Sumber: Instagram @chinatownbandung

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Sudah ada rencana weekend mau kemana? Di Bandung ada lho tempat wisata baru yang keren dan juga instagramable, yaitu kawasan Chinatown yang berada di Jalan Kelenteng, Bandung. Wisata baru di Bandung ini dibangun di kawasan Pecinan Bandung yang di sekitarnya terdapat Vihara Samudera Bhakti, tempat ibadah umat Buddha dan Klenteng Satya Budhi, tempat ibadah umat Khong Hu Cu.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Diresmikan pada Minggu, 20 Agustus 2017 lalu oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Chinatown Bandung menjadi salah satu alternatif tempat wisata seru bersama keluarga maupun teman ketika berada di Bandung. Selain itu, Chinatown Bandung juga dibangun untuk memperkuat eksistensi Kota Bandung sebagai kota multikultur dan etnis.

Baca Juga :

Tak sekedar wisata budaya berbau oriental, Chinatown Bandung ini juga menyediakan banyak tempat makan dan shopping serta spot-spot foto yang instagramable sekali!

Wisata Budaya

A post shared by Annisa Ilmi (@anisailmi) on


Tempat wisata sebesar 2 hektar ini jadi tujuan wisata budaya sekaligus kuliner yang tengah hits di Bandung. Begitu melangkah masuk ke dalam bangunan wisata ini kamu akan langsung bisa melihat ruangan ‘Bandung Chinatown Museum’ di sebelah kiri dari pintu masuk.

Di dalam museum kecil ini kamu bisa melihat berbagai perabotan kuno yang berkaitan dengan kebudayaan etnis Tionghoa di Indonesia, seperti piring berlukis naga hingga komik silat karya Kho Ping Ho yang populer di tahun 70 – 80an. Di sisi ruangan lainnya kamu bisa melihat infografis yang menceritakan bagaimana sejarah masuknya etnis Tionghoa ke Bandung.

Baca Juga:  Menikmati Seafood dan Eksotisme Kampung Nelayan di Pantai Tanjung Kait
pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

Nuansa Oriental yang Kental

A post shared by morgan (@morgan_nou) on


Wisata baru di Bandung ini memiliki arsitektur dan desain yang begitu kental dengan nuansa oriental. Hal ini bisa terlihat dari bangunan-bangunannya yang bergaya arsitektur bangunan khas China.

Selain itu penggunaan warna dengan dominasi merah juga semakin menambah nuansa oriental di tempat ini. Tak ketinggalan kehadiran lampion, patung-patung, dan tulisan kanji serta alunan musik khas China semakin menambah seru suasana di Chinatown ini.

Kuliner Khas Peranakan Hingga Kuliner Tradisional

A post shared by kiki moechtar (@kikimoechtar) on


Di kawasan Chinatown ini kamu bisa menemukan 77 usaha kecil menengah (UKM) yang menjual berbagai makanan khas Peranakan hingga makanan khas Bandung serta souvenir ala China. Kuliner khas pecinan yang bisa kamu jumpai di tempat ini ada banyak, diantaranya mi yamin, bakpao, siomay dan masih banyak lainnya. Selain itu kamu juga bisa menemukan makanan khas Sunda seperti lotek maupun makanan tradisional lainnya. Tenang, makanan disini semua dijamin halal kok!

promo hotel pergicom
Diskon Hotel up to 300rb

Oh ya, semua transaksi di Chinatown Bandung ini menggunakan non tunai yaitu dengan kartu debit maupun kartu kredit. Jika kamu belum menggunakan transaksi non tunai, jangan khawatir karena ada konter khusus yang disediakan untuk membeli kartu non tunai yang bisa digunakan untuk transaksi di tempat wisata ini.

Harga makanan dan minuman yang dijual di dalam kawasan wisata ini bisa dikatakan standar, yaitu mulai dari Rp 20 ribu ke atas.

Fasilitas Lengkap

A post shared by FirmanNugraha (@frmnngrha_) on


Selain tempat makan dan berfoto, fasilitas di Chinatown Bandung ini tergolong lengkap untuk mengakomodasi kebutuhan pengunjung. Misalnya kehadiran mushola dengan bangunan berdesain khas China yang terlihat begitu unik. Ada juga toko oleh-oleh dan souvenir yang bisa jadi tujuan shopping sekaligus foto-foto tentunya.

Baca Juga:  7 Destinasi Liburan Paling Romantis di Asia Tenggara

Disini kamu juga bisa lho menyewa kostum pakaian tradisional etnis Tionghoa. Biaya sewa kostum tersebut adalah Rp 150 ribu, make up Rp 25 ribu dan cetak foto Rp 25 ribu. Meski lumayan mahal, namun kamu berkesempatan mengelilingi Chinatown Bandung dengan pakaian tradisional tersebut dan mengambil banyak foto di setiap sudutnya. Berasa seperti di China beneran, kan?

Spot Selfie Keren Di Setiap Sudut


Yang menariknya, Chinatown Bandung ini memiliki banyak sekali spot foto yang keren dan juga instagramable. Contohnya saja jembatan berwarna merah yang selalu laris manis jadi tempat berfoto pengunjung yang liburan ke Kampung China versi Bandung ini. Berfoto di bawah lampion-lampion yang cantik juga tak boleh dilewatkan!

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Chinatown Bandung memiliki banyak barang antik yang bisa dijadikan objek ft keren ala OOTD yang bisa membuat instagram kamu lebih keren, seperti pesawat telepon koin, sepeda onthel, televisi jadul, termos es kuno dan sebagainya. Ada banyak juga mural di dinding yang bisa jadi spot foto menarik untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Harga Tiket Masuk Chinatown Bandung

A post shared by misserma78 (@ermamisscullen) on


Meski diresmikan oleh Pemerintah Kota Bandung, namun pengelolaan Chinatown ini sepenuhnya berada di tangan swasta, yaitu Perhimpunan Masyarakat Sosial Bandung (Permaba). Jadi wajar saja, jika masuk ke wisata ini, kamu harus membayar tiket masuk, yaitu:

  • Rp 10.000 untuk hari Senin – Kamis
  • Rp 20.000 untuk hari Jumat – Minggu

Lokasi & Jam Buka Chinatown Bandung

A post shared by Reski (@eky.ra) on


Kawasan wisata Chinatown di Bandung ini berada di Jalan Kelenteng No. 41 Ciroyom, Andir, Bandung. Lokasi Chinatown ini sebelumnya adalah gedung Permaba yang sudah lama tidak digunakan. Jam buka Chinatown Bandung mulai dari pukul 12.00 – 22.00 WIB.

Jadi bagi kamu yang akan main ke Bandung jangan lupa mampir ke tempat wisata baru di Bandung ini ya. Pastikan juga kamu sudah booking hotel di Bandung di Pergi.com agar liburan singkat di Bandung lebih nyaman dan seru. Pergi yuk!

Hotel Murah di Bandung

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil
Baca Juga:  13 Pantai di Sumba yang Wajib Kamu Kunjungi