Situs Skyscanner baru-baru ini merilis daftar 18 maskapai dunia dengan ruang kaki paling lega. Penelitian ini berdasarkan polling yang dilakukan Skyscanner melalui akun twitternya yang menemukan bahwa ruang kaki dalam kabin pesawat menjadi salah satu hal paling menyebalkan selama penerbangan. Hal ini mengacu pada besar kecilnya ruang kaki yang tersedia di setiap maskapai yang biasanya berbeda-beda untuk kelas penerbangan yang berbeda pula.

Ruang kaki atau yang sering juga disebut seat pitch merupakan jarak antara tempat duduk di pesawat dengan tempat duduk di depannya. Besar kecilnya ruang kaki tergantung maskapai apa yang kamu naiki. Sebenarnya, masalah ruang kaki tidak terlalu terasa ketika kamu terbang untuk rute pendek yang tidak lebih dari 2 jam penerbangan. Namun jika kamu melakukan penerbangan long haul diatas 4 jam tentu akan merasa kurang nyaman ketika harus duduk di kursi pesawat dengan ruang kaki yang kecil.

ruang kaki pesawat

Dilansir dari situs Skyscanner, maskapai penerbangan yang memiliki ruang kaki paling lega untuk kelas ekonomi adalah maskapai Emirates, Cathay Pacific, West Jet dan Jet Airways yang memiliki ruang kaki selebar 32 hingga 384 inchi. Kemudian diikuti oleh Delta Airlines, Etihad Airways, Air China, Air France, KLM Royal Dutch, Lufthansa, Norwegian, Qatar, Thai Airways, Virgin Atlantic dan Turkish Airlines dengan lebar ruang kaki 31 – 34 inchi. Sementara itu maskapai Air Canada, British Airways dan China Southern juga masuk ke dalam list maskapai dunia dengan ruang kaki yang lumayan lega yaitu sebesar 29 – 31 inchi.

Pengaturan besar kecilnya ruang kaki di dalam kabin pesawat ini bergantung pada kebijakan maskapai masing-masing karena umumnya rapatnya jarak ruang kaki di kursi pesawat dimaksudkan agar bisa menampung lebih banyak penumpang. Imbasnya, penumpang pesawat mendapatkan ruang kaki yang sangat terbatas dalam penerbangan. Hal ini biasanya sering terjadi di maskapai berbiaya rendah di seluruh dunia.

tempat duduk di pesawat

Jika kamu terbang untuk rute pendek, tentu hal ini tak begitu masalah. Namun jika kamu akan melakukan penerbangan panjang, ada baiknya lebih teliti saat beli tiket pesawat agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman disertai ruang kaki yang lega agar penerbangan panjang tidak begitu terasa dan badan tidak pegal-pegal sehabis penerbangan. Salah satu caranya adalah dengan membeli tempat duduk di pesawat di barisan paling depan, dekat pintu darurat maupun di bagian lorong kabin (aisle).