Untuk meningkatkan konektivitas di wilayah Timur Indonesia, maskapai NAM Air membuka rute baru dari Manado. Tak tanggung-tanggung, maskapai anak perusahaan Sriwijaya Air ini membuka empat rute sekaligus dari Manado ke berbagai kota di Timur Indonesia.

Rencananya, keempat rute baru NAM Air ini akan resmi beroperasi pada 9 Desember mendatang.

“Kami membuka rute penerbangan baru, yaitu Manado-Sorong, Manado-Ambon, Manado-Luwuk dan Manado-Ternate,” ujar Advisor Commercial of CEO Sriwijaya Air Group, Franky Gan dalam Agent Gathering Sriwijaya Air Distrik Manado seperti dikutip dari laman Tribun Travel.

A post shared by Sriwijaya Air (@sriwijayaair) on

Pembukaan empat rute baru ini dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas di wilayah Timur Indonesia, khususnya masyarakat Manado yang akan lebih mudah bepergian ke berbagai daerah yang dilayani penerbangan oleh Sriwijaya Group.

Empat rute baru dari Manado ini nantinya akan menggunakan pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas 120 kursi; 112 kursi untuk kelas ekonomi dan 8 kursi untuk kelas eksekutif.

Pihak Sriwijaya Air Group juga berencana membuka dua rute baru lagi dari Manado jika empat rute baru ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Kedua rute baru tersebut masih dalam tahap penjajakan.

Distric Manager Sriwijaya Air Manado, Achmad Trenggono mengatakan rute Manado – Sorong PP akan beroperasi di setiap hari. Untuk harga tiket pesawat rute Manado – Sorong mulai dari Rp 749.000. Rute penerbangan Manado – Ambon PP juga akan berangkat setiap hari dengan harga tiket pesawat mulai dari Rp 892.000.

A post shared by Sriwijaya Air (@sriwijayaair) on

Untuk penerbangan rute Manado – Luwuk akan berangkat setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu dengan harga tiketnya mulai dari Rp 551.000. Sedangkan untuk rute Manado – Ternate akan berangkat setiap hari Senin, Rabu dan Jumat dengan harga tiket pesawat dibanderol mulai dari Rp 331.000. Harga tiket ini sudah termasuk pajak bandara, bagasi gratis 20 kg dan juga makanan di pesawat.

Meski tergolong maskapai baru di industri penerbangan Indonesia, namun maskapai NAM Air sudah memiliki banyak prestasi yang membanggakan.

Salah satunya adalah berhasil mendapatkan peringkat kedua untuk OTP (On Time Performance) terbaik dari Kementerian Perhubungan. NAM Air mendapatkan nilai OTP 90,61% atau 8.248 dari total 9.103 penerbangan selama periode Juli – Desember 2015.

A post shared by Sriwijaya Air (@sriwijayaair) on

NAM Air bersaing dengan dua maskapai full service di urutan teratas performa OTP terbaik, yaitu Batik Air dan Garuda Indonesia .