Wisata hutan pinus dengan gardu pandang menjadi salah satu spot wisata hits di berbagai wilayah, seperti Yogyakarta dan Semarang. Tak hanya di Pulau Jawa, Sulawesi juga punya destinasi wisata hutan pinus yang instagrammable lho! Terletak di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara ada hutan pinus Samparona yang menawarkan keindahan khas hutan pinus yang epik banget lho!

Terletak di kawasan hutan lindung Samparona di Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara atau sekitar 15 km dari pusat Kota Baubau, hutan pinus ini menjadi salah satu wisata andalan di Baubau. Hutan pinus ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berburu foto cantik nan epik untuk di-share di Instagram atau sekedar dokumentasi pribadi.

hutan-pinus-samparona-1
Sumber: Instagram @ zahrastriselia

Jejeran pohon pinus yang berdiri rapi dan rapat menghasilkan view cantik yang banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Selain jejeran hutan pinus yang instagrammable, ada juga berbagai fasilitas outbond seperti semacam lintasan yang terbuat dari kayu yang digantung diantara pohon pinus yang asyik untuk ditelusuri dan asyik juga untuk spot berfoto ria. Ada juga menara pandang yang dibangun untuk memudahkan wisatawan untuk menikmati pemandangan keren hutan pinus dari ketinggian.

Kawasan hutan pinus Samporana juga merupakan area perkemahan yang masuk dalam kategori standar nasional yang bisa menampung hingga 1500 orang peserta pramuka. Kawasan hutan pinus ini juga digunakan sebagai arena outbond training lho!

hutan-pinus-samparona-2
Sumber: Instagram @ khaedirarman

Hutan pinus Samparona juga terletak tak jauh dari air terjun Samparona yang memiliki pemandangan keren yang juga instagrammable! Air terjun Samparona merupakan semacam komplek air terjun yang memiliki empat aliran air yang semua alirannya membentuk kolam air yang menawan Dinding-dinding tebing yang ada di sekitar air terjun ini semakin memberikan view menarik yang benar-benar memanjakan mata. Jarak dari hutan pinus ke air terjun ini lumayan jauh sehingga kamu harus masuk lebih jauh ke dalam hutan untuk bisa menemukannya.

Akses menuju hutan pinus ini tergolong baik dan mudah dicapai. Tempat wisata ini selalu ramai, terutama saat weekend. Ada banyak wisatawan lokal maupun dari daerah lain yang mampir untuk menikmati keindahan Kota Baubau. Bagi kamu yang mau liburan ke Baubau, jangan lupa untuk mampir ke Kota Baubau dan berburu foto cakep di hutan pinus kece ini ya! Yuk beli tiket pesawat ke Kendari maupun Baubau di Pergi.com. Ada diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 500.000 lho! Pergi yuk!