Meski sistem pengamanan di bandara sudah begitu ketat mengawasi barang bawaan penumpang, namun tetap ada celah yang bisa digunakan oknum tak bertanggung jawab untuk mencuri barang-barang berharga yang ada di bagasi.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Masalah pencurian bagasi memang bukan hal baru di dunia penerbangan Indonesia, namun seiring dengan terungkapnya kasus pencurian bagasi di bandara, keamanan di bandara dan pelayanan kepada penumpang pun semakin ditingkatkan.

Baca Juga :

Meski demikian, kamu harus tetap waspada terhadap kemungkinan pencurian bagasi di bandara. Yuk simak 5 tips menghindari pencurian bagasi di bandara berikut ini.

1. Buat Check List Barang Bawaan

bagasi pesawat
Saat menyusun barang bawaan ke koper, ada baiknya kamu membuat check list barang bawaan apa saja yang dibawa. Hal ini bisa mencegah kamu membawa terlalu banyak barang yang tidak penting selama liburan sekaligus memudahkan klaim jika ada barang bawaan yang hilang selama berada di bagasi.

2. Dokumentasi

dokumentasi-bagasi
Sama seperti membuat check list, mendokumentasikan isi koper sebelum berangkat ke bandara juga bisa menjadi tindakan preventif sekaligus persiapan jika ada barang yang berpindah tempat, rusak apalagi hilang selama berada di bagasi.

Dokumentasi juga akan memudahkan kamu untuk melakukan klaim ke maskapai penerbangan jika ada barang yang hilang dari bagasi kamu.

3. Pengaman Tambahan di Koper

gembok kode
Untuk mengantisipasi tangan-tangan jahil yang akan mencuri barang bawaan di bagasi kamu, ada baiknya berikan pengaman tambahan di koper kamu. Misalnya dengan membungkus koper dengan plastik (plastic wrap) yang biasanya tersedia di setiap bandara.

Bisa juga dengan menambahkan gembok yang dilengkapi kode di koper. Pengaman tambahan ini akan menyulitkan pencuri untuk membongkar koper kamu.

4. Hindari Penerbangan Transit

penerbangan transit
Ada juga kasus bagasi hilang saat penerbangan transit. Hal ini karena saat transit, bagasi kamu juga harus dipindah ke pesawat lain dengan proses yang rumit dan lumayan panjang. Mekanisme pengaturan bagasi untuk penumpang transit seperti ini yang memungkinkan bagasi tertinggal hingga hilang.

5. Pakai Asuransi Perjalanan

bagasi-pesawat
Jika kamu membawa banyak barang berharga di dalam bagasi, ada baiknya lengkapi perjalanan kamu dengan asuransi perjalanan sehingga kamu bisa mendapat kompensasi jika ada barang berharga yang hilang saat penerbangan.

Yang terpenting adalah selalu menjaga barang bawaan dan jika ada barang berharga seperti perhiasan atau uang dalam jumlah banyak, ada baiknya bawa ke dalam bagasi kabin agar lebih aman.

Pencurian bagasi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, jangan sampai kamu jadi korban berikutnya ya! Semoga tips diatas bisa jadi referensi untuk melindungi bagasi kamu dari pencurian. Pergi yuk!

Tiket Pesawat Murah