Bank Indonesia baru saja meluncurkan uang Rupiah baru emisi 2016 dengan memperkenalkan 11 desain baru berupa tujuh untuk pecahan uang kertas dan empat untuk pecahan uang logam baru. Peluncuran uang Rupiah baru ini dilakukan pada Senin (19/12/2016) di Gedung Bank Indonesia, Jakarta. Peluncuran uang rupiah kertas dan logam tahun emisi 2016 ini dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Berbeda dengan desain uang kertas sebelumnya, desain uang Rupiah baru ini lebih banyak memuat gambar yang menunjukkan Indonesia, seperti gambar pahlawan nasional, kesenian daerah, pemandangan alam dan flora asli dari Indonesia. Dari 11 pecahan uang Rupiah baru yang dirilis, ada 7 destinasi wisata yang terdapat di desain pecahan uang kertas baru. Berikut adalah ketujuh destinasi wisata tersebut!

1. Wayag, Raja Ampat

Wayag, Raja Ampat
Sumber: Instagram @tomjonpit
Di pecahan uang kertas Rp 100.000 yang baru terdapat pemandangan bukit karst di Wayag, Raja Ampat. Untuk menuju tempat wisata ini, diperlukan waktu yang cukup lama di perjalanan. Dari ibu kota Kabupaten Raja Ampat saja kamu masih harus naik perahu motor lagi selama 7 – 8 jam untuk sampai ke daerah ini. Dan jika sudah sampai di Wayag, sayang sekali jika tidak berfoto di puncak bukit karst ini. Lagi-lagi, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di puncak bukit karst ini dan mendapatkan pemandangan Wayag seperti yang ada di bagian belakang uang Rupiah baru pecahan Rp 100.000. Namun, perjalanan panjang menuju Wayag tentu akan terbalas lunas dengan pemandangan indah yang bisa kamu nikmati dari atas bukit ini.

2. Pulau Padar, Taman Nasional Komodo

Pulau Padar
Sumber: Instagram @hendriefendi
Lanjut ke pecahan uang kertas baru Rp 50.000, ada pemandangan indah Pulau Padar di bagian belakangnya. Pulau Padar ini terletak di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Padar ini merupakan pulau tak berpenghuni namun memiliki panorama yang sangat menawan. Untuk menuju pulau ini, kamu bisa naik perahu motor dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam. Begitu tiba di pulau ini, kamu wajib sekali mendaki puncak bukit Pulau Padar untuk melihat pemandangan menarik pulau ini secara keseluruhan, sama seperti pemandangan yang ada di uang kertas baru pecahan Rp 50.000.

3. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan
Sumber: Instagram @jalanjalanktv
Keindahan kepulauan Derawan kini bisa kamu lihat di uang Rupiah baru pecahan Rp 20.000! Di desain baru uang Rupiah pecahan Rp 20.000 terdapat gambar penginapan (cottage) di atas air dan juga penyu yang bisa dengan mudah ditemui di Kepulauan Derawan. Wisata bahari di Kepulauan Derawan memang tidak perlu diragukan lagi! Pantai berpasir putih, air laut yang jernih serta kekayaan biota lautnya yang mempesona membuat kepulauan ini menjadi salah satu wisata bahari terbaik di Indonesia.

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi
Sumber: Instagram @photodiveseto
Di pecahan uang kertas Rp 10.000, kamu bisa menemukan keindahan bawah laut Wakatobi yang tak kalah indahnya dari Derawan! Diklaim sebagai Segitiga Karang Dunia, Taman Nasional Wakatobi menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Gambar yang tertera di pecahan uang kertas Rp 10.000 adalah penyelam yang sedang menikmati karang dan anemon yang ada di Wakatobi dengan siluet biru, ungu dan oranye. Wakatobi sendiri adalah singkatan dari nama pulau yang membentuk kepulauan ini, yaitu Pulau Wangi-wangi, Kadelupa, Tomia dan Binongko yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tenggara.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo
Sumber: Instagram@hallotravelers
Keindahan Gunung Bromo sudah tak perlu diragukan lagi. Masuk ke dalam 10 destinasi Bali baru yang ditetapkan pemerintah, pemandangan di sekitar Gunung Bromo kini bisa kamu lihat di pecahan uang Rupiah baru nominal Rp 5.000. Gambar yang ada di pecahan uang baru ini diambil dari titik puncak penanjakan satu dimana para wisatawan bisa melihat Gunung Bromo dan juga gunung-gunung di sekitarnya seperti Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Semeru.

6. Ngarai Sianok, Sumatera Barat

Ngarai Sianok
Sumber: Instagram @erisonjkambari
Keindahan Ngarai Sianok yang ada di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat kini bisa kamu lihat di pecahan uang kertas baru nominal Rp 2.000. Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian. Pemandangan di sekitar ngarai ini sangat indah karena lembah sempit ini dikelilingi bukit bertebing curam dengan aliran sungai kecil di tengah-tengahnya.

7. Banda Neira, Maluku

Banda Neira Maluku
Sumber: Instagram @rezatuasikal
Terakhir, ada pemandangan indah Pulau Banda Neira di uang baru pecahan Rp 1.000. Gambar yang ditampilkan adalah keindahan gunung Banda Api yang memiliki ketinggian 641 meter dari permukaan laut. Selain keindahan gunung ini, Banda Neira yang terletak di Provinsi Maluku ini menyimpan banyak lokasi wisata menarik untuk dikunjungi, termasuk beberapa pulau cantik dengan pantai yang cocok untuk snorkelling. Kamu juga bisa mengunjungi Pulau Hatta dimana wakil presiden RI pertama Moh. Hatta pernah diasingkan.

Yuk jadikan destinasi wisata yang ada di rupiah baru sebagai tujuan wisata kamu di 2017!

Destinasi wisata yang tertera di uang rupiah baru merupakan bagian dari destinasi wisata unggulan Indonesia. Yuk jadikan destinasi wisata yang ada di rupiah baru sebagai tujuan wisata kamu di 2017! Jangan lupa pesan tiket pesawat kamu di Pergi.com dan manfaatkan diskon promo untuk buat liburanmu lebih murah. Pergi yuk!