Kalender libur nasional dan cuti bersama 2017 sudah dirilis oleh pemerintah. Jika kamu perhatikan dengan seksama, ada total 15 tanggal merah dan ada 13 long weekend yang di 2017 yang bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan cuti dan liburan!Ini lho 13 long weekend di 2017 yang bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan cuti atau pergi liburan.

1. 28 Maret – Hari Raya Nyepi tahun Baru Saka 1939

gili-air
Gili Air, Lombok – Sumber : Instagram @ waterwings__
Tanggal 28 Maret jatuh pada hari Selasa. Jadi idalnya kamu bisa ambil cuti di hari Senin 27 Maret. Jadi jika digabung dengan libur kerja, kamu akan punya empat hari libur (25-28 Maret) yang bisa dimanfaatkan untuk liburan! Yuk rencanakan mau kemana asal jangan ke Bali! Karena saat Nyepi, aktivitas di Bali tidak berjalan normal, tidak ada angkutan yang jalan dan sebagainya. Nggak perlu jauh-jauh, liburan ke negara di Asia juga bisa jadi pilihan.

2. 14 April – Wafat Isa Almasih

raja-ampat
Sumber: Raja Ampat – Instagram @ misstikuss
Tanggal 14 April itu jatuh pada hari Jumat, jadi total kamu punya waktu libur selama tiga hari (14-17 April). Kamu bisa mnegajukan cuti kerja di hari Kamis maupun Senin agar bisa liburan lebih puas lagi. Dengan waktu liburan 3 hingga 4 hari, kamu bisa mengunjungi destinasi liburan di dalam dan luar negeri. Mulai dari Bali, Lombok hingga Raja Ampat.

3. 24 April – Isra` Miraj Nabi Muhammad SAW

belitung
Sumber: Belitung – Instagram @ explorebelitung
Hanya 10 hari berselang dari long weekend sebelumnya, kamu akan kembali bertemu dengan long weekend selanjutnya! 24 April ini jatuh pada hari Senin, jadi kamu punya waktu 3 hari liburan (22-24 April). Jika berencana liburan agak lama, bisa juga ambil cuti di hari Jumat atau Selasa agar liburan lebih berasa. Kamu bisa menjelajah Indonesia atau liburan singkat ke luar negeri untuk mengembalikan semangat kerja dan merefresh pikiran.

4. 1 Mei – Hari Buruh Internasional

tips-liburan-ke-bali
Bali
Tanggal 1 Mei jatuh pada hari Senin, jadinya kamu punya waktu 3 hari (29 April – 1 Mei) untuk liburan! Jika kamu tak ingin mengambil cuti, kamu bisa manfaatkan hari libur ini untuk mengunjungi destinasi wisata yang edkat dari tempat tinggal, misalnya ke Yogyakarta, Bandung, Bali, Surabaya dan sebagainya. Bisa juga dimanfaatkan jika ingin mendaki gunung atau island hopping di Lombok maupun Kepulauan Seribu.

5. 11 Mei – Hari Raya Waisak 2561

10 bali baru
Candi Borobudur
Tanggal 11 Mei jatuh pada hari Kamis, jadi ambil cuti di hari Jumat untuk miliki empat hari libur (11-14 Mei). Puncak perayaan Hari Waisak biasanya dipusatkan di Candi Borobudur, jadi liburan ke Yogyakarta sepertinya bakal asyik nih!

6. 25 Mei – Kenaikan Isa Almasih

Pantai Ora Maluku
Pantai Ora, Maluku – Sumber: Instagram @indonesiajalan2
Jatuh di hari Kamis, ambil saja cuti di hari Jumatnya untuk total 4 hari libur (25-28 Mei) yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat atau traveling ke destinasi impian! Jika selama ini hanya bermain di wilayah barat Indonesia, coba deh main ke wilayah Timur yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Pantai Ora misalnya!

7. 1 Juni – Hari Lahir Pancasila

langkawi
Langkawi – Sumber: Instagram @ fionalsf
Tanggal 1 Juni jatuh pada hari Kamis. Kamu bisa mengambil cuti di hari Jumatnya untuk total 4 hari libur! Bulan Juni sepertinya sudah masuk bulan puasa, jadi kamu bisa pulang kampung lebih awal untuk menghindari kemacetan saat Lebaran nanti atau bisa juga liburan ke negara lain untuk merasakan sensasi puasa di negeri orang.

8. 25 – 26 Juni – Hari Raya Idul Fitri 1438 H

tips-traveling-2
Mudik
Bagi kamu yang berencana mudik atau pulang ke kampung halaman masing-masing saat Hari raya Idul Fitri, jangan lupa ambil cuti di tanggal 29 – 30 Juni ya agar kamu punya waktu yang cukup lama untuk temu kangen dan melepas rindu bersama keluarga tercinta.

9. 17 Agustus – Hari Kemerdekaan RI

destinasi wisata gratis singapura
Gardens by The Bay, Singapura
Hari Kemerdekaan tahun ini jatuh pada hari Kamis, jadi kamu bisa ambi cuti di Jumatnya untuk total 4 hari libur yang bisa dimanfaatkan untuk liburan bersama keluarga. Ada banyak lokasi wisata yang family-friendly yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, misalnya ke Kota Batu, Solo, Bali, Belitung dan masih banyak pilihan wisata lainnya. Kamu juga bisa mengajak anak jalan ke luar negeri lho!

10. 1 September – Hari Raya Idul Adha 1438 H

tips wisata belanja di Bangkok
Floating Market – Thailand
Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh di hari Jumat, jadi kamu memiliki total 3 hari libur belum ditambah cuti. September termasuk low season sehingga destinasi wisata juga tidak akan terlalu padat dan harga tiket pesawat lebih terjangkau. Kamu bisa mengunjungi berbagai pantai cantik yang ada di Jawa Timur atau Gunung Kidul, Yogyakarta. Bisa juga wisata kuliner ke Malang atau liburan singkat ke Bangkok.

11. 21 September – Tahun Baru Islam 1439 H

tips liburan Kuala Lumpur
Kuala Lumpur
Tanggal 21 September jatuh di hari Kamis, jadi kamu bisa cuti di hari Jumat untuk liburan seru bersama keluarga atau bahkan solo traveling! Kamu bisa liburan ke Lombok misalnya. Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di pulau cantik ini. Atau bisa juga liburan santai ke Kuala Lumpur atau negara Asia lainnya.

12. 1 Desember – Maulid Nabi Muhammad SAW

destinasi-wisata-makassar-2
Rammang Rammang Makassar – Sumber: https://flic.kr/p/Lt3ttE
Maulid Nabi tahun ini jatuh di hari Jumat. Jadi kamu punya waktu 3 hari untuk libur di awal Desember. Karena Desember adalah waktu peak season, kamu bisa liburan ke rute yang dekat-dekat saja, misalnya ke Lampung, Semarang, Makassar dan sebagainya.

13. 25 Desember – Hari Natal

south-korea-sled
Korea Selatan – Sumber: http://english.visitkorea.or.kr/
Hari Natal akan jatuh di hari Senin, jadi kamu bisa ambil cuti mulai Jumat sehingga total kamu punya 5 hari libur yang bsia dimanfaatkan untuk liburan! Jika jatah cuti tahunan masih banyak, ambil saja hingga akhir tahun dan manfaatkan untuk liburan. Buat yang belum pernah liat salju, boleh banget nih rencanakan liburan ke Jepang atau Korea Selatan yang tidak begitu jauh dari Indonesia! Liburan saat musim dingin sambil menunggu pergantian tahun tentu akan jadi momen pas untuk menikmati 2017 bukan!

Yuk manfaatkan long weekend di 2017 untuk liburan!

So, tunggu apalagI! Mumpung masih Januari, ayo mulai rencanakan mau liburan kemana! Tentukan destinasi yang diinginkan, buat itinerary yang jelas dan beli tiket kamu sekarang juga di Pergi.com! Ada banyak promo diskon menarik untuk buat tiket pesawat lebih murah lho! Pergi yuk!