Industri penerbangan di Indonesia patut berbangga hati karena dalam acara World Airport Awards 2017 yang diadakan oleh Skytrax, Bandara Soekarno-Hatta menduduki peringkat pertama untuk kategori World`s Most improved Airport 2017! Selain itu bandara kebanggan Indonesia ini juga naik posisinya menjadi peringkat 44 untuk kategori Top 100 Airlines 2017 versi Skytrax setelah sebelumnya berada di posisi 63 di tahun 2016.

“Kami melompat 19 point! Capaian terbaik selama ini. Kami sebenarnya hanya menargetkan masuk di 50 besar dunia. Terima kasih atas support dari seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Pak Arief Yahya dan seluruh jajaran Kemenpar RI” ujar Presiden Director Angkasa Pusa II, Muhammad Awaluddin seperti dikutip dari laman detik (15/3/2017).

Bandara Soekarno-Hatta Terpilih Jadi World`s Most Improved Airport 2017
Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/15/120403/3447272/1382/selamat-bandara-soetta-jadi-worlds-most-improved-airport-2017?v9911011381

Penghargaan World`s Most Improved Airport 2017 yang didapatkan oleh Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu dari sembilan kategori yang ada di Skytrax World Airport Awards. Penghargaan ini didapat dari hasil survei yang dilakukan oleh Skytrax dalam periode Juli 2016 – February 2017. Survei ini mendapatkan 13,82 juta lembar jawaban survei online yang diisi oleh traveler dari 105 negara yang berbeda. Survei ini meliputi 550 bandara internasional di seluruh dunia. Survei yang diadakan Skytrax ini memiliki banyak poin penting sebagai penilaian, misalnya seperti service di bandara, check in, arrival, tersedianya tempat shopping, keamanan bandara, proses imigrasi, pembangunan fasilitas bandara dan sebagainya.

“Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang rela menyisihkan waktu khusus untuk mengisi questionnaire yang sangat detail hingga 50 pertanyaan. Kalau bukan karena cinta Merah Putih dan bangga dengan Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara andalan Indonesia, sepertinya hal ini akan sulit terjadi” kata Muhammad Awaluddin.

Menpar Arief Yahya juga turut mengapresiasi prestasi yang diraih Bandara Soekarno-Hatta ini.

“Selamat atas dua sukses sekaligus Bandara Soekarno-Hatta! Bandara yang sudah ditetapkan sebagai Tourism Airport oleh Pak Menhub Budi Karya Sumadi” kata Arief, seperti dikutip dari laman detik.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Terminal 3 Bandara Soekarn-Hatta – Sumber: Instagram @ andrebinarto

Menpar Arief juga berterima kasih kepada tim digital dan sosmed Kemenpar yang secara kontinu mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk vote Bandara Soekarno-Hatta di ajang penghargaan bergengsi di dunia penerbangan internasional ini.

“Kalau bandara kita hebat berkuaitas dunia, fasilitasnya lengkap maka itu akan menjadi destinasi tersendiri. Orang tidak takut transit dan berlama-lama di Jakarta” tambahnya.

Skytrax World Airport Awards adalah penghargaan paling prestisius di industri penerbangan dunia. Selain Bandara Soekarno-Hatta yang berhasil mendapatkan penghargaan, Bandara Changi kembali terpilih di urutan pertama sebagai bandara terbaik di dunia. Bandara yang ada di kawasan Asia lainnya yang mendapatkan penghargaan di ajang ini antara lain Tokyo Haneda International Airport, Incheon International Airport, Hong Kong International Airport, Tokyo Narita International Airport dan Taiwan Taoyuan International Airport. Sekali lagi, selamat untuk Bandara Soekarno-Hatta atas penghargaan kelas dunia yang baru saja diterima!