Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, tidak heran jika Indonesia memiliki banyak pantai-pantai cantik nan mempesona yang ada dari Sabang sampai Merauke. Jika kamu lebih suka mengunjungi pantai yang masih belum terlalu ramai seperti pantai di Bali, Yogyakarta bisa jadi opsi pilihan untuk wisata pantai yang menawan. Selain wilayah Gunung Kidul yang terkenal akan pantainya yang cantik wilayah Kulonprogo juga memiliki banyak pantai cantik yang bisa dikunjungi lho! Wilayah Kabupaten Kulonprogo yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat wilayah ini memiliki pantai-pantai cantik nan eksotis. Berikut ini ada referensi 4 pantai di Kulonprogo yang bisa jadi tujuan wisata kamu berikutnya.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

1. Pantai Glagah

pantai-glagah
Sumber: Instagram @ candraaudhi
Pantai ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang populer di Kulonprogo. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta atau 15 km dari Kota Wates yang merupakan ibu kota Kabupaten Kulonprogo. Pantai Glagah ini terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo. Pesona pantai ini sangat beragam, mulai dari laguna cantik yang ada di sisi pantai, pepohonan rindang plus kebun buah naga yang semakin menambah cantik kawasan di sekitar pantai ini. Akses menuju pantai ini sudah baik. Jalannya bisa dilalui kendaraan bermotor, memiliki penunjuk jalan yang jelas dan memiliki fasilitas yang memadai.

2. Pantai Trisik

pantai-trisik
Sumber; Instagram @ khoirurijaluddin
Pantai cantik di Kulonprogo lainnya adalah Pantai Trisik yang dikenal memiliki pantai berwarna hitam yang eksotis. Terletak di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo, di pantai ini kamu bisa melihat muara Sungai Progo yang merupakan salah satu sungai besar di Yogyakarta. Pesona pantai ini terletak pada suasananya yang masih mencerminkan desa khas pesisir yang menawan. Di pantai ini kamu bisa melihat banyak perahu nelayan yang ditambatkan di pinggir pantai maupun kapal yang sedang mencari ikan di laut. Selain itu, rumah-rumah warga serta warung penjual makanan di pantai ini masih terlihat tradisional dan unik. Di pantai ini kamu juga bisa menemukan tempat pelelangan ikan yang tak pernah sepi karena sebagian besar warga Trisik berprofesi sebagai nelayan. Ada juga konservasi penyu yang bisa kamu datangi lho!

Baca Juga:  Menikmati Pesona Pantai Seger Lombok yang Menawan

3. Pantai Congot

pantai-congot
Sumber: Instagram @ supriyadi7686
Pantai cantik berikutnya adalah Pantai Congot yang terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, kabupaten Kulonprogo. Lokasi pantai ini lumayan dekat dari Pantai Glagah, jadi kamu bisa sekalian mengunjungi dua pantai cantik di area yang berdekatan dalam satu waktu. Pesona pantai ini juga terletak pada suasana kampung nelayan yang masih sangat terasa. Mulai dari perahu-perahu nelayan yang ada di pinggi pantai, rumah-rumah penduduk sekitar serta kegiatan para nelayan menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga terdapat hutan mangrove cantik yang bisa dijelajahi serta persawahan warga yang bisa jadi spot foto-foto cantik. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga diklaim sebagai salah satu pemandangan sunset yang mempesona di Yogyakarta lho!

4. Pantai Bugel

pantai-bugel
Sumber: Instagram @ dhani_ariyanto
Pantai cantik Kulonprogo selanjutnya adalah Pantai Bugel yang letaknya berada di antara Pantai Glagah dan pantai Trisik. Pantai ini berada di Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Pesona pantai ini terletak pada suasananya yang masih asri, tenang dan belum terlalu ramai. Pasir di pantai ini berwarna hitam khas pantai di pesisir barat Yogyakarta. Di pinggir pantai ini juga terdapat banyak pohon cemara untuk berteduh sekalian berpiknik bersama keluarga maupun teman. Fasilitas di pantai ini sudah lumayan lengkap, seperti parkir, toilet dan juga warung penjual makanan.

Liburan ke pantai memang bisa jadi opsi liburan menarik untuk mengisi akhir pekan atau libur panjang. Bagi kamu yang ingin ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Kulonprogo ya! Pesan tiket pesawat ke Yogyakarta di Pergi.com sekarang juga dan pakai kode diskon tiket pesawat dan hotel spesial dari Pergi.com dan dapatkan potongan hingga Rp 500.000! Pergi yuk!

Baca Juga:  10 Desa Wisata Menarik di Yogyakarta
cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil