Melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat kini sudah menjadi pilihan banyak orang karena selain lebih cepat sampai di tujuan, naik pesawat juga lebih nyaman dan menghemat waktu. Meski demikian, ada banyak hal bisa membuat penerbangan terasa sedikit menyebalkan. Terutama sekali ketika kamu bertemu dengan penumpang pesawat yang tidak memiliki tata karma dan tidak menghormati penumpang lainnya.

Berikut ini ada 3 tata karma dalam kabin pesawat yang sangat mendasar tapi masih banyak penumpang yang mengabaikannya sehingga membuat penerbangan terasa kurang menyenangkan.

1. Antri dengan Baik

naik pesawat
Saat akan masuk dan turun dari pesawat merupakan momen dimana banyak orang yang ingin cepat-cepat masuk ke dalam pesawat dan mengacaukan antrian penumpang lain yang sudah antri dan berbaris dengan rapi. Hal ini merupakan tindakan tidak sopan dan sering membuat penumpang lain sebel sendiri. Kamu tak perlu terburu-buru masuk ke pesawat karena setiap penumpang sudah memiliki nomor kursi masing-masing, jadi tak mungkin kamu tidak kebagian tempat duduk. Selain itu, saat pesawat sedang taxi dan belum berhenti sempurna, jangan buru-buru beranjak dari kursi dan membuka overhead cabin karena bisa saja barang di kabin jatuh menimpa penumpang lain karena pesawat masih belum berhenti total.

cicilan pergi.com
Cicilan 3/6/12 bulan

2. Perhatikan Jarak Kursi

Posisi Tidur di Dalam Pesawat
Sumber: https://kokoon.io/feel-good-sleep-plane/
Di semua pesawat, jarak kursi di pesawat sudah diatur sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang selama penerbangan. Setiap penumpang berhak menurunkan sandaran kursi, namun kamu juga harus memperhatikan jarak agar penumpang di belakang kamu tidak merasa terganggu. Selain itu perhatikan juga penggunaan sandaran tangan karena penumpang yang ada di sebelah kamu juga ingin menggunakannya. Namun kenyataan banyak yang seenaknya menurunkan sandaran kursi, menendang kursi dari belakang hingga menguasai semua sandaran tangan. Akibatnya penumpang di sebelah maupun di belakang kamu akan merasa kurang nyaman selama terbang.

3. Tidak Volume Suara

dalam pesawat
Setiap penumpang tentu saja diperbolehkan berbicara maupun mendengarkan musik selama penerbangan. Gunakan volume suara yang sekedarnya karena penumpang lain juga punya hak untuk beristirahat dan rileks selama penerbangan. Namun ada saja penumpang yang menggunakan volume kencang saat berbicara maupun mendengarkan musik sehingga mengganggu penumpang lainnya. Padahal ada banyak orang yang memilih tidur selama penerbangan dan suara yang keras di dalam pesawat tentu akan membuat penumpang lain terjaga dan tidak bisa tidur.

Kamu memang tidak bisa memilih siapa siapa yang akan menjadi penumpang yang duduk di samping kamu. Kamu juga tidak bisa mengharapkan orang lain bertindak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Tetapi kamu tetap bisa menunjukkan rasa toleransi dan sopan santun saat berada di pesawat untuk membuat penerbangan kamu senyaman mungkin tanpa mengganggu penumpang lainnya. Pergi yuk!

Diskon Tiket Pesawat dan Hotel