Bagi kamu yang sering bepergian dengan pesawat pasti pernah menemukan istilah kelas ekonomi maupun bisnis kan? Kelas ini merupakan kelompok penumpang pesawat yang didasarkan pada harga tiket pesawat yang dibeli. Kelas pelayanan yang ditawarkan maskapai memiliki fungsi untuk membedakan jenis kabin dan layanan yang akan diterima penumpang pesawat. Logikanya, semakin tinggi kelas tiket pesawat yang kamu beli, semakin mewah pula layanan yang akan diberikan saat penerbangan. Penetapan nama kelas dan sub kelas tiket pesawat menjadi kebijakan masing-masing maskapai. Namun di maskapai Indonesia umumnya terdapat tiga kelas layanan pesawat, yaitu ekonomi, bisnis dan first class (kelas satu). Setiap kelas layanan pesawat memiliki kode masing – masing yang biasanya menggunakan kode huruf, seperti Y, C, dan F.

Saat membeli tiket pesawat, di beberapa maskapai kamu bisa memilih apakah ingin kelas ekonomi, bisnis maupun first class. Namun di maskapai berbiaya rendah biasanya hanya terdapat tiket kelas ekonomi saja. Layanan yang akan kamu dapatkan saat penerbangan ditentukan oleh kelas pesawat yang kamu pilih. Berikut ini adalah perbedaan layanan untuk penumpang kelas ekonomi, bisnis dan juga first class.

1. Perbedaan Harga

Uang Rupiah Baru
Sumber: http://www.jawapos.com/read/2016/12/22/72409/reaksi-tokoh-aceh-atas-gambar-cut-meutia-tak-berjilbab-di-uang-rupiah-baru
Harga tiket pesawat untuk kelas ekonomi, bisnis dan juga first class tentu berbeda dimana kelas ekonomi menawarkan harga terbaik bagi orang-orang yang ingin terbang dengan murah. Umumnya, orang yang membeli tiket kelas ekonomi adalah yang mencari harga terbaik untuk terbang ke destinasi tujuan tanpa terlalu mempermasalahkan maskapai apa yang dipakai maupun jadwal keberangkatan. Namun bagi pembeli kelas bisnis dan first class adalah orang – orang yang melihat jadwal terbaik dan juga maskapai pilihan.

2. Perbedaan Proses Check in

check-in-bandara
Maskapai yang memiliki kelas bisnis dan first class biasanya juga memiliki konter check in terpisah untuk memberikan layanan yang lebih mudah dan personal. Konter check in untuk kelas bisnis dan first class biasanya lebih cepat dilayani dan tidak perlu mengantri lama. Sementara untuk penumpang kelas ekonomi harus menuju konter check in biasa yang ada di bandara.

3. Perbedaan Ruang Tunggu

ruang-tunggu-mewah
Bagi penumpang kelas ekonomi biasanya akan menuju ruang tunggu umum yang ada di setiap bandara. Umumnya, terdapat ruang tunggu domestik dan internasional dengan jejeran kursi-kursi panjang. Namun bagi penumpang bisnis dan first class tersedia lounge tersendiri dari maskapai yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti makanan dan minuman, kursi pijat, free wi-fi dan layanan lainnya yang tentunya akan memanjakan penumpang kelas bisnis dan first class.

4. Perbedaan Kursi

kursi-pesawat
Perbedaan yang dimaksud meliputi perbedaan posisi kursi yang biasanya terletak di bagian paling depan sehingga saat akan naik maupun turun tidak harus mengantri lama. Selain itu, kursi di kelas bisnis dan first class sangat empuk dan dilengkapi dengan pijakan kaki yang nyaman, ruang kaki yang lebih besar serta berbagai fitur yang membuat kamu bisa duduk nyaman selama penerbangan.

5. Perbedaan Penyajian Meals on Board

meals-on-board
Sumber: Instagram @ amitthakur89
Untuk penumpang kelas bisnis dan first class tentu mendapatkan meals on board yang mewah. Tak hanya dari pilihan menu yang disajikan, tetapi juga cara penyajian makanan yang berbeda. Seperti mejanya yang ditutupi taplak meja, ada gelas dan piring kaca plus layanan yang lebih personal dari pramugari yang bertugas. Sementara untuk penumpang kelas ekonomi yang mendapatkan meals on board, maka makanan langsung diletakkan di atas meja kecil yang ada di setiap belakang kursi pesawat.

6. Perbedaan Jatah Bagasi

bagasi
Untuk masalah bagasi, kelas bisnis dan first class juga berbeda dibandingkan kelas ekonomi. Di Indonesia, penumpang first class mendapatkan bagasi gratis 40 kg, penumpang bisnis mendapatkan 30 kg dan penumpang ekonomi mendapatkan bagasi 20 kg.

Maskapai di Indonesia yang menawarkan kelas first class adalah Garuda Indonesia dengan berbagai layanan super mewah bagi penumpangnya. Sedangkan untuk kelas bisnis dan ekonomi tersedia di hampir semua maskapai Indonesia terkecuali maskapai berbiaya rendah.

Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan layanan apa yang didapatkan ketika membeli tiket pesawat dengan kelas tertentu! Nah, beli tiket pesawat kamu sekarang juga di Pergi.com dan dapatkan diskon pesawat spesialnya. Pergi yuk!

Diskon Tiket Pesawat dan Hotel Disini!