Menyambut perayaan tahun baru, tentu banyak tempat di Indonesia yang menyediakan acara meriah. Di bulan Desember ini juga, Indonesia memiliki dua festival budaya yang patut kalian saksikan.

Yang pasti keduanya sama-sama meriah dan akan disaksikan oleh banyak wisatawan lainnya. Ini dia festival yang Pergi.com rekomendasikan yang bikin traveling kalian makin meriah di Desember kali ini.

Sekaten dan Grebeg Maulud

A post shared by INFO SENI (@infoseni) on


Bagi warga Solo, Jawa Tengah, hari kelahiran Nabi Muhammad SAW tidaklah cukup jika diperingati tanpa ritual yang meriah. Perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW, Maulud Nabi, ini dimeriahkan dengan serangkaian ritual sebagai wujud penghormatan.

Sekaten sendiri pertama kali diadakan oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai pendiri dari keraton Yogyakarta. Acara ini awalnya bertujuan untuk mengajak rakyat Kerajaan Mataram untuk berkumpul dan memeluk agama Islam. Hingga saat ini, tradisi Sekaten masih dipertahankan secara utuh untuk mengingatkan masyarakat Yogyakarta akan kekayaan budayanya, juga sebagai daya tarik wisatawan.

Sekaten diadakan selama tujuh hari. Dimulai dari iring-iringan abdi dalem (punggawa keraton) yang mengawal dua set gamelan dari keraton menuju masjid Agung. Kemudian, acara puncaknya adalah Grebeg Maulud. Grebeg Maulud sendiri merupakan daya tarik utama dan paling ditunggu oleh masyarakat Yogyakarta.

Prosesi Grebeg Maulud terdiri dari arak-arakan sebuah gunungan yang tersusun dari berbagai hasil bumi seperti; beras ketan, berbagai makanan, juga buah-buahan. Banyak yang berkumpul saat gunungan sudah selesai diarak. Masyarakat setempat akan berebut bagian dari gunungan itu dan ditanam di ladang atau sawah. Diharapkan dengan ditanamnya bagian dari gunungan, akan mendatangkan kesejahteraan berupa panen yang berlimpah.

Rangkaian prosesi Sekaten dapat kalian saksikan di tanggal 12 Desember 2016 nanti. Saat mengikuti proses Grebeg Maulud, sebaiknya jangan ikut berebut dan mempersilakan penduduk setempat terlebih dulu. Jangan lupa jaga barang bawaan kalian, jangan sampai ada yang terjatuh atau hilang.

Borobudur Nite 2016

Jangan sampai malam pergantian tahun kali ini biasa saja. Ayo terbang ke Yogyakarta dan saksikan kemeriahan Borobudur Nite 2016 di area wisata Candi Borobudur. Di sini akan ada pagelaran musik, juga pelepasan ribuan lampion yang dilakukan setelah doa bersama.

Acara tahunan ini pun akan dimeriahkan oleh beberapa musisi diantaranya Tompi dan Citra Scholastika. Selain itu, malam perayaan tahun baru di Borobudur Nite juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari penyanyi Jazz Nita Aartsen. Jadi, tidak akan rugi untuk datang dan menikmati kebersamaan di Borobudur Nite 2016.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Rangkaian acara yang paling ditunggu-tunggu tentunya pelepasan lampion. Tahun ini, pihak penyelenggara menyiapkan 5000 lampion untuk dibagikan ke pengunjung. Pelepasan lampion ini juga merupakan penanda berakhirnya tahun 2016, dan sebagai simbol harapan untuk tahun 2017.

Tiket masuk untuk Borobudur Nite 2016 sendiri terbilang masih terjangkau yaitu; Festival Class Rp 150.000, Gold Class Rp 350.000, dan Premium Class Rp 600.000. Untuk ke Borobudur pun cukup menggunakan transportasi darat dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto.

Nah, silakan isi bulan terakhir di tahun 2016 ini dengan kegiatan yang menyenangkan dan unik seperti Sekaten dan Borobudur Nite. Cukup rencanakan dan ajak teman atau keluarga untuk bersama menikmati liburan akhir tahun yang seru. Dengan akhir tahun yang berkesan, kalian pun bisa menyambut tahun yang baru dengan penuh semangat positif.

Pergi rame-rame tidak usah pake mahal. Kunjungi website Pergi.com untuk mendapatkan promo spesial Natal. Pergi Yuk!

Tiket Pesawat Murah