Setiap orang yang bepergian dengan pesawat terbang tentunya menginginkan penerbangan yang mulus, nyaman dan aman hingga tiba di tujuan. Namun, ada banyak hal yang bisa terjadi selama penerbangan yang mengharuskan pilot memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat. Bagi awak kabin, pendaratan darurat merupakan salah satu resiko penerbangan yang dianggap biasa, namun bagi para penumpang, mendengar informasi pesawat akan mendarat darurat saja pasti sudah merasa ketakutan dan mulai berpikir yang aneh-aneh! Hal ini tak terlepas dari banyaknya berita mengenai kecelakaan pesawat. Namun sebenarnya ada banyak penyebab pilot memutuskan pendaratan darurat, seperti:

1. Cuaca Buruk

pesawat-cuaca-buruk
Saat kondisi cuaca selama penerbangan dianggap membahayakan penerbangan, seperti misalnya hujan lebat disertai angin kencang, pilot dapat mengambil keputusan untuk mendaratkan pesawat secara darurat di bandara terdekat hingga memutuskan kembali ke bandara awal. Hal ini terkait keamanan dan juga keselamatan penumpang, sehingga pendaratan darurat menjadi opsi yang memungkinkan.

2. Keadaan Darurat

pesawat-cuaca-buruk
Ada banyak hal yang didefinisikan sebagai ‘keadaan darurat’ selama penerbangan. Misalnya saja ada penumpang yang sakit dan membutuhkan penanganan dokter dengan segera, ada penumpang yang berkelahi maupun mabuk di kabin, ada ancaman teror bom hingga kebakaran di salah satu bagian pesawat. Jika hal-hal yang dianggap darurat tadi terjadi, pilot pun akan mendaratkan pesawat di bandara terdekat demi keselamatan bersama.

3. Ada Bagian Pesawat yang Tidak Berfungsi

pesawat
Apakah kamu masih ingat penyebab kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya – Changi pada akhir 2014 lalu? Dalam rilisnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebutkan bahwa pesawat naas tersebut mengalami retakan pada sistem Rudder Travel Limiter Unit (RTLU) yang mengaktifkan Electronic Centralizes Aircraft Monitoring (ECAM) yang memunculkan pesan Auto FLT RUD TRV LIM SYS. Gangguan ini terjadi selama beberapa kali sehingga membuat pesawat tidak bisa diselamatkan. Namun umumnya sebelum pesawat melakukan penerbangan, kondisi fisik pesawat biasanya akan dicek berulang kali. Meski demikiaan, kegagalan operasi bagian-bagian pesawat seperti mesin, sayap dan navigasi tetap bisa terjadi selama penerbangan.

Ada banyak hal yang bisa membuat pilot memutuskan melakukan pendaratan darurat. Jangan panik dan ikuti tips berikut ini!

See, ada banyak penyebab pendaratan darurat yang tak melulu harus dikaitkan dengan kegagalan fungsi pesawat yang bisa menyebabkan kecelakaan. Jika kamu termasuk orang yang sering bepergian dengan pesawat, tak ada salahnya kan mengetahui tips menghadapi pendaratan darurat berikut ini!

1. Mencoba Bersikap Tenang

info-traveling-2
Saat pilot mengumumkan akan mendaratkan pesawat secara darurat, reaksi yang paling umum adalah panik, takut dan juga cemas. Hal ini tentu saja normal, tapi rasa panik yang berlebihan bisa membuat mempengaruhi kondisi penumpang lain yang akan ikutan panik juga! Coba sebisa mungkin untuk tetap tenang dan perhatikan instruksi awak kabin. Kamu harus percaya bahwa pilot dan awak kabin memiliki kemampuan untuk mendaratkan pesawat dengan aman meski dalam waktu yang mendesak.

2. Singkirkan Benda Berbahaya

tips-traveling-1
Pastikan kondisi meja yang ada di depan kursi kamu. Singkirkan benda-benda yang berpotensi mengganggu proses evakuasi menuju pintu darurat nantinya. Misalnya letakkan majalah ke kantong kursi yang tersedia, lipat meja, buang botol minuman yang sudah kosong, simpan headset maupun smarphone ke dalam tas dan sebagainya. Jika kamu memakai sepatu high heels, segera lepaskan agar lebih mudah menuju pintu darurat saat nanti mendarat dan tidak menghambat lajur evakuasi, apalagi sampai merusak life boat yang ada di setiap pintu darurat.

3. Pasang Sabuk Pengaman

sabuk-pengaman
Jadilah penumpang yang mematuhi instruksi dari pilot dan awak kabin yang memang ahli dalam hal penerbangan. Yang terpenting adalah selalu pasang sabuk pengaman dan dengar instruksi lebih lanjut dari pilot maupun awak kabin. Biasanya awak kabin akan meminta kamu tidak meninggalkan kursi dan duduk dengan tenang.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai penyebab pendaratan darurat dan juga tips bagaimana menghadapi pendaratan darurat saat naik pesawat. Yang terpenting, jangan terlalu panik dan percayakan keselamatan selama di pesawat kepada kru kabin dan juga pilot yang sudah berpengalaman di bidangnya. Pergi yuk!