjadi salah satu dokumen penting yang harus diurus.

Setiap negara memiliki kebijakan masing-masing terkait berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses aplikasi visa yang masuk. Agar kamu tidak cemas selama menunggu kepastian mendapatkan visa, berikut informasi lamanya waktu pemrosesan visa untuk 10 destinasi favorit turis Indonesia.

1. Korea Selatan


Pembuatan visa ke Korea Selatan umumnya membutuhkan waktu 5 hari kerja sejak aplikasi diajukan. Namun waktu pemrosesan ini bisa lebih lama jika dokumen yang disertakan belum lengkap dan ada interview yang harus dilakukan. Dikutip dari website Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia, biaya pembuatan visa Korea Selatan per Desember 2017 adalah sebagai berikut:

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 544.000
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.224.000
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 952.000
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

2. Jepang

A post shared by Tokyo – 東京 (@tokyo) on


Pembuatan visa ke Jepang bisa dilakukan dengan dua cara; langsung di kantor Kedubes / Konsuler Jepang maupun di JVAC. Kedubes Jepang yang berada di Jakarta hanya untuk mengajukan bebas visa (visa waiver) untuk wisatawan yang memiliki e-paspor. Sedangkan bagi yang masih memiliki paspor biasa, pengajuan visa harus melalui JVAC untuk wilayah Jakarta dan kantor Konsuler yang ada di beberapa kota besar di Indonesia.

Lamanya waktu pemrosesan visa Jepang adalah 4 hari kerja untuk Kedubes Jepang dan sekitar 1 minggu jika pengurusan dilakukan di JVAC. Biaya pembuatan visa Jepang per April 2017 adalah sebagai berikut:

  • Visa single entry: Rp 370.000
  • Visa multiple entry: Rp 740.000
  • Visa transit: Rp 90.000

3. Australia

A post shared by Australia (@australia) on


Pembuatan visa ke Australia dilakukan di AVAC. Lamanya waktu pemrosesan untuk visa kunjungan wisata (subclass 600) selama 16 – 29 hari setelah tanggal pengajuan. Biaya pembuatan visa kunjungan wisata ke Australia adalah Rp 1.470.000, belum termasuk biaya layanan yang dikenakan oleh AVAC.

4. Taiwan


Meski Taiwan tidak memiliki kantor kedutaan besar di Indonesia, bagi kamu yang ingin mengurus visa ke Taiwan bisa dilakukan lewat Taipei Economic and Trade Office di Jakarta. Lamanya waktu pemrosesan visa Taiwan terbilang cukup cepat, yaitu hanya 3 hari kerja dan untuk Express bisa selesai 1-2 hari kerja. Biaya pembuatan visa Taiwan adalah sebagai berikut:

  • Single Entry: Rp 650.000
  • Multiple Entry: Rp 1.300.000
  • Untuk layanan Express ditambah biaya 50%

5. China

A post shared by Google Maps (@googlemaps) on


Untuk pengurusan visa ke China bisa dilakukan di Visa Centre yang memiliki kantor di Jakarta, Surabaya dan Medan. Lamanya waktu pemrosesan pembuatan visa China adalah 4 hari kerja. Biaya pembuatan visa China adalah sebagai berikut:

  • Single entry: Rp 540.000
  • Double entries: Rp 690.000
  • Multiple entries (6 bulan): Rp 840.000
  • Multiple entries (12 bulan): Rp 1.140.000

6. Belanda


Visa Schengen yang dibuat di Kedutaan Besar Belanda biasanya akan diproses dalam waktu 15 hari sejak aplikasi diterima dan jika semua persyaratan lengkap. Meski demikian, kamu wajib mengajukan aplikasi visa paling lambat 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Biaya pembuatan visa Schengen adalah sebagai berikut:

  • EUR 60 untuk dewasa di atas 12 tahun
  • EUR 35 untuk anak-anak berusia 6-12 tahun
  • Biaya visa dibayar dalam Rupiah sesuai kurs hari tersebut

7. Inggris


Pengajuan visa ke Inggris bisa dilakukan di VFS yang berada di Jakarta, Surabaya dan Bali. Lamanya waktu pemrosesan visa Inggris bervariasi, yaitu 15 hari jika dokumen sudah lengkap dan bisa mencapai 30 hari jika dokumen masih ada yang kurang. Dikutip dari laman Skyscanner, pengajuan visa Inggris dari Bali memakan waktu 5-15 hari kerja. Biaya pembuatan visa Inggris per Oktober 2017 adalah US$125.

8. Amerika Serikat


Untuk pengurusan visa Amerika Serikat bisa dilakukan di Kedutaan Besar Amerika Serikat dengan lamanya waktu pemrosesan rata-rata selama 30 hari. Namun perlu diperhatikan pengajuan visa ini harus dilakukan paling lambat 3 bula sebelum tanggal keberangkatan. Biaya pembuatan visa Amerika untuk tipe B untuk turis adalah Rp 2.160.000.

9. Turki


Untuk Turki, ada dua jenis visa yang bisa dipilih wisatawan Indonesia untuk diurus sebelum mengunjungi negara ini, yaitu Visa on Arrival (VOA) dan e-Visa. Untuk VOA Turki bisa diurus setelah mendarat di Turki dengan membayar USD 35. Note: pembayaran dilakukan dengan USD atau equivalent dengan Euro maupun Pounsterling dan tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Untuk e-Visa, kamu bisa mengurusnya lewat website e-Visa Republic of Turkey, mengisi data yang diperlukan, melakukan pembayaran via kartu kredit senilai USD 25,7 dan kamu akan menerima e-mail berisi pemberitahuan jika e-via telah selesai diproses dan bisa didownload, diprint dan dibawa saat melakukan perjalanan ke Turki.

10. India

A post shared by JAMES (@jamesrelfdyer) on


Untuk pengurusan visa ke India harus dilakukan secara online dan ada 2 jenis visa yang bisa dipilih, yaitu tourist visa dan e-tourist visa. Perbedaannya adalah hanya waktu pengambilan visa, dimana tourist visa harus diambil di Kedutaan Besar India di Jakarta, Bali atau Medan setelah mengisi aplikasi visa online dan lama waktu pemrosesannya selama 1 hari. Biaya pembuatan tourist visa India ini adalah Rp 1.320.000.

Sedangkan untuk e-Tourist visa juga diurus secara online dengan biaya pembuatan visa sebesar 50 USD ditambah biaya admin bank sebesar 2,5%. Jika disetujui, visa akan dikirim ke email lalu diprint untuk dibawa ketika traveling ke India. E-visa ini berlaku di 16 bandara dan 3 pelabuhan di India.

Setelah mengetahui waktu rata-rata pemrosesan visa, kamu tak perlu lagi merasa was was kapan visa akan keluar. Ada baiknya urus paling lama 3 bulan sebelum keberangkatan dan lengkapi dengan dokumen yang diperlukan agar aplikasi visa diterima.

Tak ingin repot urus visa saat mau liburan? Kamu bisa pesan paket tour di Pergi.com dan urusan visa ke negara tujuan akan dibantu pengurusannya. Jadi kamu tak perlu repot urus ini itu. Pergi yuk!

Pesan Paket Tour

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil
Baca Juga:  5 Ide Kencan dan Liburan Romantis di Bali yang Anti Mainstream