Saat ini, bepergian dengan pesawat terbang menjadi salah satu alternatif favorit masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota hingga ke luar negeri. Selain cepat, tiket pesawat pun kini semakin terjangkau untuk semua kalangan. Kehadiran tiket pesawat murah serta promo berlimpah dari maskapai maupun agen travel online membuat kamu leluasa untuk merencanakan liburan ke mana saja. Namun, apakah kamu sering bertanya-tanya kenapa tiket pesawat bisa murah? Well, memang terkadang harga tiket pesawat banyak yang tidak masuk akal. Misalnya promo kursi gratis, beli tiket pergi dapat tiket pulang gratis, beli 2 tiket gratis satu dan masih banyak promo super heboh dari maskapai untuk menggaet lebih banyak penumpang.

Jika masih penasaran kenapa harga tiket pesawat bisa murah, berikut ini ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab harga tiket pesawat yang semakin terjangkau bagi semua kalangan.

1. Jumlah Kursi Banyak

kursi-pesawat
Sumber: Instagram @ citilink
Setiap maskapai memiliki jumlah armada yang berbeda-beda dan umumnya maskapai berbiaya rendah melakukan efisiensi armada dengan mengatur jarak ruang kaki lebih kecil sehingga jumlah kursi dalam satu pesawat bisa lebih banyak. Kursi lebih banyak berarti bisa mengangkut lebih banyak penumpang yang berkontribusi bagi pemasukan maskapai.

2. Frekuensi Terbang Banyak

citilink
Sumber: Instagram @ citilink
Armada pesawat yang dimiliki maskapai yang menawarkan tiket murah biasanya memiliki turnaround lebih cepat sehingga bisa mengangkut penumpang lebih cepat dan lebihb anyak. Misalnya, pesawat untuk rute Jakarta – Singapura tiba di Jakarta pukul 18.00 dan akan kembali terbang ke Singapura pukul 20.00 dengan membawa penumpang. Frekuensi terbang yang banyak memungkinkan maskapai untuk mengambil keuntungan dari pilihan jam terbang penumpang.

3. Ongkos Kru Penerbangan Lebih Murah

cabin-crew
Sumber: Instagram @ airasia
Dengan frekuensi penerbangan yang banyak dan turnaround pesawat yang tinggi membuat kru penerbangan tidak harus menginap di tempat tujuan sehingga mengurangi biaya-biaya yang harus dikeluarkan maskapai untuk kru yang bertugas. Hal ini berujung pada efisiensi biaya operasional maskapai.

4. Banyak Mendarat di Bandara Kecil

bandara
Umumnya, maskapai berbiaya rendah yang sering memberi tiket pesawat murah mendarat di bandara kecil yang memiliki retribusi jauh lebih murah dibandingkan bandara besar. Fasilitas ground handling yang lebih sederhana sehingga lagi-lagi menghemat biaya operasional maskapai.

5. Biaya Administrasi Kecil

beli tiket online
Dengan memberi opsi pembelian tiket online maupun berpartner dengan agen travel online, maskapai memperkecil biaya adminstrasi yang dikeluarkan. Selain itu, sistem ticketing online juga memberi efisiensi tinggi bagi maskapai untuk menggunakan internet sebagai platform masyarakat yang ingin beli tiket, sehingga tidak memerlukan terlalu banyak karyawan yang harus menghandle pembelian tiket.

Alasan lain yang bisa membuat tiket murah adalah ditiadakannya meals on board alias penumpang tidak dapat makanan selama penerbangan. Jika pun ingin makan, harus pesan makanan dengan harga yang lebih mahal daripada di darat yang menjadi pemasukan bagi maskapai. Selain itu ada juga faktor komputerisasi yang memungkinkan maskapai tidak mempekerjakan banyak karyawan untuk menghandle bagian-bagian tertentu. Biaya bandara juga semakin murah karena umumnya maskapai berbiaya rendah hanya melayani direct flight dan jarang transit.

So, sudah paham kan bagaimana tiket pesawat bisa murah? Beli tiket pesawat di Pergi.com juga murah lho! Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 500.000 untuk penerbnagan kemana saja, kapan saja! Ada juga diskon hotel melimpah hingga Rp 500.000 juga di Pergi.com. jadi kamu tidak perlu susah-susah mencari tiket pesawat murah kesana kemari karena semua ada di Pergi.com. Pergi yuk!