Seiring kemajuan jaman, kini hampir semua hal bisa dibeli secara online, termasuk tiket pesawat terbang. Jika sebelumnya kamu akan mendapat tiket fisik setelah melakukan pemesanan dan pembayaran tiket pesawat, namun kini kamu akan lebih sering mendapat e-tiket yang akan dikirim langsung ke email masing-masing. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara memakai e-tiket pesawat untuk berangkat ke destinasi impian, sebenarnya cara penggunaannya sangat mudah dan sederhana lho!

check-in-bandara

E-tiket yang dikirim ke email kamu sebenarnya tidak perlu diprint karena bisa langsung ditunjukkan ke petugas check-in di bandara dari smartphone kamu. Jika maskapai yang akan kamu naiki memiliki fasiitas check-in online, kamu juga bisa check-in langsung dari rumah dan ketika tiba di bandara tinggal menuju gate keberangkatan atau drop bagasi di konter check-in dengan menunjukkan boarding pass yang didapat setelah check-in online.

Di beberapa bandara biasanya ada pemeriksaan oleh petugas sebelum masuk ke ruang check-in, seperti misalnya di Bandara Sekarno-Hatta. Kamu juga bisa menunjukkan e-tiket yang ada di smartphone ke petugas agar diijinkan masuk. Intinya, e-tiket bisa langsung dibawa ke bandara tanpa harus diprint terlebih dahulu.

cari-tiket-murah

E-tiket sendiri merupakan tiket elektronik pengganti tiket fisik seperti yang dimandatkan oleh IATA (International Air Transport Association) yang merupakan organisasi maskapai penerbangan internasional. E-tiket pesawat terdiri dari satu halaman yang berisi informasi penerbangan lengkap (nama penumpang, tujuan penerbangan, tanggal penerbangan) dan dikirimkan melalui email.

Jadi next time kamu membeli tiket pesawat secara online dan mendapatkan e-tiket, kamu tinggal membawa e-tiket tersebut ke bandara, lalu check-in dan kemudian terbang ke destinasi tujuan. Tak hanya maskapai penerbangan, agen travel online seperti Pergi.com juga akan memberikan e-tiket setelah kamu selesai melakukan pembayaran. Yuk segera pesan tiket pesawat dan hotel ke destinasi impian kamu di Pergi.com. Ada diskon tiket pesawat dan hotel super heboh dalam rangka ulang tahun Pergi.com yang pertama. Ada diskon 10% untuk semua tiket pesawat dan hotel dengan maksimal diskon Rp 500.000 yang bisa kamu manfaatkan untuk buat liburan lebih murah. Pergi yuk!