Salah satu pertanyaan seputar tiket pesawat yang seriang ditanyakan calon penumpang adalah apakah bisa beli tiket pesawat langsung di bandara. Well, dulu masyarakat sering datang ke bandara dan langsung membeli tiket pesawat di bandara. Tapi sekarang hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan karena loket penjualan tiket yang dulunya bisa dijumpai di bandara kini sudah ditiadakan.

Per 1 Juni 2015, pemerintah melalui Menteri Perhubungan sudah menghapuskan loket tiket di bandara. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor HK 209/I/I/16/PHB.2014 tentang Peningkatan Pelayanan Publik di Bandara, yang di antaranya menyatakan meniadakan ruangan penjualan tiket penerbangan di gedung terminal. Sementara itu, loket penjualan tiket difungsikan menjadi konter customer service untuk membantu penumpang, seperti misalnya melakukan perubahan jadwal penerbangan, perubahan rute penerbangan, pembatalan penerbangan hingga refund. Dengan kata lain, kini kamu tidak bisa membeli tiket pesawat langsung di loket maskapai yang ada di bandara.

Kebijakan penghapusan loket penjualan tiket di bandara merupakan salah satu upaya menghapuskan praktek percaloan tiket pesawat yang merugikan calon penumpang. Jika dulu saat datang ke bandara kamu bisa menemukan banyak calo yang menawarkan tiket pesawat langsung di bandara, lain halnya sekarang. Terutama di bandara-bandara besar seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu kini sudah bebas dari yang namanya calo.

Lalu bagaimana solusi bagi masyarakat yang buru-buru ingin terbang di hari yang sama? Ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu:

1. Beli Tiket Pesawat Lewat Call Center Maskapai

beli-tiket-lewat-call-center
Meski kini tak ada lagi loket penjualan tiket di bandara, namun kamu bisa memesan tiket untuk penerbangan di hari sama / langsung terbang atau go show melalui call center masing-masing maskapai. Petugas call center akan membantu proses pemesanan tiket dan kamu hanya perlu menyediakan nomor identitas serta kartu ATM maupun kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Pemesanan tiket pesawat go show melalui call center maskapai bisa dilakukan paling lama 2 jam sebelum waktu penerbangan. Namun untuk tiket go show tentu harganya lebih mahal mengingat kamu akan berangkat di hari yang sama dan waktu yang berdekatan dengan waktu pesan.

2. Beli Tiket Pesawat Online

beli-tiket-onliine
Opsi kedua ini merupakan pilihan terbaik karena kamu bisa memesan tiket pesawat melalui laptop, smartphone maupun tablet. Kamu bisa membeli secara langsung di website masing-masing maskapai maupun pesan melalui agen travel online seperti Pergi.com. Untuk beli tiket online keberangkatan di hari yang sama bisa dilakukan hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan. Kamu hanya perlu membuka website maskapai yang diinginkan, pilih tujuan dan bayar menggunakan kartu debit maupun kartu kredit dan tiket akan dikirimkan ke email kamu. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu beli tiket pesawat melalui agen travel online seperti Pergi.com. Namun bedanya, beli tiket pesawat di Pergi.com bisa mendapatkan diskon hingga Rp 500.000 lho! Keren kan!

Jadi, bagi kamu yang butuh tiket go show dan bingung mau beli dimana karena di bandara tidak ada lagi loket penjualan tiket, beli saja tiket pesawatmu di Pergi.com. Gunakan kode diskon spesial dari Pergi.com untuk dapatkan diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 500.000 lho! Pergi yuk!