Matahari terbit atau sunrise memang bisa dinikmati dari semua penjuru dunia, namun jika kamu kebetulan berada di Yogyakarta, ada banyak lho spot untuk menikmati sunrise yang dibalut dengan indahnya pemandangan alam di Yogyakarta. Siapkan kamera kamu untuk mengabadikan momen sunrise di Yogyakarta di 8 spot keren berikut ini!

1. Candi Borobudur


sunrise-candi-borobudur
Sumber: Instagram @ indtravel
Candi Buddha terbesar di dunia ini terletak di Kabupaten Magelang, sekitar 40 km sebelah utara kota Yogyakarta. Candi dengan 1460 relief dan 504 stupa ini merupakan salah satu spot paling hits untuk melihat sunrise di Yogyakarta, tak hanya dari kalangan wisatawan lokal tetapi juga turis asing yang berlibur ke Jogja!

cicilan pergi.com
Cicilan 3/6/12 bulan

Namun pintu masuk Candi Borobudur baru dibuka pukul 6.00 pagi yang artinya sunrise sudah kelewat jauh. Satu-satunya cara bisa masuk ke area candi di pagi-pagi buta adalah dengan menginap di Hotel Manohara yang terletak di kompleks Taman Wisata Borobudur. Hotel ini memiliki akses langsung bagi tamunya naik ke Candi Borobudur untuk mengejar sunrise. Dengan menginap di hotel ini, kamu akan dapat kesempatan emas untuk memulai petualangan di Jogja dengan melihat matahari terbit super cantik dari atas Borobudur.

2. Gunung Merapi

A post shared by pendakiletoy (@pendakiletoy) on


Gunung yang masih aktif ini juga jadi tempat berburu sunrise yang begitu cantik dan populer di Yogyakarta. Meski untuk menikmatinya berarti kamu harus mendaki Gunung Merapi terlebih dahulu, namun semuanya akan sebanding dengan pemandangan cantik yang bisa kamu nikmati dari puncak gunung ini. Sangat disarankan untuk camping terlebih dahulu daripada mencoba mendaki gunung ini di waktu subuh. Ada dua jalur pendakian yang bisa dipilih untuk sampai ke puncak Merapi, yaitu jalur Selo (utara) dan Babadan (barat).

3. Candi Prambanan


sunrise-candi-prambanan
Sumber: https://www.1001malam.com/travel/candi-prambanan-candi-hindu-tercantik-yang-mengagumkan/
Selain Borobudur, Yogyakarta juga Candi Prambanan yang juga jadi tempat asyik mengejar sunrise. Candi yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO ini terletak 20 km di timur kota Yogyakarta. Di kawasan Candi Prambanan terdiri dari banyak candi yang semuanya bisa jadi spot keren untuk berburu sunrise, namun tiga candi utama Prambanan yaitu Candi Wisnu, Brahma dan Siwa-lah yang paling populer. Di hari biasa candi ini tidak buka di pagi hari. Jadi untuk menikmati sunrise di Prambanan kamu harus datang hanya di hari Minggu.

4. Punthuk Setumbu

A post shared by Andy D Bastian (@andydebastian) on


Punthuk Setumbu adalah bukit setinggi 400 m yang letaknya tak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Kawasan ini sering disebut dengan nama Nirwana Sunrise karena pemandangan dari puncak bukit ini begitu cantik. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat Candi Borobudur, Pegunungan Menoreh, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sekaligus! Kebayang kan bagaimana cantiknya pemandangan sunrise dari atas sini? Untuk bisa sampai ke puncak bukit ini, kamu harus mendaki tangga hingga gardu pandang sunrise yang ada di bukit ini.

promo hotel pergicom
Diskon up to 150rb

5. Pantai Parangtritis


sunrise-di-pantai-parangtritis
Sumber: https://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/jogjakarta/pantai-parangtritis-yogyakarta-pesonanya-sarat-legenda-dan-kearifan-lokal/3302/
Pantai Parangtritis yang jadi salah satu ikonnya wisata Yogyakarta ini juga jadi spot asyik untuk berburu sunrise lho! Pemandangan sunrise dari bibir pantai ini begitu mempesona dan saying untuk dilewatkan. Jika ingin pemandangan sunrise yang lebih wow, kamu bisa naik ke Bukit Parang Endog yang lokasinya dekat pantai ini. Dari atas bukit ini kamu bisa duduk-duduk cantik sambil menunggu sunrise.

6. Puncak Suroloyo

A post shared by Ressy Putri D (@holaressy) on


Hampir mirip dengan Punthuk Setumbu, kawasan wisata Puncak Suroloyo juga jadi spot asyik untuk menikmati sunrise. Lokasi Puncak Suroloyo berada lebih atas dari Punthuk Setumbu atau tepatnya di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo yang bisa dicapai selama satu jam perjalanan dari Yogyakarta. Untuk menikmati pemandangan sunrise dari puncak Suroloyo, kamu harus siap naik 286 anak tangga menuju puncak gardu pandang yang memiliki ketinggian di 1.019 mdpl ini.

Namun pengorbanan ini akan langsung terbayar lunas dengan pemandangan sunrise yang begitu indah karena dari atas puncak ini kamu bisa melihat empat gunung sekaligus! Ada Gunung Merapi, Sumbing, Merbabu dan Sindoro di kejauhan. Jika cuaca sedang cerah kamu juga bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan. Keren kan!

7. Kebun Buah Mangunan


sunrise-mangunan
Sumber: https://lookjogja.blogspot.co.id/2016/01/indahnya-sunrise-dan-sunset-di-kebun.html
Kebun Buah Mangunan merupakan lokasi agrowisata yang berada di daerah Dlingo, Bantul atau sekitar satu jam berkendara dari Yogyakarta. Lokasi wisata yang populer di kalangan anak muda ini menawarkan pemandangan sunrise yang begitu memikat. Selesai melihat sunrise kamu bisa langsung mengunjungi banyak tempat keren di sekitar Dlingo yang dikenal memiliki banyak spot kece yang instagramable.

8. Candi Ratu Boko

A post shared by Yoga Efendi (@yoga.efendi) on


Candi Ratu Boko terletak tak begitu jauh dari Candi Prambanan. Candi ini merupakan salah satu destinasi wisata menarik dan populer di Yogyakarta. Dari kawasan candi ini juga juara sekali untuk mengejar sunrise, didukung dengan arsitektur candi yang menarik menambah keindahan panorama sunset yang bisa kamu nikmati disini.

Sudah punya gambaran nantinya mau berburu sunrise dimana ketika liburan di Yogyakarta? Yuk segera rencanakan liburanmu ke Yogyakarta! Pesan tiket ke Yogyakarta di Pergi.com dan jangan lupa juga booking hotel untuk menginap. Dan yang terpenting, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen indah bertemu sunrise di Yogyakarta Pergi yuk!

Tiket Murah ke Yogyakarta