Designed by Freepik

Bagi kamu yang suka traveling ke luar negeri, paspor merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus kamu miliki. Di Indonesia, terdapat dua jenis paspor yaitu paspor biasa dan paspor elektronik (e-paspor). Jika kamu sudah memiliki paspor biasa, boleh sekali lho upgrade menjadi pemegang e-paspor Indonesia!

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan paspor jenis ini. Berikut ini ada 5 keuntungan miliki e-paspor Indonesia yang bisa kamu nikmati.

1. Free Visa!

info traveling e-paspor indonesia
Sudah tahu kan jika biaya pengurusan visa ke suatu negara bisa lumayan mahal dan harus melewati berbagai proses? Nah, kabar baiknya pemegang e-paspor Indonesia bisa mendapatkan visa gratis untuk mengunjungi Jepang.

Baca Juga :

Dengan visa Jepang, kamu juga bisa bebas masuk ke Korea Selatan dan Taiwan lho! Meski baru terbatas, namun bukan tidak mungkin akan ada lebih banyak negara yang akan menggratiskan visa bagi pemegang paspor elektronik Indonesia kedepannya!

2. Lebih Mudah Mendapatkan Persetujuan Visa

info traveling e-paspor indonesia
Jika kamu berencana mengunjungi negara yang mengharuskan memiliki visa, dengan e-paspor maka pengajuan visa kunjungan kamu akan lebih mudah mendapat persetujuan. Hal ini karena data pemilik e-paspor sangat akurat dan valid sehingga memudahkan pihak kedutaan negara lain untuk memverifikasi dan mengeluarkan visa.

3. Tak Perlu Antri Imigrasi

info traveling e-paspor indonesia
Sebelum boarding, penumpang pesawat tujuan luar negeri diharuskan ‘mampir’ ke meja pemeriksaan imigrasi. Proses ini biasanya lumayan memakan waktu karena harus mengantri terlebih dahulu. Tapi bagi pemegang e-paspor bisa langsung menuju autogate untuk memindai paspor dan bisa langsung masuk boarding room tanpa harus melewati imigrasi di bandara.

Namun, fasilitas autogate ini masih tersedia terbatas, yaitu hanya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Tapi bukan tidak mungkin autogate juga akan beroperasi di bandara-bandara lain di Indonesia lho!

4. Data Lebih Lengkap dan Akurat

tips-terbang-3
Saat membuat e-paspor, data kamu akan terekam dan tersimpan ke dalam chip yang ada di paspor. Data ini meliputi sidik jari dan juga bentuk wajah pemegang paspor sehingga lebih akurat dan lengkap. Data biometrik ini berguna saat pemindaian paspor manual maupun melalui autogate.

5. Paspor Tidak Bisa Dipalsukan

info-traveling-3
Di setiap e-aspor terdapat chip yang menyimpan data pemegang paspor. Nah, chip ini sulit untuk dipalsukan sehingga keamanan data terjamin dan tidak mungkin bisa dipalsukan.

Bagi kamu yang ingin membuat e-paspor Indonesia, bisa mengunjungi kantor imigrasi Kelas 1 yang ada di Indonesia.

Untuk saat ini baru bisa dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta, Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam dan Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Surabaya. Jika sudah punya e-paspor, sekarang saatnya rencanakan liburan ke destinasi impian. Pergi yuk!

Tiket Murah ke Luar Negeri