Sumber: Instagram @ yuliawan_sinaga

Salah satu cara menikmati keindahan pegunungan dari ketinggian adalah melalui gardu pandang yang ramai dijadikan destinasi wisata keren yang menyedot wisatawan. Di Magelang, Jawa Tengah terdapat banyak sekali spot gardu pandang yang menjadi lokasi wisata hits dan instagrammable. Coba intip yuk 7 gardu pandang yang instagramable di Magelang berikut ini!

1. Puthuk Mongkrong

A post shared by Bayu Arestu (@kiyul21) on


Terletak di Dusun Mijil, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ini menawarkan pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi! Di puthuk yang memiliki ketinggian sekitar 624 mdpl ini juga ada jembatan berbentuk huruf V yang menjadi spot paling hits dan kece untuk foto-foto! Desa Giritengah juga terkenal akan budidaya lebah madu lho! Desa ini terletak sekitar 5 km dari Candi Borobudur. Puthuk Mongkrong ini diklaim sebagai puthuk tertinggi di Jawa Tengah lho! Tiket masuk ke Puthuk Mongkrong ini hanya Rp 3.000 per orang dan Rp 2.000 untuk parkir.

2. Gardu Pandang Puthuk Setumbu


Terletak di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Puthuk Setumbu memang sudah dikenal sebagai salah satu spot gardu pandang sekaligus mengejar sunrise dan sunset terbaik di Jawa Tengah. Dari atas gardu pandang Puthuk Setumbu kamu bisa menikmati keindahan Candi Borobudur yang terlihat megah dari kejauhan. Gardu pandang ini terletak sekitar 4 km dari Candi Borobudur dan memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl. Tiket masuk ke Puthuk Setumbu ini hanya Rp 15.000 per orang.

cicilan pergi.com
Cicilan 3/6/12 bulan

3. Gardu Pandang Bukit Barade


Terletak di Desa Dusun Sendaren 2, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, gardu pandang yang satu ini menawarkan keindahan pemandangan Candi Borobudur yang mempesona. Bukit Barade ini mulai terkenal setelah film AADC 2 yang syuting di Magelang. Gardu pandang kece ini terletak sekitar 2 km dari Candi Borobudur. Tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang dan sudah termasuk biaya parkir.

4. Gardu Pandang Ndlimas

A post shared by Cangkeman! (@fani_rukhudin) on


Terletak di Dusun Kwadan, Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, gardu pandang Ndlimas ini juga menawarkan keindahan pemandangan yang begitu memikat! Meski belum sepopuler Puthuk Setumbu, namun gardu pandang ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat pemandangan cantik Borobudur dan Gunung Merapi. Tak ketinggalan pula untuk berfoto-foto dari atas gardu pandang ini. Tiket masuk ke gardu pandang Ndlimas ini adalah Rp 5.000 untuk pengendara mobil dan Rp 2.000 untuk pengendra motor.

5. Gardu Pandang Grenden

A post shared by 5ec88885 (@captain.rohmad) on


Terletak di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, gardu pandang yang satu ini menawarkan keindahan hutan pinus Grenden yang menjadi salah satu jalur pendakian tercepat ke Gunung Merbabu. Dari gardu pandang ini kamu tak hanya bisa melihat pemandangan indah hutan di lereng Merbabu, tetapi juga banyak spot foto kece yang dijamin buat feed instagram kamu lebih keren. Tiket masuk ke gardu pandang grenden ini adalah Rp 5.000 dan sudah termasuk biaya parkir. Murah kan!


Penginapan Murah di Magelang

Datang dari luar kota untuk kunjungi destinasi ini?
Temukan pilihan hotel murah di Magelang dengan harga mulai Rp 400.000 di Pergi.com

Hotel di Magelang


6. Gardu Pandang Mangli


Terletak di Dusun Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, gardu pandang Mangli menawarkan pemandangan super cantik yang dijamin buat adem hati dan mata kamu. Dari atas gardu pandang ini kamu bisa melihat megahnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong dari kejauhan. Tiket masuknya sangat murah, yaitu hanya Rp 3.000 per orang dan biaya parkir Rp 1.000.

7. Gardu Pandang Puthuk Gupakan / Puthuk Kendil

A post shared by MLuthfiG (@luthfi_23) on


Terletak di Dusun Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, gardu pandang ini menyajikan pemandangan cantik Borobudur dari kejauhan plus Gunung Merapi yang diselimuti kabut. Puthuk Gupakan atau yang juga dikenal dengan nama Puthuk Kendil ini juga jadi salah satu spot ajib untuk menunggu sunrise dan sunset lho! Tiket masuknya hanya Rp 3.000 per orang dan Rp 2.000 untuk parkir.

So, kapan kamu mau main ke Magelang? Jika mengunjungi Candi Borobudur, jangan lupa mampir ke salah satu gardu pandang kece di atas ya! Yuk beli tiket pesawat ke Semarang atau Yogyakarta di Pergi.com dan langsung cuss ke Magelang! Pergi yuk!

Pesan Tiket ke Semarang