Untuk meningkatkan sinergi dalam mempromosikan destinasi wisata Indonesia sekaligus memasarkan hotel, Kementerian BUMN menggagas pembuatan portal pariwisata bersama bagi perusahaan badan usaha milik negara yang bergerak di sektor pariwisata. Portal yang diberi nama exploreIndonesia ini rencananya akan diluncurkan secara resmi pada 12 Desember 2016 mendatang. Diharapkan, dengan adanya portal wisata bersama ini mempermudah masyarakat dan wisatawan untuk mencari informasi destinasi wisata, terutama 10 destinasi Bali Baru yang menjadi prioritas pemerintah.

”Portal exploreIndonesia merupakan platform digital untuk membangun ekosistem percepatan industri pariwisata oleh badan usaha milik negara (BUMN),” kata Direktur Utama PT Patra Jasa Haryo Yunianto di Jakarta, Senin (21/11/2016), seperti dikutip dari laman Kompas Travel.

Portal Explore Indonesia ini nantinya akan berisi informasi destinasi utama prioritas di Indonesia, seperti Labuan Bajo, Morotai, Bromo dan sebagainya. Selain itu juga akan ada informasi harga tiket pesawat dan hotel di sekitar destinasi wisata tersebut.

wisata indonesia

Direktur Utama Hotel Indonesia Group (HIG), Iswandi Said mengatakan HIG sebenarnya sudah memiliki portal tersendiri. Namun, dengan keberadaan porta exploreIndonesia diharapkan jangkauan pemasaran hotel-hotel HIG menjadi lebih luas.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan bahwa portal exploreIndonesia merupakan portal ekosistem pemangku kepentingan di sektor pariwisata Indonesia.

”Portal dikembangkan secara bertahap. Jadi, portal itu interaktif, nanti bisa berbagi pengalaman, foto, atau video,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kompas Travel.

Portal ini dikelola PT Patra Jasa bekerja sama dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia. Kedepannya diharapkan BUMN lain yang bergerak di sektor pariwisata seperti PT Pelni dan PT KAI juga bisa bergabung.