Bagi kebanyakan orang, Singapura menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit. Selain karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Indonesia, ada banyak tiket pesawat murah untuk liburan ke negara kecil ini. Selain pengaruh tiket pesawat, Singapura juga memiliki banyak pilihan wisata yang bisa dinikmati semua umur.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Namun, tahukah kamu kalau Singapura dinobatkan sebagai kota paling mahal di seluruh dunia pada tahun 2016? Biaya hidup yang tinggi di kota ini juga berpengaruh bagi para wisatawan lho! Mulai dari harga makanan dan minuman, biaya hotel, transportasi, tiket masuk ke atraksi wisata dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :

Selain itu, nilai tukar Rupiah terhadap Singapore Dollar (SGD) yang fluktuatif juga menjadi salah satu faktor yang membuat liburan ke Singapura bisa terasa lumayan mahal. Namun, ada kok tips yang bisa dilakukan untuk buat liburan kamu ke Singapura tetap fun namun aman untuk dompet. Berikut ini ada 5 tips liburan murah di Singapura yang bisa kamu coba.

1. Beli kartu EZ-Link

A post shared by EZ-Link Singapore (@ezlinksg) on


EZ-Link card merupakan kartu sakti yang sebaiknya kamu beli ketika berada di Singapura. Kartu ini bisa digunakan untuk membayar bus dan juga MRT yang merupakan transportasi umum yang terpercaya, aman dan juga murah di Singapura. Selain itu, ketika kamu tap kartu ini di bus maupun stasiun MRT, ongkos yang dibayar jauh lebih murah dibandingkan membeli tiket harian dari mesin GMT di stasiun MRT atau membayar bus dengan uang cash.

Dan yang kerennya, kartu ini berlaku selama 5 tahun sejak diaktifkan, jadi bisa kamu gunakan berkali-kali saat datang ke Singapura di lain waktu. Harga kartu ini adalah SGD 12 yang terdiri dari SGD 5 untuk harga kartu dan SGD 7 deposit yang bisa dipakai. Kartu ini bisa dibeli di stasiun MRT Changi, Orchard dan Bugis. Bisa juga dibeli di gerai 7-Eleven.

2. Bawa Botol Minum

botol minum
Terdengar sepele, tapi ada baiknya kamu bawa botol minum kosong dari rumah karena harga air mineral di Singapura itu ampun mahalnya. Harga satu botol air mineral ukuran 600ml bisa mencapai SGD 2 (sekitar Rp 19.000)!

Untuk menghemat pengeluaran untuk minum, ada baiknya kamu bawa botol minum dari rumah dan isi dengan air minum gratis yang bisa didapat di Changi maupun dari hotel / hostel tempat kamu menginap.

3. Makan di Hawker

A post shared by Shannon (@shaaanonn) on


Biaya makan di Singapura juga termasuk tinggi jika dikonversikan ke Rupiah. Untuk mengakalinya, kamu bisa makan di hawker center yang tersebar di banyak lokasi di Singapura. Hawker ini seperti food court yang terdiri dari banyak stall makanan dengan menu yang berbeda dan harga yang bersahabat. Untuk urusan rasa, makanan di hawker juga lebih orisinil daripada yang disajikan di restoran.

Di satu hawker tersedia banyak pilihan menu makanan yang bisa kamu pilih. Bagi yang mencari makanan halal, di setiap hawker juga pasti ada stand makanan halal yang menjual makanan khas Singapura, Arab, India hingga western. Selain murah dan porsinya banyak, makan di hawker juga memungkinkan kamu melihat kehidupan warga Singapura yang sebenarnya. Ada banyak hawker center yang terdapat di Singapura misalnya Changi Village Hawker, Golden Mile Hawker yang dekat dari Arab Street, Tekka Hawker di kawasan Little India dan masih banyak lainnya.

4. Beli SIM Card lokal

A post shared by Tri Kaloko (@trikaloko) on


Disarankan juga untuk membeli sim card lokal Singapura untuk dipakai internetan sekaligus telpon gratis ke Indonesia. Harga sim card ini adalah SGD 15 dan kamu bisa mendapatkan free data hingga ratusan gigabyte dan juga free international call yang bisa dipakai untuk menelpon orang tua di rumah. Hal ini jauh lebih nyaman dan murah ketimbang beli paket roaming dari provider lokal Indonesia.

5. Belanja di Supermarket Pinggir Kota

A post shared by 7-Eleven Singapore (@7elevensg) on


Untuk menghemat biaya jajan, kamu bisa belanja cemilan maupun minuman di supermarket yang terletak di pinggir kota. Jika kamu misalnya berbelanja di supermarket yang ada di daerah Bugis atau Orchard yang merupakan daerah wisata, harga barang-barangnya lumayan mahal.

Namun jika kamu bersedia bergeser sedikit saja hingga menuju pinggir kota atau paling tidak area pemukiman di Singapura, seperti Bishan atau Yishun, harga barang yang dijual di supermarket maupun restoran / kafe jauh lebih murah daripada di inti kota. Misalnya, air mineral di supermarket yang ada di Arab Street dijual seharga SGD 1.8 untuk botol kecil, namun air mineral di supermarket di Bishan dijual seharga SGD 2.4 untuk botol besar. See?

Bagi kamu yang akan liburan ke Singapura dalam waktu dekat, jangan lupa untuk melakukan tips-tips diatas ya! Dijamin liburan ke Singapura kamu jauh lebih murah namun tetap menyenangkan. Jika kamu belum punya tiket pesawat ke Singapura, beli sekarang juga di Pergi.com dan dapatkan diskon tiket pesawat hingga Rp 1 juta. Pergi yuk!

Tiket Pesawat ke Singapura