Sumber: Instagram @ semarangnightcarnival

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Setiap suku yang ada di Indonesia memiliki budaya masing-masing yang seringkali menjadi salah satu daya tarik wisata suatu daerah. Jika kamu ingin merasakan liburan yang lain dari biasanya,menghadiri festival budaya yang diselenggarakan di suatu daerah bisa jadi ide seru lho!

Festival budaya Indonesia biasanya menawarkan berbagai kegiatan tradisional yang diisi dengan ragam tarian, makanan dan juga adat istiadat yang seru sekali untuk disaksikan. Wisatawan asing saja banyak yang hadir di berbagai festival budaya di Indonesia, jangan mau kalah dari mereka ya! Yuk catat jadwal 11 festival budaya Indonesia yang akan digelar tahun 2017 ini!

1. 16-17 Februari; Festival Bau Nyale di Pantai Seger, Lombok

A post shared by Explore Lombok (@lombokita) on


Festival Bau Nyale merupakan festival tahunan masyarakat Lombok yang biasanya diadakan di Pantai Seger maupun Pantai Kuta Lombok. Festival ini dilakukan pada perhitungan hari ke-20 bulan ke-10 dari penanggalan tradisional Suku Sasak. Kata ‘bau’ dalam bahasa Sasak berarti menangkap dan kata nyale adalah cacing laut yang hanya muncul ke permukaan pantai setahun sekali.

Jadi festival Bau Nyale ini adalah festival menangkap cacing laut sebanyak-banyaknya. Tak hanya masyarakat setempat, wisatawan juga dipersilahkan untuk mencari nyale sebanyak-banyaknya. Konon, menurut kepercayaan masyarakat setempat, nyale merupakan perwujudan dari Putri Mandalika yang terjun ke laut. Nyale yang ditangkap biasanya akan diolah menjadi makanan tradisional yang enak. Berani mencoba berburu cacing laut?

2. 3-5 Maret; Java Jazz Festival 2017 di Jakarta


Bagi kamu pecinta musik jazz tentu tidak boleh melewatkan acara yang satu ini. Jakarta International Java Jazz Festival atau biasa disebut Java Jazz ini akan dilangsungkan pada 3 – 5 Maret 2017 bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Baca Juga:  4 Tempat Wisata di Bogor Untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga

Di acara yang sudah menginjak tahun ke-13 dalam penyelenggaraannya ini, kamu tak hanya bisa menikmati alunan musik dan nyanyian bernuansa jazz dari musisi dalam negeri, musisi jazz papan atas dari luar negeri juga tak pernah absen menjadi bintang tamu di acara ini. Selain jazz, juga ada genre musik lainnya seperti Reggae, Soul dan juga R&B. Yakin gak mau datang ke konser bertabur bintang ini?

3. 1-3 April; Festival Tidore di Maluku Utara

A post shared by Moluccan Trip (@moluccantrip) on


Untuk memperingati HUT Kota Tidore, pemerintah daerah setempat akan melaksanakan Festival Tidore yang menggabungkan beberapa acara adat. Ada banyak rangkaian acara seru selama tiga hari penyelenggaraan festival ini.

Misalnya seperti kegiatan Dowari yang menjadi ritual rutin setiap kali melakukan acara adat. Ada juga karnaval budaya, lomba Kabate, lomba memancing atau yang dikenal dengan Maluku Tai, atraksi debus dan masih banyak lainnya!

4. 7 Mei; Semarang Night Carnival


Awalnya. Acara karnaval ini diadakan untuk menyambut HUT Kota Semarang yang ke-470 pada tahun 2011 lalu. Karena acara ini sukses diikuti ratusan peserta dan menjaring banyak wisatawan, kini Semarang Night Carnival rutin diadakan setiap tahunnya. Siapkan kamera terbaikmu karena event ini akan diisi dengan peserta dalam berbagai kostum yang super keren.

5. 19-23 Juni; Festival Danau Sentani di Papua

A post shared by ferry_ivo (@ferry_ivo) on


Festival Danau Sentani kini menjadi salah satu daya tarik wisata keren di Papua. Diikuti oleh 16 suku yang ada di Papua, Festival Danau Sentani akan menyuguhkan berbagai acara seru dan menarik, seperti pertunjukan adat, seni dan juga budaya dari suku-suku yang ikut meramaikan acara ini.

Di acara ini kamu juga bisa melihat berbagai produk kerajinan asli suku-suku di Papua, seperti kerajinan dari kulit kayu, batik Papua, berbagai pahatan dan ukiran cantik, hingga hasil bumi Papua seperti buah merah, cokelat, kopi dan juga sagu.

Baca Juga:  Libur Akhir Tahun ke Kepulauan Seribu? Birdwatching di Pulau Rambut Yuk!

6. 9-10 Juli; Upacara Adat Yadnya Kasada

A post shared by Keerthi Ban (@keerthiban) on


Upacara adat Yadnya Kasada merupakan salah satu ritual terbesar bagi suku Tengger yang bermukim di sekitar Gunung Bromo. Setiap tahunnya, di hari ke-14 bulan Kasada, umat Hindu Tengger akan melempar sesaji yang terdiri dari sayur, buah, hewan ternak dan juga uang ke kawah Gunung Bromo.

Sesaji ini dipersembahkan untuk Sang Hyang Widhi. Selama upacara ini berlangsung, wisata Gunung Bromo akan semakin istimewa karena kamu bisa merasakan ritual ini dari dekat. Suasana sakral dan juga damai biasanya mengiringi prosesi upacara adat yang dilakukan untuk menunjukkan rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi. Bagi kamu yang mau berwisata ke Bromo, datang di saat upacara adat ini tentu akan beri pengalaman traveling yang berbeda!

7. 5-7 Agustus; Dieng Culture Festival


Diadakan di Dataran Tinggi Dieng, acara Dieng Culture Festival merupakan salah satu festival budaya paling hits di kalangan wisatawan. Acara festival ini setiap tahunnya berhasil mendapat kunjungan banyak wisatawan dalam dan luar negeri karena keunikan dan juga lokasi festival yang berada di Dataran tinggi Dieng.

Dilaksanakan setiap tahun pada bulan Agustus oleh Dinas Pariwisata Jawa Tengah dan warga di sekitar Dataran Tinggi Dieng, acara Dieng Culture Festival ini akan diisi berbagai acara adat yang menarik seperti ritual pemotongan rambut gimbal, festival jazz di atas awan, menerbangkan 5000 lampion, festival kembang api, festival film Dieng dan masih banyak acara pertunjukan seni tradisional masyarakat sekitar. Tak sekedar melihat festival, kamu pun bisa menikmati keindahan panorama Dieng dan wisata di sekitarnya.

8. 20 September – 1 Oktober; Pesta Budaya Tabuik di Pariaman, Sumatera Barat

A post shared by Hendardi (@hendardi09) on


Menyambut datangnya bulan Muharram, ada pesta budaya seru di kawasan Pariaman, Sumatera Barat yang diberi nama Pesta Budaya Tabuik. Tabuik adalah perwujudan Buraq yang membawa peti jenazah di punggungnya.

Baca Juga:  Yuk Segera Rencanakan Liburan ke 5 Destinasi Wisata Indonesia yang Bakal Hits di 2017 ini!

Tinggi Tabuik yang dibuat masyarakat Pariaman ini sekitar 15 meter! Perayaan festival ini biasanya dilakukan diantara tanggal 10-15 Muharram dan untuk tahun ini acara Tabuik ini akan digelar pada 20 September hingga 1 Oktober.

9. 10-16 Oktober; Festival Reog Ponorogo


Kesenian Reog dari Indonesia sudah dikenal dunia. Di Ponorogo yang menjadi asal lahirnya kesenian ini selalu mengadakan Festival Reog Ponorogo yang diadakan setiap menjelang tahun baru Islam (Muharram) atau juga disebut Bulan Suro. Festival reog Ponorogo ini diadakan di Alun-alun Ponorogo dalam rangkaian acara Grebeg Suro.

10. 9-10 Desember, Festival Kora-kora di Ternate

A post shared by @sentya_natasya on


Di Bulan Desember ada Festival Kora-kora di Ternate, Maluku Utara yang akan menampilkan berbagai kebudayaan dari Maluku Utara, seperti kuliner, tari dan juga musik tradisional. Ada juga lomba perahu tradisional kora-kora yang menjadi daya tarik terbesar acara ini.

Lomba perahu ini biasanya diikuti banyak peserta sehingga kamu bisa melihat berbagai kapal tradisional dengan hiasan yang seru.

11. 27 Desember, Festival Danau Toba di Sumatera Utara


Pagelaran Festival Danau Toba diselenggarakan setiap tahunnya untuk mendongkrak pariwisata di kawasan danau vulkanis terbesar di Asia tersebut. Festival Danau Toba tahun 2017 akan diadakan di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam acara ini biasanya diadakan banyak pertunjukan seni daerah hingga olahraga air dan paralayang di Danau Toba.

Jadi, sudah tahu mau liburan kemana di tahun 2017 ini? Ayo gunakan 13 long weekend di tahun 2017 untuk mengambil cuti kerja dan pergi liburan! Masukkan satu atau beberapa festival budaya keren di atas dalam list tujuan kamu ya! Jangan sampai kamu kalah dengan wisatawan asing yang berbondong-bondong mendatangi acara festival budaya di Indonesia.

Jika bukan kita yang menghargai kesenian dan kebudayaan nasional, siapa lagi? Pesan tiket pesawat menuju festival dan juga destinasi impian kamu hanya di Pergi.com ya! Pergi yuk!

Tiket Pesawat Murah

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil