Selain wilayah timur Indonesia yang memiliki banyak pulau dan pantai cantik, wilayah barat Indonesia juga memiliki banyak surga tersembunyi yang cantiknya kebangetan lho! Coba deh main ke Sabang! Kota yang terletak di Pulau Weh, Provinsi Aceh ini memiliki banyak destinasi wisata cantik yang bisa dieksplorasi. Sebagai informasi, Pulau Weh adalah pulau paling barat di wilayah Indonesia lho! Selama ini masyarakat yang ingin liburan ke Sabang harus menempuh jalur udara maupun jalur darat dan dilanjutkan dengan menyeberang laut menggunakan feri. Namun kini dengan hadirnya Bandara Maimun Saleh di Sabang, kamu bisa liburan ke kota cantik ini naik pesawat! Sebagai referensi liburan, berikut ini ada 8 destinasi wisata Sabang yang cantik sekali.

1. Pantai Iboih

pantai-iboih
Sumber: Instagram @ andryuzaki
Terletak di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Pantai Ibih merupakan salah satu deswtinasi wisata populer di Sabang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memikat ditambah lagi air laut yang jernih dengan gradasi kebiruan yang cantik. Disini kamu bisa berenang sampai puas, snorkeling, diving hingga menyewa perahu mesin untuk berkeliling pantai ini. Jika ingin menginap di dekat pantai ini juga sudah tersedia penginapan dan cottage yang dikelola masyarakat sekitar.

2. Pulau Rubiah

pulau-rubiah
Sumber: Instagram @ zulkifli_ijull
Pulau cantik yang berada tak jauh dari Kota Sabang ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk diving dan snorkeling di Sabang. Air lautnya yang jernih serta keindahan bawah lautnya yang memukau menjadi daya tarik utama pulau ini. Terumbu karang yang ada di pantai ini masih sangat alami, berbagai hewan laut cantik pun bisa ditemukan dengan mudah di perairan pulau ini. Jadi jangan lupa bawa peralatan snorkeling atau diving ketika main ke pulau ini ya!

3. Danau Aneuk Laot

danau-aneuk-laot
Sumber: Instagram @ lulunurfebrii
Danau yang juga sering disebut Danau Air Tawar ini berada di Kelurahan Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Dalam bahasa Aceh, aneuk laot berarti anak laut. Hal ini mengacu pada kondisi Kota Sabang yang dikelilingi laut, namun danau ini memiliki air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di sekitarnya. Danau ini memiliki panorama yang dijamin buat sejuk mata dan pikiran. Ada banyak pepohonan di sisi danau ini jadi kamu tak perlu takut gosong kepanasan ketika berwisata ke danau ini. Selain itu, danau ini juga jadi salah satu spot untuk menikmati sunset laut yang letaknya tak jauh dari danau ini lho!

4. Pantai Sumur Tiga

pantai-sumur-tiga
Sumber: Instagram @ fadgojez
Pantai cantik di Sabang lainnya adalah pantai Sumur Tiga yang berada di kelurahan le Muele, Kecamatan Sukajaya, Sabang. Pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang bening ini menjadi salah satu spot snorkeling favorit di Sabang. Garis pantainya yang panjang dibandingkan pantai-pantai lain di Sabang membuat pantai ini asyik sekali untuk ditelusuri. Di sekitar pantai ini juga terdapat banyak tempat makan pinggir pantai jadi kamu bisa makan sambil menikmati birunya air laut Pantai Sumur Tiga yang menawan. Pantai ini juga punya view sunrise yang kece banget lho!

5. Air Terjun Pria Laot

air-terjun-pria-laot
Sumber: Instagram @ sedangsehat
Selain pulau dan pantai cantik, Sabang juga memiliki air terjun cantik lho! Air terjun Pria Laot yang berada di Gampong Pria Laot, Kecamatan Sukakarya, atau tepatnya di hulu Gunung Sarung Keris, bagian selatan Pulau Weh. Meskipun air terjun ini tidak terlalu tinggi dan kolam di dasarnya juga tidak terlalu besar, namun air terjun ini memiliki pemandangan indah yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Sabang. Berada di tengah hutan, tidak terlalu sulit untuk mencapai air terjun ini. Dan selama perjalanan kamu bisa menikmati indahnya pemandangan hutan yang msih lebat, udara yang sejuk serta kicauan burung dengan suara indah di kejauhan. Dijamin tidak akan rugi deh main ke air terjun ini!

6. Pantai Anoi Itam

pantai-anoi-itam
Sumber: Instagram @ mahlilfuady
Sesuai namanya, kata anoi dalam bahasa Aceh berarti pasir dan kata itam berarti hitam, pantai yang satu ini beda dari pantai lainnya di Sabang karena memiliki pasir berwarna hitam. Asal pasir berwarna hitam di pantai ini kemungkinan berasal dari gunung berapi yang masih aktif di Pulau Weh. Dengan pasir berwarna hitam, pantai ini sangat eksotis lho! Tak hanya pemandangannya yang juara banget, keindahan bawah laut pantai ini juga juara lho! Pantai ini berada di kecamatan Sukajaya, Kota Sabang.

7. Pantai Ujung Kareung

pantai-ujung-kareung
Sumber: Instagram @ aizuell
Pantai tersembunyi di Sabang yang satu ini masih belum banyak diketahui wisatawan lho! Karakter pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan jugaa batuan karang yang tersebar di pinggir pantainya. Kamu bisa berpose di atas batu-batu karang ini dengan latar birunya air laut di sekitar Pantai Ujung Kareung ini. Berada di Desa le Meulee, Kota Sabang, pantai ini tidak terlalu sulit untuk dicapai kok!

8. Tugu Kilometer Nol Indonesia

tugu-kilometer-nol-indonesia
Sumber: Instagram @ shintadebbyp_
Belum ke Sabang namanya jika kamu belum mengunjungi Tugu Kilometer Nol Indonesia yang berada di area hutan di Desa Iboih Ujong Ba`u, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Tugu ini merupakan penanda wilayah paling barat Indonesia. Jika kamu mampir ke tugu ini, kamu bisa mendapatkan sertifikat ) Kilometer Indonesia yang menjadi penanda bahwa kamu sudah menginjakkan kaki di wilayah paling barat Indonesia ini. Jangan lupa juga untuk berfoto di depan tulisan Kilometer 0 Indonesia ya!

Yuk segera rencanakan liburan kamu ke Sabang! Ada banyak destinasi wisata cantik yang menanti untuk dieksplor. Pesan tiket pesawat ke Sabang di Pergi.com yuk! Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 500.000 lho! Pergi yuk!