Maskapai penerbangan Citilink baru-baru ini membuka rute baru untuk penerbangan domestik dari Pontianak – Batam. Penerbangan perdana rute baru ini dilakukan pada hari Kamis (1/12/2016) yang ditandai dengan pendaratan pesawat dengan penumpang dari Batam menuju Pontianak.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Presiden & CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan mengatakan bahwa pembukaan rute baru ini dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas antara Pulau Sumatera dan Kalimantan. Rute baru ini juga dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus pemanfaatan pesawat baru Citilink yang tiba pada tahun 2016 ini. Selain itu, rute ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu pembuka jalan untuk pertumbuhan ekonomi di bagian barat Indonesia.

“Rute baru ini akan menghubungkan antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan,” ujar Albert, Kamis (1/12/2016), seperti dikutip dari laman Kompas.

citilink rute baru
Jembatan Barelang di Batam

Penumpang dari Pontianak yang menuju Batam nantinya bisa melanjutkan perjalanan ke berbagai kota di Pulau Sumatera seperti Medan, Padang dan Pekanbaru. Penerbangan Citilink rute Pontianak – Batam dijadwalkan berangkat pada pukul 08.30 WIB setiap harinya. Sementara itu, penerbangan untuk rute Batam – Pontianak berangkat pada pukul 15.15 WIB dengan durasi penerbangan 75 menit.

“Kita melihat Kota Pontianak menjadi salah satu kota yang akan tumbuh menjadi besar, sehingga menjadi tujuan ekspansi dengan lima penerbangan dalam sehari,” kata Albert, seperti diikuti dari laman Kompas.

Menurut Albert, baik Kota Batam dan Pontianak memiliki potensi ekonomi dengan kontribusi yang cukup besar bagi Indonesia. Letak geografis antara Pulau Sumatera dengan Pulau Kalimantan juga berbatasan langsung, sehingga memiliki peran strategis untuk menggerakkan perekonomian di wilayah barat Indonesia.

citilink rute baru
Tugu Khatulistiwa di Pontianak

Selain membuka rute baru, Citilink juga menambah frekuensi penerbangan untuk rute Jakarta–Pontianak dan Surabaya–Pontianak, dari yang sebelumnya hanya sekali sehari menjadi dua kali penerbangan sehari. Dengan adanya rute baru Batam-Pontianak ini, maka Citilink melayani lima penerbangan sehari di Pontianak.

Sebelumnya, Citilink memiliki rute yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sebaliknya. Ada juga rute yang menghubungkan antar kota di Pulau Jawa dan Sumatera. Selain itu maskapai anak Garuda Indonesia ini juga memiliki rute dari kota-kota di Jawa ke Kalimantan dan dari Kalimantan ke Sulawesi. Saat ini, Citilink memiliki 234 frekuensi penerbangan di setiap harinya menuju 27 kota di seluruh Indonesia.