Saat bepergian dengan pesawat terbang ada saja penumpang yang butuh membawa alat musik kesayangan untuk berbagai keperluan, entah itu untuk urusan pekerjaan maupun hobi semata ingin membawa alat musik kesayangan kemanapun dia pergi.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore
promo-pergicom
Pergi liburan makin spesial dengan diskon Pergi.com

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah bisa alat musik masuk ke kabin pesawat? Well, setiap maskapai di Indonesia memiliki aturan tersendiri mengenai membawa alat musik masuk ke dalam kabin maupun sebagai bagasi tercatat.

Baca Juga :

Bagi kamu yang suka kemana-mana membawa gitar kesayangan atau alat musik lainnya, berikut Pergi.com berikan informasi aturan membawa alat musik ke kabin pesawat di beberapa maskapai Indonesia yang harus kamu tahu.

1. Garuda Indonesia

garuda-pergi-com
Jika kamu ingin membawa alat musik ke dalam pesawat Garuda, pertama-tama kamu harus tahu terebih dahulu tentang aturan bagasi kabin Garuda Indonesia.

Aturan bagasi kabin Garuda Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Bagasi kabin gratis seberat 7 kg per penumpang dengan batas maksimum panjang 56 cm, lebar 36 cm atau tebal 23 cm, namun jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 115 cm atau berat 7 kg.
  • Terdapat pengecualian untuk Economy Class CRJ dan ATR, yaitu dengan batas maksimum: panjang 41 cm, lebar 34 cm atau tebal 17 cm, namun jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 92 cm atau berat 7 kg.
  • Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.

Aturan bagasi khusus alat musik ke kabin Garuda Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Garuda Indonesia memperbolehkan penumpang membawa alat musik yang tidak memiliki hard case, seperti gitar dan alat musik lainnya ke kabin selama ukuran dan beratnya tidak melebihi batas yang ditentukan
  • Setiap penumpang hanya bisa membawa 1 alat musik ke kabin dengan berat kurang dari 23 kg dan dimensi 158 cm (62 inch).
  • Jika instrumen musik yang dibawa memiliki berat lebih dari 32 kg, silahkan hubungi GA Kargo.
  • Alat musik harus disimpan dalam case agar bisa dimasukkan ke dalam kompartemen bagasi di kabin pesawat
Baca Juga:  Harga Tiket Pesawat untuk Lansia di Maskapai Indonesia

Cari Tiket Garuda

2. AirAsia

airasia-pergi-com
Jika kamu ingin membawa alat musik ke dalam pesawat AirAsia, pertama-tama kamu harus tahu terebih dahulu tentang aturan bagasi kabin AirAsia.

Aturan bagasi kabin AirAsia adaah sebagai berikut:

  • Penumpang hanya diizinkan membawa 1 (satu) buah tas kabin berukuran 56 x 36 x 23 cm (sudah termasuk dengan gagang dan roda tas), yang dapat disertai dengan 1 (satu) buah tas kabin berukuran kecil seperti tas laptop atau tas tangan dengan ukuran 40 x 30 x 10 cm, dengan total berat keduanya tidak lebih dari 7 kg.
  • Beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin

Aturan bagasi khusus alat musik ke kabin AirAsia adalah sebagai berikut:

  • AirAsia memperbolehkan penumpang membawa alat musik masuk ke kabin selama ukuran dan beratnya tidak melebihi batas yang ditentukan
  • Penumpang dapat membawa alat musik masuk ke dalam kabin AirAsia tanpa biaya tambahan jika alat musik tersebut tidak melebihi dimensi bagasi kabin yaitu 56cm x 36cm x 23cm dan tidak memiliki berat lebih dari 7kg
  • Jika penumpang membawa alat musik yang melebihi ketentuan ukuran dimensi bagasi kabin AirAsia, maka penumpang tersebut harus membeli tempat duduk ekstra untuk meletakkan alat musik tersebut
  • Catatan; alat musik yang dibawa dengan membeli kursi tambahan beratnya tidak boleh melebihi 75 kg dan ukurannya tidak boleh melebihi dimensi tinggi 103 cm, panjang 41 cm, lebar 41 cm. Tidak ada fasilitas bagasi terkait dengan pembelian tempat duduk ekstra.

Cari Tiket AirAsia

3. Citilink

citilink-pergi-com
Jika kamu ingin membawa alat musik ke dalam pesawat Citilink, pertama-tama kamu harus tahu terebih dahulu tentang aturan bagasi kabin Citilink.

Baca Juga:  Ini Aturan Bawa Benda Cair ke Bagasi Kabin Pesawat

Aturan bagasi kabin Citilink adaah sebagai berikut:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm.
  • Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.

Aturan bagasi khusus alat musik ke kabin Citilink adalah sebagai berikut:

  • Citilink memperbolehkan penumpang membawa alat musik masuk ke kabin selama ukuran dan beratnya tidak melebihi batas yang ditentukan
  • Penumpang dapat membawa alat musik masuk ke dalam kabin Citilink tanpa biaya tambahan jika alat musik tersebut tidak melebihi dimensi bagasi kabin yaitu 56cm x 36cm x 23cm dan tidak memiliki berat lebih dari 7kg
  • Jika penumpang membawa alat musik yang melebihi ketentuan ukuran dimensi bagasi kabin Citilink, maka penumpang tersebut harus membeli tempat duduk ekstra untuk meletakkan alat musik tersebut dengan catatan beratnya kurang dari 75 kg. Tidak ada fasilitas bagasi terkait dengan pembelian tempat duduk ekstra.
  • Dimensi maksimal dari instrumen tersebut tidak boleh melebihi ketinggian 100cm, lebar 50cm dan kedalaman 40cm.

Cari Tiket Citilink

4. Jetstar

jetstar-airways
Sumber: Instagram @ jetstarasia
Jika kamu ingin membawa alat musik ke dalam pesawat Jetstar, pertama-tama kamu harus tahu terebih dahulu tentang aturan bagasi kabin Jetstar.

Aturan bagasi kabin Jetstar adaah sebagai berikut:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm.
  • Setiap penumpang diperbolehkan membawa 1 barang utama dan 1 barang kecil
  • Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.
  • Untuk kelas bisnis, penumpang boleh membawa 2 barang utama masing-masing seberat 7kg ditambah 1 barang kecil
cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Aturan bagasi khusus alat musik ke kabin Jetstar adalah sebagai berikut:

  • Jetstar memperbolehkan penumpang membawa alat musik masuk ke kabin selama ukuran dan beratnya tidak melebihi batas yang ditentukan
  • Jetstar membagi alat musik ke dalam dua ukuran; yaitu alat musik kecil dan alat musik yang lebih besar yang masing-masing memiliki ketentuan tersendiri
  • Yang termasuk alat musik keci adalah alat musik yang beratnya kurang dari 7kg dengan ukuran maksimal 85 x 36 x 23cm
  • Alat musik kecil dapat dibawa ke dalam pesawat dan disimpan di kompartemen kabin. Berat alat musik ini akan dihitung sebagai bagian dari alokasi bagasi kabin penumpang
  • Untuk alat musik yang lebih besar dan ingin dimasukkan ke bagasi, penumpang harus membeli kursi tambahan untuk alat musik tersebut. Kamu harus menghubungi Jetstar untuk pemesanan kursi tambahan untuk alat musik ini
  • Jetstar membatasi jumlah aat musik besar yang bisa dibawa ke dalam kabin di setiap penerbangan, yaitu untuk alat musik besar (ukuran maksimal 120 x 45 x 20 cm) dibatasi 2 buah per pesawat dan untuk alat musik ekstra besar (ukuran maksimal 140 x 45 x 50cm) dibatasi 1 buah per pesawat.
  • Jika dibawa ke dalam kabin, tas alat musik harus memiliki pegangan agar dapat diikat ke kursi dengan kuat
  • Jetstar Asia (3K) dan Jetstar Pacific (BL) tidak menerima alat musik besar untuk dibawa di dalam kabin pesawat.

So next time kamu terbang dan ingin bawa alat musik tidak perlu bingung jika ingin membawanya ke kabin. Namun ada baiknya bertanya langsung ke maskapai mengenai kebijakan membawa alat musik ke kabin agar saat terbang kamu tak lagi dikenakan biaya tambahan apalagi tersandung masalah hingga batal terbang. Pergi yuk!

Baca Juga:  Bus JA Connexion; Alternatif Transportasi Murah ke Bandara Soekarno-Hatta

Tiket Pesawat Murah

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil