Bagi kamu yang berencana liburan ke Jepang dalam waktu dekat, selain tiket pesawat dan hotel, satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah mengurus visa. Memang ada kebijakan bebas visa ke Jepang bagi WNI namun hanya bagi pemegang paspor elektronik. Namun ada update terbaru mengenai cara membuat visa Jepang yang harus kamu tahu!

Menurut press release terbaru dari Kedutaan Besar Jepang, seluruh proses pengajuan visa melalui loket kedutaan akan berakhir pada 14 September 2017, pukul 12:00 dan mulai 15 September 2017, Kedubes Jepang di Jakarta tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor, visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan. Semua pengurusan visa akan dilakukan di Japan Visa Application Centre (JVAC) di Lotte Shopping Avenue. Namun bagi kamu yang akan mengajukan visa liburan sebelum tanggal 14 September 2017, bisa langsung mendatangi kedutaan Jepang di Jakarta.

diskon 4% up to 1jt
Diskon Tiket Pesawat 4% up to 1 juta

Baik itu pemegang paspor elektronik maupun paspor biasa, berikut ini Pergi.com jabarkan informasi lengkap dan ter-update cara membuat visa Jepang untuk tujuan wisata dengan biaya sendiri ke Jepang yang bisa jadi referensi kamu.

Membuat Visa Jepang Dengan Paspor Biasa

paspor-indonesia
Sumber: https://www.rayapos.com/menuai-protes-imigrasi-batalkan-ketentuan-deposit-rp25-juta/
Bagi kamu yang memiliki paspor biasa, kini ada dua cara membuat visa Jepang dengan paspor biasa yang bisa dipilih (opsi ke-2 hanya berlaku hingga 14 September 2017 untuk wilayah kerja Kedubes Jepang di Jakarta).

1. Buat Visa Jepang di JVAC Lotte Shopping Avenue

jvac
Sumber: http://liburankejepang.com/2017/09/11/press-release-peresmian-japan-visa-application-center-di-jakarta/
Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, kini urus visa Jepang tak hanya di kedutaan lho! Kedutaan Besar Jepang resmi membuka Japan Visa Application Centre (JVAC) pada Jumat (8/9/2017) di Mal Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Layanan pengajuan visa Jepang disini akan resmi melayani traveller yang ingin buat visa pada Jumat (15/9/2017). Lokasi JVAC ini berada di sebelah bioskop XXI di Lotte.

Prosedur pengurusan visa Jepang di JVAC sedikit berbeda dengan pengurusan langsung di Kedubes Jepang. Bagi yang berdomisili di wilayah yurisdiksi Konsulat Jenderal Surabaya, Medan, Denpasar dan Kantor Konsuler Makassar, pengajuan visa tetap dilakukan di konsulat jenderal atau kantor konsuler masing-masing.

Saat JVAC resmi beroperasi minggu depan, berikut ini cara pengajuan visa Jepang di JVAC Lotte Shopping Avenue.

  • Pengajuan visa bisa dilakukan langsung di JVAC maupun website resmi yang akan diumumkan dalam waktu dekat
  • Tersedia 15 loket untuk pengajuan visa di JVAC
  • Untuk pengajuan aplikasi visa dapat dilakukan Senin – Jumat (kecuali hari libur kedutaan) pukul 09.00 – 17.00 WIB (aplikasi perseorangan) dan 09.00 – 13.00 WIB (untuk travel agent)
  • Pengambilan visa bisa dilakukan Senin – Jumat (kecuali hari libur kedutaan) pukul 10.00 – 15.00 WIB (aplikasi perseorangan) dan pukul 10.00 – 13.00 WIB (untuk travel agent)
  • Proses pengajuan hingga pengambilan visa membutuhkan waktu lima hari kerja, terhitung dari hari pengajuan.
  • Biaya visa maupun biaya administrasi dibayar saat pengajuan dimana biayanya akan diumumkan di website resmi JVAC
  • Pembuatan visa Jepang lewat JVAC ini hanya berlaku untuk wilayah yuridiksi bagian Konsuler Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

2. Buat Visa Jepang di Kedutaan

kedutaan-jepang-di-jakarta
Sumber: http://edisjun.wagomu.id/e362.html
Mengajukan visa Jepang melalui kedutaan merupakan praktek yang paling banyak dilakukan oleh traveller yang akan mengajukan visa liburan ke Jepang. Namun opsi ke-2 hanya berlaku hingga 14 September 2017 untuk wilayah kerja Kedubes Jepang di Jakarta. Bagi yang mengajukan visa melalui kedutaan sampai dengan sebelum 14 September 2017, pengambilan masih tetap akan dilakukan di loket kedutaan.

Berikut ini persyaratan pengajuan visa Jepang untuk tujuan wisata dengan biaya sendiri ke Jepang.

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa yang telah diisi dengan lengkap. Kamu bisa download formulirnya atau mengambil sendiri di loket bagian visa di kedutaan
  • Pasfoto terbaru ukuran 4.5 X 4.5 cm dan diambil 6 bulan terakhir tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas / tidak buram
  • Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (jika masih mahasiswa)
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk – keluar Jepang)
  • Jadwal Perjalanan yang bisa didownload disini dan diisi dengan semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan: Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya (fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

Setelah semua dokumen diatas siap dan sudah diisi, selanjutnya kamu bisa pergi ke Kedutaan Besar Jepang di daerah kamu. Pastikan kamu datang ke kedutaan Besar Jepang yang benar ya karena setiap regional hanya melayani daerah-daerah tertentu. Berikut daftar kedutaan besar Jepang lengkap dengan wilayah yuridiksi (wilayah kerja) untuk pengajuan visa Jepang.

  • Bagian Konsuler Kedutaan Besar Jepang di Jakarta
    Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta 10350, Indonesia
    Telepon: (021) 3192-4308, Fax : (021) 315-7156
    Wilayah Yurisdiksi: Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung
  • Kantor Konsuler Jepang di Makassar
    Gedung Wisma Kalla Lantai 7 Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 8-10, Makassar, INDONESIA
    Telepon : (0411) 871-030 Fax : (0411) 853-946
    Wilayah Yurisdiksi: Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua (Irian Jaya), Papua Barat
  • Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya
    Jl. Sumatera No. 93, Surabaya, Indonesia
    Telepon : (031) 503-0008, Fax : (031) 503-0037, 502-3007 (Visa)
    Wilayah Yurisdiksi: Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan
  • Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar
    Jl. Raya Puputan No.170, Renon, Denpasar, Bali, Indonesia
    Telephone : (0361) 227-628 FAX : (0361) 265-066
    Wilayah Yurisdiksi: Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur
  • Konsulat Jenderal Jepang di Medan
    Wisma BII, 5th floor Jl. Pangeran Diponegoro No. 18, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
    Telephone : (061) 457-5193 FAX : (061) 457-4560
    Wilayah Yurisdiksi: Aceh Nangroe Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Kepulauan Riau

Jam Buka Pengurusan Visa Jepang

Untuk pengurusan visa Jepang, terdapat waktu pengajuan visa yang hadrus diperhatikan karena pihak embassy Jepang sangat ketat terhadap alokasi waktu. Berikut ini informasi jam pelayanan pembuatan dan pengambilan visa di kedutaan / konjen Jepang.

  • Buka Hari Senin – Jumat (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan)
  • Pengajuan Permohonan Visa pukul 08:30 – 12:00 WIB / WITA
  • Pengambilan Paspor pukul 13:30 – 15:00 WIB / WITA

Biaya Pembuatan Visa Jepang untuk Paspor Biasa

Berikut ini biaya visa Jepang update per 1 April 2017 yang dibayarkan saat pengambilan visa.

  • Visa Single Entry Rp 370.000
  • Visa Multiple Entry Rp 740.000
  • Visa Transit Rp 90.000
cicilan pergi.com
Cicilan 3/6/12 bulan

Membuat Visa Jepang Dengan E-Paspor

visa-jepang
Sumber: http://marischkaprudence.blogspot.co.id/2015/02/cara-daftar-bebas-visa-jepang-visa.html
Bagi kamu yang memiliki e-paspor, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk registrasi untuk mendapatkan visa gratis ke Jepang.

1. Buat Visa Jepang di JVAC Lotte Shopping Avenue

Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya registrasi visa Jepang gratis untuk pemegang e-paspor bisa dilakukan di JVAC Lotte Shopping Avenue.

2. Buat Visa Jepang di Kedutaan

Khusus untuk registrasi visa Jepang gratis untuk pemegang e-paspor Indonesia bisa dilakukan di kedutaan Jepang maupun JVAC. Berikut cara mengurus visa Jepang di kedutaan bagi pemegang e-paspor.

  • Pemohon bebas visa ke Jepang atau perwakilan pemohon membawa e-paspor dan formulir aplikasi permohonan bebas visa ke Kantor Kedutaan Besar Jepang/Konsulat Jenderal/Kantor Konsulat di Indonesia untuk didaftarkan
  • Kedutaan/Konsulat Jenderal/Kantor Konsulat akan memproses berkas permohonan dan jika disetujui akan menempelkan sticker bebas visa dan menyerahkannya pada pemohon kembali dalam dua hari kerja.
  • Pemohon yang pengajuan bebas visa Jepangnya disetujui dapat melakukan perjalanan ke Jepang untuk durasi tinggal maksimal 15 hari. Perjalanan bisa dilakukan berkali – kali hingga masa berlaku sticker tersebut habis, tanpa perlu melakukan registrasi lagi di tiap kali perjalanan.
  • Untuk mengurus permohonan visa waiver, wisatawan tidak dikenakan biaya administrasi alias gratis.

Liburan ke Jepang dengan Paket Tur

sakura-mekar-di-jepang
Bagi kamu yang ingin liburan ke Jepang yang bebas stres dan nyaman, opsi pergi liburan ke Jepang dengan paket tur bisa jadi pilihan yang pas. Kamu tak perlu repot memikirkan visa karena akan dibantu urus oleh pihak agent (dengan biaya tambahan), tak perlu pusing mau nginap dimana atau bingung mau kemana saja karena sudah ada itinerary yang jelas dari pihak agen.

Di Pergi.com sudah tersedia lho paket tur ke Jepang yang bisa dipilih sesuai budget dan keinginan! Dan semoga informasi lengkap dan update cara membuat visa Jepang diatas bisa bantu kamu yang akan liburan ke Jepang. Pergi yuk!

Pesan Tour ke Jepang