Bagi kamu yang suka ber-adventure ria mengunjungi destinasi wisata anti mainstream yang ada di Indonesia, pegunungan karst yang ada di Makassar ini bisa jadi pilihan yang pas. Berada di Desa Salenrang, Dusun Rammang Rammang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, pegunungan karst Rammang Rammang menawarkan pemandangan yang tak biasa.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Rammang Rammang dalam Bahasa Makassar berarti kabut atau awan. Menurut masyarakat sekitar, pegunungan karst ini dinamakan Rammang Rammang karena kondisi pegunungan karst ini selalu diselimuti kabut di pagi hari atau pada saat hujan.

Baca Juga :

Pegunungan karst yang ada di Makassar ini merupakan pegunungan karst satu – satunya di Indonesia dan terbesar ketiga di dunia untuk kategori Taman Hutan Batu Kapur setelah Taman Hutan Batu Tsingy di Madagaskar dan Taman Hutan Batu Shilin di Cina. UNESCO juga telah memasukkan pegunungan karst Rammang Rammang ini sebagai World Heritage Site. Keren sekali ‘kan!

Cara Menuju Karst Rammang Rammang


Pegunungan karst Rammang Rammang terletak sekitar 40 km dari pusat Kota Makassar yang bisa ditempuh dalam waktu 1,5 – 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil maupun motor. Jika kamu ingin menggunakan angkutan umum, perjalanan ke Rammang Rammang bisa lebih menantang lagi.

Dari pusat Kota Makassar kamu harus naik pete – pete (sebutan angkot di Makassar) menuju Mandai dan berhenti di depan Bandara Sultan Hasanuddin. Dari bandara, lalu sambung naik pete – pete yang menuju Pangkep dan berhenti di pertigaan jalan masuk semen Bosowa. Dari pertigaan itu kamu harus menuju dermaga yang jauhnya sekitar 1.5 km, kamu bisa berjalan kaki atau naik ojek untuk mempersingkat waktu tempuh. Nanti kamu akan menemukan gapura dengan tulisan “Selamat Datang di Karst Maros”.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Dari dermaga ini kamu masih harus naik perahu lagi lho untuk menyusuri Sungai Pute untuk menuju dermaga Rammang Rammang. Tapi sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang begitu indah; sungainya sangat jernih dan pemandangan di sekitarnya begitu hijau. Biaya sewa perahu warga setempat ini bervariasi, namun biasanya berkisar Rp 100.000 – Rp 300.000 per perahu PP yang bisa dinaiki hingga 6 orang.

Tiket Masuk Karst Rammang Rammang


Sesampainya di dermaga Rammang Rammang, kamu nanti akan melihat loket penjualan tiket masuk seharga Rp 2.500 per orang. Murah bukan? Pegunungan kapur Rammang Rammang ini memiliki luas 43 hektar. Pemandangan yang ditawarkan pun sangat memikat, mulai dari perbukitan karst yang berderet – deret hingga pemandangan hamparan sawah yang begitu menyejukkan mata.

Kamu bisa mencoba menelusuri pegunungan ini karena ada banyak hal unik yang bisa ditemukan selama perjalanan, misalnya berbagai batu alam yang terlihat berserakan secara alami hingga goa – goa tersembunyi yang memiliki stalagtit dan stalagmit yang menakjubkan. Kabarnya, ada ratusan gua yang berada di pegunungan karst ini dan 89 diantaranya merupakan gua pra-sejarah yang digunakan oleh manusia purba sebagai tempat tinggal.

Ada banyak fosil yang ditemukan di gua – gua yang ada di Rammang Rammang dan menjadi bagian peninggalan sejarah manusia purba di Sulawesi Selatan. Buat kamu yang suka fotografi, Rammang Rammang ini merupakan objek foto yang Instagrammable sekali dan memiliki banyak view – view menarik untuk diabadikan dalam kamera.

Tips Liburan ke Karst Rammang Rammang


Bagi kamu yang berencana mengunjungi destinasi wisata anti mainstream di Makassar yang satu ini, berikut ada tips liburan ke Rammang Rammang yang bisa buat liburan kamu semakin seru.

  • Datanglah di pagi hari agar bisa puas mengelilingi pegunungan ini sekaligus mengunjungi banyak destinasi wisata menarik di sekitarnya
  • Ajaklah teman minimal 2 orang untuk sharing cost sewa perahu nelayan setempat untuk menjelajahi Rammang Rammang
  • Jangan malu bertanya ke penduduk setempat agar tidak tersasar
  • Pastikan kondisi fisik dalam keadaan fit karena kamu akan naik turun perbukitan

Wisata di Sekitar Rammang Rammang


Rammang Rammang memang begitu mempesona. Alamnya masih asri dan masih belum dipadati turis, fasilitas yang ada juga sudah lumayan, seperti cafe, rumah makan toilet hingga musola.

Jika kamu sudah puas berpetualang di Rammang Rammang, masih ada banyak destinasi wisata menarik yang ada di sekitar pegunungan kapur ini, seperti Kampung Berua, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Tianang, Telaga Bidadari, Gua Pasaung dan Taman Hutan Batu Kapur. Jadi kamu tidak akan kehabisan lokasi wisata menarik untuk dikunjungi ketika berada di sekitar Rammang Rammang.

Yuk liburan ke Rammang Rammang Makassar! Ada tiket pesawat murah ke Makassar nih di Pergi.com. Ada banyak juga promo yang sedang berlangsung di Pergi.com yang bisa kamu manfaatkan untuk buat liburan ke Makassar lebih murah. Pergi yuk!

Tiket Murah ke Makassar