Seiring dengan perkembangan zaman, tiket pesawat juga mengalami perubahan. Tak hanya proses beli tiket pesawat yang kini bisa dilakukan lewat smartphone, tiket pesawat yang dulunya dicetak di lembaran kertas kini sudah beralih ke e-tiket.

Baca Juga :

Penggunaan e-tiket ini tak hanya berlaku di pemesanan hotel, atraksi (waterpark etc), kereta dan sebagainya. Karena tidak semua orang tanggap dengan teknologi terbaru, banyak yang bingung apakah e-tiket pesawat perlu diprint atau tidak. Bagi kamu yang masih belum terlalu mengerti soal e-tiket, berikut Pergi.com beri penjelasan mengenai hal tersebut.

Mengenai E-tiket

e-tiket-pergicom

E-tiket adalah tiket elektronik pengganti tiket fisik seperti yang dimandatkan oleh IATA (international Air Transport Association) yang merupakan organisasi maskapai penerbangan internasional. Per 1 Juni 2009 IATA memberi mandat kepada anggotanya untuk menggunakan tiket elektronik dalam segala bentuk pembayaran.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Jika dulunya tiket fisik pesawat bisa lebih dari 2 lembar, namun e-tiket pesawat terdiri dari satu halaman yang berisi informasi penerbangan lengkap dan dikirimkan melalui email. E-tiket ini tak perlu diprint. Kamu tinggal menunjukkan email yang berisi e-tiket kepada petugas check in bandara dan bisa langsung masuk ke boarding room.

Informasi yang terdapat di e-tiket adalah:

  • Nama maskapai yang dipakai
  • Kode booking (PNR)
  • Informasi penerbangan; rute, waktu dan nomor penerbangan
  • Detail penumpang: Nama penumpang, bagasi terdaftar dan jenis tiket

Meski masih banyak yang belum familiar dengan e-tiket, namun e-tiket ini memiliki kelebihan lho seperti tidak akan hilang dan bisa dikirim kembali oleh maskapai / agen travel online tempat dimana kamu membeli tiket pesawat.

E-tiket juga memudahkan kamu untuk check in di bandara maupun check in online. Penggunaan e-tiket juga mengurangi penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan.

Check in Dengan E-tiket

check-in-bandara
Bagi kamu yang sudah mendapatkan e-tiket dari maskapai maupun agen travel online tempat kamu membeli tiket, kamu tidak perlu print e-tiket tersebut dan tunjukkan saja email yang berisi e-tiket tersebut kepada petugas check in di bandara beserta kartu pengenal. Jika kamu memiliki bagasi yang ingin didaftarkan, bisa diserahkan saat proses check in di bandara.

E-tiket juga bisa digunakan untuk check in online lho! Jika maskapai penerbangan yang akan kamu naiki memiliki layanan web check in, kamu tinggal memasukkan nomor PNR (kode booking) yang tertera di e-tiket, ikuti prosedurnya dan selesai!

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Boarding pass akan dikirimkan ke email kamu dan bisa di print sendiri dan dibawa ke bandara. Jika kamu tidak memiliki bagasi yang akan didaftarkan, kamu bisa langsung menuju area boarding room untuk menunggu waktu keberangkatan.

Jika ada bagasi yang ingin didaftarkan, kamu bisa menuju konter check in maskapai dan mendaftarkan bagasi berbekal boarding pass yang kamu miliki.

Kehadiran e-tiket dalam dunia penerbangan sebenarnya memberi kemudahan bagi calon penumpang untuk menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi. Jadi jangan heran jika saat ini kamu akan lebih sering mendapatkan e-tiket untuk transaksi beli tiket pesawat online.

Jika kamu membeli tiket pesawat murah maupun hotel di Pergi.com juga akan mendapatkan e-tiket yang akan dikirim setelah melakukan pembayaran. Di lembaran e-tiket Pergi.com juga sudah tertera instruksi untuk membawa e-tiket saat check in. Jadi jangan bingung lagi bagaimana cara menggunakan e-tiket. ya Pergi yuk!

Tiket Pesawat Murah