Jika kamu termasuk orang yang doyan jalan-jalan dan berpetualang, kenapa tidak mengajak si kecil untuk traveling bersama? Sebagaimana orang dewasa, anak-anak pun bisa merasakan berbagai manfaat menjadi traveler sejak usia dini.

Baca Juga :

Selain bersenang-senang bersama, berikut ini ada 5 manfaat traveling bagi anak yang harus kamu ketahui.

1. Melatih Anak Miliki Pandangan yang Terbuka

traveling bagi anak
Dengan membawa anak-anak keluar dari lingkungan kesehariannya, apalagi jika diajak bepergian ke daerah lain, maka mereka akan berkesempatan melihat berbagai hal baru.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Hal baru yang ditemukan dapat berupa orang-orang yang mereka temui selama perjalanan, kebiasaan masyarakatnya yang berbeda, makanan yang berbeda, hingga kegiatan yang berbeda. Dengan memberikan mereka kesempatan untuk melihat dan merasakan hal baru, mereka akan belajar untuk memahami berbagai perbedaan. Tentu saja kebiasaan baik ini bisa mereka praktekkan saat pulang nantinya.

2. Berlatih Mengatasi Masalah di Luar Zona Nyaman

traveling bagi anak
Tidak dapat dipungkiri, jika di rumah, apapun yang terjadi mereka akan tetap didampingi keluarga. Baik itu orang tuanya, saudara, atau sanak famili yang ada di sekitarnya. Membawa anak-anak traveling akan mengeluarkan mereka dari zona nyaman ini.

Jika terjadi suatu kendala di perjalanan, atau situasi yang tidak senyaman di rumah, mereka akan belajar memahami situasi bahwa mereka tidak berada di area nyaman saat ini. Dengan demikian, mereka akan belajar untuk bertoleransi dan membantu dalam menyelesaikan masalah.

3. Memberikan Kesempatan Untuk Melihat Dengan Cara yang Berbeda

traveling bagi anak

Pada usia kanak-kanak, anak sudah memiliki cara pandangnya sendiri. Terkadang cara pandang mereka berbeda dari lingkungan sekitarnya. Saat melihat hal baru, mereka akan berpendapat atau bertanya.

Di saat seperti inilah si pendamping, orang tua, guru, atau anggota keluarga lainnya, memiliki kesempatan untuk melihat sesuatu dari cara pandang anak-anak. Tidak jarang juga anak-anak akan membuat orang dewasa lainnya terkejut dengan pemikirannya. Di sinilah pemahaman yang lebih baik terhadap anak-anak akan terbangun.

4. Meninggalkan Kesan

liburan keluarga

Ke manapun keluarga pergi, tentunya ada kesan tersendiri yang tinggal dalam memori si anak. Selain menyenangkan, berpetualang dengan anak-anak juga pasti akan meninggalkan pengalaman untuk mereka. Pengalaman inilah yang bisa menjadi pelajaran, dan bisa mempererat keakraban orang tua dengan anak-anak.

5. Belajar Berpartner

Liburan Keluarga Hemat

Ketika hendak bepergian dengan anak-anak, ada baiknya untuk memberikan pengertian terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak belajar dilibatkan dalam sebuah urusan. Jika mereka merasa dilibatkan, maka akan timbul rasa percaya diri dan self-esteem.

Jadikan mereka partner daripada sekedar anak-anak. Ajak mereka untuk membawa sebagian keperluannya dan ikut membantu. Hal ini pun akan melatih kemandiriannya kelak.

Nah, di atas hanya sebagian saja dari manfaat yang bisa didapatkan jika jalan-jalan dengan si kecil. Masih ada banyak manfaat lainnya yang membantu pertumbuhan mereka.

Jadi jangan ragu untuk melakukan perjalanan keluarga beberapa kali dalam setahun. Apalagi banyak kemudahan yang bisa didapatkan secara online. Mulai dari diskon tiket pesawat dan hotel sampai potongan langsung, tentunya liburan bersama keluarga jadi lebih murah dan meriah. Pergi Yuk!

Liburan Keluarga Murah