Belakangan ini Lombok menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Lupakan Gili Trawangan dan Pantai Senggigi! Alam Lombok masih menyimpan berbagai destinasi wisata menarik anti-mainstream yang tidak kalah cantiknya. Berikut ini ada 5 destinasi wisata anti-mainstream di Lombok yang bisa jadi referensi destinasi liburan kamu berikutnya.

1. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Lokasi wisata yang terdapat di Kecamatan Jerowatu, Kabupaten Lombok Timur ini membuat kamu seakan tengah berada di negara lain! Bagaimana tidak, perpaduan birunya perairan Samudera Indonesia, padang savana yang membentang luas ditambah tebing karang yang terlihat berlapis-lapis membuat pemandangan di Lingkoq Datu, Pantai Penyisok ini sungguh indah dan Instagrammable banget! Untuk mencapai lokasi ini memang agak sulit karena kamu harus melewati ladang jagung dan juga bebatuan terjal. Namun semua akan terbayar lunas dengan pemandangan yang disuguhkan.

2. Bukit Pergasingan

Ingin menikmati keindahan Gunung Rinjani tanpa harus mendakinya? Bisa sekali dilakukan di Bukit Pergasingan. Bukit setinggi 1.700 mdpl ini menjadi tempat yang pas sekali untuk menikmati kemegahan Gunung Rinjani. Kamu juga bisa melihat petak sawah dan kebun berwarna – warni milik masyarakat Desa Sembalun sekaligus pemukiman penduduk. Untuk menuju ke bukit ini, kamu bisa menuju Desa Sembalun yang bisa ditempuh 2 – 3 jam dari kota Mataram. Dari Desa Sembalun, kamu bisa mulai pendakian bukit dengan menaiki ratusan anak tangga. Tiket masuk ke Bukit Pergasingan hanya Rp 15.000 per orang. Oh ya, disarankan sekali lho untuk camping di puncak bukit ini untuk menikmati pemandangan sunrise cantik dari balik Gunung Rinjani!

3. Pantai Semeti

Bosan dengan pantai yang ramai? Bisa coba datang ke Pantai Semeti yang masih asri dan tenang. Suasana di sekitar pantai ini unik sekali, mirip dengan Planet Krypton yang ada di film Superman. Bahkan ada lho yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Krypton karena susunan batu karangnya yang unik seperti piramida yang keluar dari permukaan air laut. Formasi karang dan bebatuan yang runcing dan berlapis – lapis membuat pantai ini sangat cantik dan beda dari pantai-pantai pada umumnya. Namun, akses menuju pantai ini masih belum memadai. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota Mataram untuk menuju Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat. Disarankan menggunakan motor untuk menuju ke pantai ini karena dari pos retribusi hingga ke bibir pantai berjarak 1 km. Kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang untuk uang masuk ke pantai cantik ini.

4. Tanjung Poki

Untuk kamu yang sedang liburan ke Pantai Pink, ada nih opsi destinasi wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi. Namanya adalah Tanjung Poki. Disini kamu tidak diperkenankan berenang karena kencangnya ombak dan batuan karang yang menghiasi tanjung ini. Namun, Tanjung Poki memiliki keindahan lain, yaitu hempasan ombak yang begitu kuat mengenai karang yang bisa mencapai ketinggian 10 meter ke udara! Pemandangan ini tentu langka sekaligus asyik untuk dilihat, namun harus tetap berhati – hati juga karena hempasan ombak yang keras membuat batu karang di sekitarnya menjadi licin. Untuk menuju tempat ini kamu bisa mampir ke Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowatu, Lombok Timur. Lokasinya dekat dengan Pantai Pink. Kira-kira 1 km setelah pintu masuk Pantai Pink (arah Tanjung Ringgit), ada jalan kecil di sebelah kanan. Ikuti saja jalan tersebut untuk mencapai Tanjung Poki.

5. Pantai Nambung

Di pantai yang satu ini kamu bisa menikmati fenomena alam yang cukup unik, yaitu air terjun yang ada di tepi laut. Fenomena ini tercipta karena hempasan ombak besar yang mengenai tebing karang lalu setinggi kurang lebih 10 meter jatuh kembali ke laut seperti air terjun. Jika pantai sedang surut, kamu bisa mengunjungi kolam alami yang terbentuk di tengah batu karang karena hempasan ombak yang keras. Pantai ini berada di Dusun Pengatap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Pantai ini bisa dicapai dengan perjalanan selama 2 jam dari Kota Mataram.

Jadi tidak sabar nih liburan ke Lombok! Ayo siapkan tiket pesawat Anda dan booking segera di Pergi.com untuk nikmati keindahan Lombok yang luar biasa. Ada banyak kode promo yang bisa dipakai untuk buat liburan Anda lebih murah. Selamat liburan!