Liburan ke negara-negara di Eropa memang terdengar sangat fancy. Dengan tersedianya banyak tiket murah ke luar negeri, liburan ke Eropa bukan lagi sekedar mimpi. Namun, jika dibandingkan liburan ke negara-negara Asia, liburan ke Eropa membutuhkan lebih banyak biaya. Jika kamu sudah ngebet sekali ingin ke Eropa namun belum ada biaya, di Indonesia juga ada lho tempat wisata yang mirip dengan yang ada di Eropa! Istilahnya Indonesia rasa luar negeri. Kali ini Pergi.com akan membahas tentang monumen Simpang Lima Gumul yang ada di Kota Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul

monumen-simpang-lima-gumul-1
Sumber: Instagram @ rinadinugroho

Ingin merasakan sensasi berfoto dengan Arc De Triomphe yang ada di Paris, Perancis? Tidak usah jauh-jauh karena di Kota Kediri ada bangunan yang arsitekturnya hampir sama yaitu Monumen Simpang Lima Gumul.

Monumen ini berada tepat di tengah jalur lima atau pusat pertemuan lima jalan yang menuju ke Kediri, Pare, Plosoklaten, Menang dan Pesantren. Bentuk bangunan monumen ini sangat mirip dengan Arc De triompe. Yang berbeda hanya detail ukiran yang ada di sisi-sisi temboknya. Monumen Simpang Lima Gumul ini memiliki luas bangunan 804 meter persegi, ditumpu 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar dan tinggi 25 meter, sehingga kamu bisa melihat pemandangan kawasan perdagangan Kota Kediri ini. Relief yang terpahat di sisi-sisi monumen menceritakan tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang dimiliki Kediri. Ada juga Arca Ganesha disetiap sisi monumen yang menjadi simbol dari kecerdasan, pengetahuan, kebijaksanaan, pelindung dan penolak bala. Di bagian depan bangunan monumen ini juga terdapat tulisan berukuran besar ‘Kediri Lagi’. Selain itu, angka luas dan tinggi monumen ini mencerminkan hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 Maret 804 Masehi. Keren!

Diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Kediri pada saat itu, Ir. H. Sutrisno, monumen ini menjadi landmarknya Kabupaten Kediri. Lokasi monumen hanya berjarak kurang lebih 6 km dari Kota Kediri dan 120 km dari Bandara Juanda di Surabaya. Kawasan di sekitar monumen ini diproyeksikan menjadi kota baru dan pusat perdagangan Jawa Timur untuk bagian barat.

Fasilitas di Sekitar Monumen Simpang Lima Gumul

gumul-paradise-island
Sumber: Instagram @ ventyseptaditya

Kawasan di sekitar monumen memang dikembangkan menjadi pusat bisnis. Kawasan ini pun terus berbenah dan dilengkapi berbagai fasilitas menarik, seperti convention hall (gedung pertemuan) di bagian gedung utama, sebuah auditorium di lantai atas dan minimarket yang menjual souvenir khas Kediri di lantai bawah. Ada juga ruang serbaguna di basement monumen ini. Sedangkan fasilitas yang ada di luar monumen ini adalah Terminal bus antar kota dan MPU (Mobil Penumpang Umum) serta Pasar Tugu. Pasar ini hanya buka di Hari Sabtu dan Minggu (Setu Minggu dalam bahasa Jawa), makanya disebut pasar Tugu. Di pasar ini kamu bisa menemukan banyak penjual makanan khas Kediri yang bisa dicicipi di kala berkunjung di monumen ini. Tak jauh dari Monumen Simpang Lima Gumul juga terdapat sarana rekreasi keluarga yaitu Water Park Gumul Paradise Island (GPI).

Tersedia area parkir yang cukup luas di setiap sudut persimpangan jalan di dekat monumen ini. Dari tempat parkir, ada akses langsung menuju Monumen Simpang Lima Gumul lewat terowongan bawah tanah sehingga kamu tak perlu repot-repot menyeberang jalan.

Kawasan ini tak pernah sepi pengunjung. Monumen Simpang Lima Gumul menjadi spot favorit warga dan juga wisatawan untuk berfoto ria. Saat akhir pekan, banyak yang memanfaatkan area di sekitar monumen ini untuk berolahraga, seperti bersepeda, jogging, hingga bermain skateboard. Saat malam minggu, biasanya monumen ini dipenuhi komunitas motor maupun mobil yang berkumpul.

Cara Menuju Monumen Simpang Lima Gumul

monumen-simpang-lima-gumul-2
Sumber: Instagram @ fuzyraksa
Untuk menuju Monumen Simpang Lima Gumul tidaklah sulit. Ada beberapa rute yang bisa kamu lalui, yaitu:

1. Jika dari Surabaya dan Malang kamu bisa menempuh rute Pare – Gurah – Kediri
2. Jika dari Blitar, kamu bisa menempuh rute Wates – Pesantren – Kediri

Jadi buat kamu yang sudah mengantongi tiket pesawat murah untuk liburan ke Surabaya atau pun Malang, jangan lupa singgah ke Kediri dan mampir ke Monumen Simpang Lima Gumul ya! Tak harus ke Paris untuk bisa berfoto dengan Arc de Triomphe kan? Ada banyak wisata yang terlihat seperti di luar negeri yang bisa kamu jumpai di negeri ini. Pantau terus blog Pergi.com untuk tahu lebih banyak tentang wisata Indonesia rasa luar negeri lainnya yang bisa jadi referensi liburan kamu selanjutnya! Jangan lupa juga untuk beli tiket pesawat kamu di Pergi.com karena ada banyak promo diskon yang bisa buat tiket pesawat kamu lebih murah. Pergi yuk!