Saat pesawat akan terbang, biasanya pramugari akan memperagakan instruksi keselamatan penerbangan kepada penumpang. Hal ini meliputi cara menggunakan dan melepaskan sabuk pengaman, lokasi pintu keluar darurat, lokasi dan cara memakai life vest, dan berbagai instruksi lainnya. Selain hal-hal diatas, ada juga hal alin yang harus kamu ketahui mengenai instruksi keamanan penerbangan yang selalu dipraktekkan di penerbangan mana pun di dunia ini. Bukan tanpa alasan, hal-hal tersebut sangat penting untuk menyeamatkan nyawa penumpang jika terjadi sesuatu selama penerbangan lho!

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Bagi kamu yang sering terbang, pasti sering mendengar instruksi untuk menegakkan sandaran tempat duduk saat lepas landas dan juga landing, membuka penutup jendela dan lampu dalam kabin yang akan diredupkan. Jika kamu masih sering tidak peduli dengan instruksi tersebut, ini lho alasan keamanan dibalik berbagai instruksi tersebut!

1. Sandaran Tempat Duduk Harus Ditegakkan

keselamatan-penerbangan
Sesaat sebelum lepas landas maupun landing biasanya awak kabin akan menginstruksikan penumpang untuk menegakkan posisi tempat duduk. Pramugari pun biasanya akan mengecek penumpang kembali untuk memastikan semua posisi tempat duduk dalam keadaan tegak saat akan take off maupun landing. Hal ini bukan tanpa alasan karena menurut Benny Siga Butarbutar, humas Indonesia National Air Transport Association (INACA) posisi tempat duduk di pesawat harus tegak semata-mata untuk keamanan penumpang. Pada posisi tegak, reaksi tubuh akan lebih cepat jika terjadi keadaan darurat saat penerbangan. Seperti diketahui, take off dan landing merupakan situasi kritis daam penerbangan. Diperlukan posisi tubuh yang tegak agar bisa bereaksi dengan cepat jika terjadi guncangan karena saat tubuh berada dalam posisi tegak maka seluruh anggota badan bisa menopang tubuh dan aliran darah pun lebih lancar sehingga tak ada gangguan kesehatan selama penerbangan.

Baca Juga:  5 Tips Packing Hindari Kelebihan Bagasi

Selain itu, posisi tempat duduk yang tegak juga berguna bagi keselamatan penumpang lain karena ketika terjadi guncangan kepala secara otomatis akan bergerak ke depan. Jika tempat duduk dalam posisi tegak maka penumpang di belakang tidak akan sampai menghantam kursi kamu ketika terjadi guncangan yang tentu bisa menyebabkan cidera. Selain saat take off dan landing, tempat duduk juga harus dalam posisi tegak saat kondisi kritis, seperti turbulensi hebat, cuaca buruk, pendaratan darurat dan situasi darurat ainnya.

2. Lampu Kabin Diredupkan Saat Take Off Dan Landing

keselamatan-penerbangan
Hal lain yang berkaitan dengan keselamatan penerbangan adalah lampu di dalam kabin yang diredupkan saat take off dan juga landing. Hal ini bukan tanpa alasan tapi merupakan standar keamanan saat terbang dengan pesawat yang dilakukan seluruh maskapai di dunia. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan penumpang untuk evakuasi / keuar jika terjadi keadaan darurat karena lampu keselamatan yang ada di lantai kabin pesawat akan otomatis menyala dan menunjuk ke pintu keluar terdekat.

Jika lampu tetap dinyalakan saat take off dan landing yang merupakan situasi kritis dalam penerbangan, maka penumpang akan mengalami kesulitan untuk melihat situasi di dalam dan luar pesawat. Jadi saat lampu dimatikan, mata penumpang akan terbiasa dengan gelap sehingga bisa mengenal kondisi dalam pesawat, terutama jalur evakuasi jika terjadi kondisi kritis.

3. Penutup Jendela Harus Dibuka

keselamatan-penerbangan
Instruksi keamanan penerbangan berikutnya adaah membuka penutup jendea saat take off dan juga landing Instruksi ini berkaitan dengan faktor keamanan dan juga kewaspadaan penumpang dan awak kabin dalam penerbangan. Seperti dikatakan sebelumnya, take off dan landing merupakan fase kritis dalam penerbangan karena kemungkinan mengalami kecelakaan lebih tinggi. Penutup jendea harus dibuka saat take off dan landing untuk membiarkan cahaya alami masuk ke dalam kabin sehingga bisa menemukan pintu darurat ketika harus evakuasi. Selain itu dengan membuka penutup jendela, kamu juga bisa melihat keadaan di luar pesawat jika mengalami keadaan darurat, misalnya pendaratan tak sempurna, ban pesawat tergelincir dan sebagainya.

Baca Juga:  Mengenal Berbagai Kelas dan Fasilitas di Maskapai Indonesia

So, untuk kamu yang akan terbang dalam waktu dekat, jangan lupa untuk selalu memperhatikan ketika pramugari memperagakan keselamatan penerbangan ya! Selalu aware juga dengan pengumuman-pengumuman yang biasa diakukan oleh pilot maupun pramugari disaat tertentu untuk membuat pengalaman terbang lebih nyaman dan aman. Beli tiket pesawat ke tujuan impianmu sekarang juga di Pergi.com yuk! Pergi yuk!

pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

Cari tiket pesawat

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil