Bukan rahasia bahwa Indonesia menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Jawa Timur yang memiliki potensi wisata alam, baik di darat maupaun wisata baharinya. Jadi, bagi kamu yang ingin merencanakan short getaway di pulau Jawa, coba pertimbangkan pantai-pantai indah di Jawa Timur untuk jadi destinasimu.

Berikut rekomendasi Pergi.com untuk liburanmu di pantai Jawa Timur.

1. Kedung Tumpang

Source: @mutoatul (Instagram)

Kalau boleh Pergi.com memberi peringkat, maka Kedung Tumpang yang terletak di Tulungagung merupakan pantai terindah di Jawa Timur. Di sini ada gugusan bebatuan karang yang melingkar. Ada pula kolam alami yang terbentuk di tengah gugusan karang. Kamu bisa merasakan berenang di kolam renang dengan pemandangan lautan lepas yang memukau. Air lautnya juga biru dan bersih, karena itu pengunjung juga harus menjaga kebersihan pantai ini agar air lautnya tetap  biru, dan pesisir pantai tetap bersih.

2. Papuma

Source: @ilham_zoebazary (Instagram)

Nama Papuma disematkan ke pantai yang terletak di Jember ini karena pasir putih dan batu karang besar yang menyerupai pulau. Papuma sendiri merupakan kepanjangan dari Pasir Putih Malikan.

Pantai ini, sebagaimana halnya semua pantai di selatan Jawa, memiliki nilai mistis yang diyakini masyarakat setempat. Salah satunya adalah pantai Papuma yang sering memakan korban, karena dianggap makhluk gaib yang menghuni pantai ini meminta persembahan. Oleh karena itu, nelayan setempat juga mengadakan upacara larung agar mereka selamat saat melaut dan mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah.

Namun, pantai ini tetap aman untuk dikunjungi dan dinikmati. Bahkan, cocok untuk kegiatan berkemah. Pemandangan Pantai Papuma memang sayang untuk dilewatkan saat liburan nanti.

3. Pantai Clungup

Pantai Clungup
© wisatapedia.id/wisatapedia.id

Satu lagi pantai yang harus ada di daftar destinasi liburanmu. Pantai Clungup di Malang, merupakan pantai di jalur pantai selatan Jawa dan memiliki keindahan yang memukau. Jalan menuju pantai ini memang tidak lebar, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Pantai ini pun memiliki kondisi yang masih asli karena belum banyak yang mengetahui lokasi Pantai Clungup. Jika kamu merencanakan short getaway, maka pantai ini adalah destinasi yang cocok untukmu.

4. Pantai Watu Leter

Source: http://surabaya.panduanwisata.id/page/18/

Selain Pantai Clungup, Malang memiliki satu lagi pantai yang indah dan unik yaitu Pantai Watu Leter. Pantai ini dapat kamu tempuh dengan berkendara selama tiga jam dari kota Malang. Seperti Pantai Clungup, jalan menuju pantai Watu Leter tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Jadi bisa dijamin kondisi pantai ini masih asri dan sepi. Selain pemandangan yang indah, pantai ini juga merupakan tempat penyu bertelur. Jadi, jika kalian ke sini pastikan untuk menjaga kebersihan dan tidak mengganggu penyu yang ada di sana.

Selain empat pantai di atas, masih banyak lagi pantai tersembunyi lainnya di Jawa Timur, membentang hingga ujung Banyuwangi.

Selain empat pantai di atas, masih banyak lagi pantai tersembunyi lainnya di Jawa Timur, membentang hingga ujung Banyuwangi. Jika ingin pengalaman yang lebih berkesan, berkunjunglah saat diselenggarakan festival atau upacara tradisional di daerah setempat. Setelah itu, menikmati pantai di Jawa Timur tidak akan terasa sama lagi.

Untuk tahu informasi seputar traveling, festival, dan tips, cek terus blog Pergi.com!