Meski naik pesawat sudah menjadi opsi banyak orang yang akan bepergian, namun masih ada juga calon penumpang pesawat yang melakukan kesalahan dengan membawa terlalu banyak bagasi dan tidak terima ketika ditegur oleh pramugari untuk mengurangi bagasi.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Seperti insiden yang baru-baru ini terjadi di Bandara Kualanamu Medan dimana dua calon penumpang maskapai Citilink membawa delapan hand carry ke dalam kabin pesawat. Pramugari yang mencoba mengingatkan penumpang bahwa hanya satu bagasi yang boleh dibawa ke kabin dengan berat maksimal 7 kilogram kemudian didorong. Karena telah melanggar aturan plus menyebabkan delay, kedua calon penumpang tersebut diturunkan dari pesawat dan tidak diizinkan terbang. Kasusnya kini ditangani oleh pihak kepolisian.

Baca Juga :

Padahal setiap penumpang sudah mendapat alokasi bagasi check-in gratis sebanyak 20 kg dan bagasi kabin 7 kg yang bisa dimanfaatkan. Nah, agar kamu tak bermasalah ketika boarding dengan bagasi yang terlalu banyak dan dikenakan biaya tambahan, berikut ada 5 tips packing untuk hindari kelebihan bagasi yang bisa jadi referensi kamu.

1. Hanya Bawa Barang yang Benar-Benar Dibutuhkan

Benda yang Tidak Boleh Dibawa ke Kabin
Banyak orang yang kalap memasukkan terlalu banyak barang ke dalam koper, padahal belum tentu barang tersebut berguna atau tidak. Jangan sampai kamu seperti itu ya! Manfaatkan bagasi gratis 15 – 20 kg yang diberi oleh maskapai dengan membawa barang yang benar-benar kamu perlukan selama perjalanan.

Misalnya peralatan mandi dan make up. Bawa juga pakaian secukupnya sesuai durasi liburan. Intinya, hanya bawa barang-barang yang benar berguna selama perjalanan kamu ya.

2. Ketahui Trik Menyusun Pakaian yang Benar

dokumentasi-bagasi
Tahukah kamu kalau ada trik menyusun pakaian di dalam koper untuk lebih menghemat space dan juga mencegah baju kusut?

Triknya adalah dengan menggulung pakaian lalu menyusunnya di dalam koper. Untuk menjaga gulungan pakaian tetap rapi, kamu bisa mengikat gulungan dengan karet gelang. Cara ini terbukti mampu menghemat banyak tempat dalam koper daripada melipat pakaian seperti biasa sehingga kamu bisa memasukkan barang-barang lain ke dalam koper tanpa ada yang tertinggal.

3. Bawa Toiletries / Make Up Travel Size

tips-traveling
Toiletries aka peralatan mandi dan juga make up selama liburan itu wajib. Namun untuk make up berbahan dasar cair memiliki aturan tersendiri ketika dibawa ke bagasi kabin maupun bagasi check –in. Untuk menghindari petugas bandara memeriksa bawaan kamu karena membawa terlalu banyak bahan cair di dalam bagasi, ada baiknya kamu membawa toiletries dan make up dalam ukuran travel size. Selain menghindari pemeriksaan lebih di bandara, hal ini juga akan buat bagasi kamu lebih ringan.

4. Menimbang Koper Sebelum Berangkat

bagasi-pesawat
Setelah selesai memasukkan semua barang yang dianggap penting untuk dibawa liburan, coba timbang koper kamu agar memastikan beratnya tidak melebihi peraturan berat bagasi yang diberlakukan oleh maskapai yang akan kamu naiki.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Saat ini sudah tersedia timbangan digital kecil yang bisa dipakai untuk menimbang berat koper agar kamu tahu berapa berat koper yang akan kamu bawa dan menghindari yang namanya kelebihan bagasi.

5. Kirim Oleh-Oleh

oleh-oleh
Jika kamu membeli banyak oleh-oleh untuk dibawa ke rumah, ada kemungkinan bagasi kamu akan kelebihan berat yang mengharuskan kamu membayar biaya kelebihan bagasi yang tidak murah. Daripada membawa terlalu banyak barang ada baiknya kamu kirim saja oleh-oleh tersebut dengan pos maupun kurir logistic untuk menghemat uang.

Biasanya biaya pengiriman jauh lebih murah dibanding membayar kelebihan bagasi. Jika liburan ke luar negeri dan terpaksa membawa oleh-oleh, belilah souvenir kecil yang tidak terlalu berat, seperti gantungan kunci maupun makanan yang dibeli di duty free shop.

Karena liburan hemat tidak hanya cukup saat kamu mendapatkan tiket pesawat murah, tetapi juga harus memikirkan berat bagasi yang akan dibawa agar tak harus mengeluarkan uang lebih karena kelebihan bagasi. Bagi kamu yang belum punya tiket pesawat ke destinasi impian, yuk booking sekarang juga di Pergi.com. Pergi yuk!

Pesan Tiket Pesawat