Kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek masih belum selesai! Masih ada perayaan Cap Go Meh yang juga dirayakan secara meriah di berbagai daerah di Indonesia. Cap Go Meh merupakan hari kelima belas setelah berakhirnya Tahun Baru Imlek.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore
cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Sama seperti perayaan Imlek yang meriah diadakan di kota-kota di Indonesia, perayaan Cap Go Meh tahun 2017 ini pun tak kalah meriah dan diisi banyak acara menarik yang bisa jadi tujuan wisata kamu berikutnya lho! Berikut ini ada 6 perayaan Cap Go Meh di berbagai daerah di Indonesia yang siap digelar secara meriah di tahun ini!

1. Cap Go Meh Bogor Street Festival 2017

A post shared by Aji Sukmawan (@adjie14694) on


Perayaan Cap Go Meh selalu diadakan dengan meriah di Kota Bogor. Bahkan, Kemenpar turun langsung dalam menyelenggarakan acara Cap Go Meh (CGM) Bogor Street Festival 2017. Acara ini akan digelar pada tanggal 11 Februari 2017 mendatang di sepanjang Jalan Suryakencana, Bogor.

CGM Bogor nantinya akan melibatkan sekitar 2.500 peserta pawai dari berbagai sanggar seni dan komunitas. Diprediksi akan ada puluhan ribu orang yang akan ‘tumpah’ ke jalan untuk menyaksikan festival Cap Go Meh di Bogor ini. Tagline acara ini adalah ‘’CGM, Cap Go Meh-Pesta Rakyat Bogor (Bogor Street Festival) Ajang Budaya, Pemersatu Bangsa’ karena di hari pelaksanaan festival ini tak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat keturunan Tionghoa saja, namun semua lapisan masyarakat berbaur bersama menikmati acara ini.

Baca Juga :

Acara ini akan diawali dengan upacara keagamaan terlebih dahulu, lalu akan ada sesi arak-arakan dari Vihara. Arak-arakan ini dijamin akan sangat menarik karena terdiri dari banyak barisan yang menunjukkan berbagai atraksi menarik, seperti barisan pembuka jalan atau naga, Kie Lin, barongsai dan lainnya. Akan ada juga sajian budaya Sunda, seperti Sisingaan, Sunda Calung Rampak Tambur dan liong.

Baca Juga:  Info Tiket Pesawat Promo November 2017

Acara ini akan dimulai dari gerbang Lawang Suryakancana dan akan berakhir di Vihara Budhasena Batutulis. Acara Cap Go Meh di Bogor sudah dilakukan sejak 100 tahun lalu dan tak hanya sekedar acara keagamaan, tetapi juga festival budaya yang menyatukan kemajemukan masyarakat Bogor.

pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

2. Festival Cap Go Meh Singkawang 2017

A post shared by riny effendy (@riny_effendy) on


Perayaan Cap Go Meh di Singkawang sudah tak perlu diragukan lagi kemeriahannya. Bahkan, festival ini digadang-gadang sebagai perayaan Cap Go Meh terbesar di Asia Tenggara! Perayaan Cap Go Meh di Singkawang sangatlah unik dan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung saat festival ini digelar. Dalam perayaan ini akan ada pawai Tatung yang memiliki penampilan ekstrim, yaitu para Tatung menusuk tubuh mereka dengan benda tajam di berbagai area tubuh. Aksi ekstrim ini diyakini mampu mengusir roh-roh jahat. Para tatung di Singkawang ini hadir dari berbagai etnis suku yang ada di Singkawang seperti etnis Tionghoa, Melayu dan Dayak.

Berdasarkan Surat Rekomendasi Nomor 556/02/I/DISPORAPAR tanggal 11 Januari 2017 yang dikeluarkan Walikota Pontianak, Sutarmidji, festival Cap Go Meh Singkawang 2017 akan berlangsung pada 7 – 12 Februari 2017 di Jalan Diponegoro, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kalimantan Barat. Berikut ini jadwal Festival Cap Go Meh 2017 di Singkawang.

7-12 Februari 2017

  • Festival Kuliner vaganza
  • Chinese Ghost House “The Forbidden City”

8 Februari 2017

  • Lomba Karaoke Mandarin
  • Pesta Rakyat

9 Februari 2017

  • Prosesi Ritual “Naga Buka Mata”
  • Karnaval kostum Cap Go Meh 2017
  • Festival Barongsai Mandiri
  • Malam adu Bakat Finalis Gege Meimei

10 Februari 2017

  • Grand Final Pemilihan Gege Meimei 2017
  • Pawai Naga dan Barongsai
  • Karnaval Kostum Cap Go Meh

11 Februari 2017

  • Pawai Cap Go Meh 2568 : Jam 12.00 – 15.00 WIB
  • Pawai “Naga Bersinar” CGM : Jam 19.00 – 21.00 WIB
  • Naga 7 Tim
  • Barongsai
  • Parade Karnaval Kostum
  • Parade Mobil Hias
  • Marching Band
  • Gege Meimei Lantern Parade
  • Pawai Lampion 3 Etnis
  • Perwati

12 Februari 2017

  • Prosesi Ritual Pembakaran Naga
  • Pesta Rakyat

3. Semarak Budaya Cap Go Meh 2017 Semarang

barongsai
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Jawa Tengah akan mengadakan acara ‘Semarak Budaya Cap Go Meh 2017’ pada 19 Februari 2017 mendatang. Acara ini akan melibatkan sekitar 10 ribu orang dari berbagai elemen masyarakat di Semarang. Acara Cap Go Meh di Semarang ini akan dipusatkan di Masjid Agung Jawa Tengah.

Tema acara ini adalah ‘Pelangi Merajut Nusantara’ yang menggambarkan persatuan warna-warni Indonesia yang selaras dalam kemajemukan. Acara ini nantinya akan diisi banyak acara menarik, seperti pidato dari tokoh lintas agama, berbagai hiburan serta upaya pemecahan rekor Muri dengan makan Lontong Cap Go Meh paling banyak di Indonesia.

4. Jappa Jokka Makassar


Kota Makassar juga punya gawe untuk merayakan Cap Go Meh 2017. Ada acara Jappa Jokka (Cap Go Meh) yang akan diadakan pada 11 Februari 2017 mendatang di Jalan Sulawesi, Kecamatan Wajo, Makassar. Akan ada banyak acara menarik untuk mengisi Jappa Jokka tahun ini, seperti live show, tarian oriental, pertunjukan musik. Games, dan masih banyak lainya.

Akan ada juga 100 stand kuliner yang menyajikan kuliner khas Imlek hingga minuman asal Korea untuk menambah kemeriahan acara ini. Acara yang terbuka untuk umum ini dipastikan akan berlangsung meriah karena diikuti lebih banyak peserta dibanding tahun lalu. Acara ini juga merupakan ajang silaturahmi antar umat beragama di Makassar yang selama ini hidup berdampingan dengan damai.

5. Cap Go Meh di Pekalongan

A post shared by Budi Purwanto (@boedipoer) on


Perayaan Cap Go Meh di Pekalongan biasanya diisi dengan pawai atau juga disebut Gi Ang. Di tahun 2017 ini, perayaan Cap Go Meh di Pekalongan akan diadakan pada tanggal 10 Februari 2017 mulai pukul 1 siang hingga sore. Pawai ini akan berpusat di Klenteng Po An Thian yang berada di Jalan Belimbing. Rute pawai ini akan dimulai dari Klenteng Po An Thian lalu mengelilingi Kota Pekalongan sepanjang 4 km.

Peserta yang ikut pawai biasanya terdiri dari Dewa kepercayaan masyarakat Tionghoa yang diletakkan dalam Topekong atau rumah yang diangkut 5 hingga 10 orang karena beratnya yang bisa mencapai puluhan kilogram. Topekong ini akan dibawa dengan gerakan berputar dan berayun ayun. Akan ada 10 Topekong yang akan diarak tak hanya berasal dari Pekalongan tetapi juga daerah di sekitarnya seperti Slawi dan Tegal.

Pawai ini juga akan diisi dengan pertunjukan liong, barongsai, musik dan orang dengan kostum khas Tionghoa, seperti tokoh Sun Go Kong misalnya. Acara Cap Go Meh akan ditutup keesokan harinya dengan acara makan bersama yang terbuka umum. Tak hanya masyarakat Tionghoa yang boleh bergabung, namun semua orang juga bisa ikut meramaikan perayaan ini. Hal ini merupakan bukti bahwa keharmonisan hidup antar umat beragama sangat kental di Indonesia.

6. Festival Cap Go Meh Pulau Kemaro, Palembang


Pusat perayaan Cap Go Meh di Palembang tahun ini dilaksanakan di Pulau Kemaro, yaitu pulau yang berada di tengah Sungai Musi. Dikenal sebagai penyelenggara Festival Cap Go Meh terbesar di Indonesa, panitia penyelenggara festiva tahun ini menargetkan akan ada 30.000 orang yang akan menghadiri festival Cap Go Meh di Pulau Kemaro tahun 2017 ini. Acara festival ini akan dilangsungkan pada 12 Februari 2017 mendatang.

Berbagai persiapan juga sudah dilakukan, termasuk pemasangan 2.000 lampion untuk dekorasi, pemondokan, hingga kapal tongkang untuk penyebrangan yang sudah ready menyambut peziarah maupun masyarakat yang ingin memeriahkan perayaan Cap go Meh di Palembang.

Sudah memutuskan akan menghadiri festival Cap Go Meh di daerah mana? Jangan lupa beli tiket pesawat murah menuju destinasi yang diinginkan di Pergi.com .

Ada promo spesial Imlek dengan diskon tiket pesawat hingga Rp 288.000 lho! So, tunggu apa lagi? Beli tiket pesawatnya sekarang juga dan nikmati keberagaman budaya di Indonesia dalam berbagai perayaan Cap Go Meh meriah di Indonesia. Pergi yuk!

Tiket Pesawat Murah

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil
Baca Juga:  5 Seni Pertunjukan Khas Indonesia yang Berkelas Dunia