Merencanakan liburan merupakan hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Mulai dari mencari-cari tiket pesawat murah dan hotel ke destinasi tujuan, itinerary perjalanan dan masih banyak lainnya. Namun tak selamanya rencana liburan bisa berjalan mulus karena bisa saja ada hal-hal mendesak yang membuat kamu mau tidak mau harus membatalkan rencana liburan. Lalu bagaimana dengan tiket pesawat dan hotel yang sudah terlanjur dipesan? Apakah bisa dibatalkan dan mendapatkan uang kembali? Well, banyak maskapai yang menerapkan peraturan refund untuk konsumennya Namun ada juga yang tidak membenarkan pembatalan penerbangan dengan alasan apa pun kecuali pembatalan sepihak diri sisi maskapai. Lalu bagaimana cara pembatalan tiket pesawat yang sudah terlanjur dibeli? Berikut informasinya untuk kamu.

1. Telepon Call Center Maskapai

Cara Pembatalan Tiket Pesawat
Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin membatalkan tiket pesawat yang sudah dibeli adalah dengan menghubungi call center maskapai yang kamu gunakan. Berikut ini adalah nomor call center maskapai yang ada di Indonesia

  • Garuda Indonesia: 08041807807 / 021-2351 9999
  • Citilink: 0804 1 080808
  • Lion Group ( Lion Air, Batik Air dan Wings Air) : 021-6379 8000
  • Sriwijaya Group ( Sriwijaya Air dan NAM Air): 021-29279777 / 0804-1-777777
  • Jetstar Indonesia: 021 2555 6333

2. Siapkan Kode Booking

Cara Pembatalan Tiket Pesawat
Saat menghubungi call center maskapai, kamu nanti akan dimintai informasi mengenai kode booking yang tertera di e-tiket yang kamu miliki. Setiap E-tiket yang didapat saat membeli tiket online memiliki kode booking atau yang disebut juga PNR (Passenger Name Record) yang berisi data mengenai nama pemesan, rute penerbangan dan juga jam penerbangan.

3. Siapkan Nomor Rekening

Cara Pembatalan Tiket Pesawat
Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang ditetapkan oleh Menteri Perhubungan pada 30 November 2015 lalu, maskapai harus mengembalikan uang tiket penumpang selambat-lambatnya 15 hari kerja setelah pengajuan untuk pembelian tiket secara tunai dan 30 hari kerja sejak pengajuan bagi kamu yang membeli tiket dengan kartu kredit maupun debit. Uang refund tiket pesawat akan langsung ditransfer ke rekening kamu setelah prosesnya selesai.

Namun perlu diingat juga bahwa kamu tidak akan mendapatkan uang tiket secara full jika membatalkan penerbangan. Dalam peraturan Menteri diatas sudah dijabarkan mngenai persentase uang yang akan dikembalikan kepada calon penumpang dipotong biaya administrasi dari tiap maskapai. Kamu hanya akan mendapatkan full refund jika maskapai yang melakukan pembatalan penerbangan dan keseluruhan proses refund bisa memakan waktu hingga 30 hatri. Jadi harap bersabar dengan proses refund yang kamu lakukan ya!

Yuk pesan tiket pesawat dan booking hotel ke destinasi impian mu di Pergi.com! Ada diskon tiket pesawat super heboh hingga Rp 500.000 lho! Ada juga diskon 10% untuk pemesanan hotel dimana saja dan untuk periode menginap kapan saja! Yuk manfaatkan penawaran keren ini untuk buat liburan semakin seru dan juga murah. Pergi yuk!

Diskon 500rb Disini