Saat akan bepergian dengan pesawat, setelah check-in kamu harus menuju boarding gate dan menunggu panggilan untuk boarding ke pesawat. Proses masuknya para penumpang ke dalam kabin pesawat ini disebut proses boarding. Nah, yang anehnya proses boarding di Indonesia itu bisa membuat kesal karena banyak penumpang yang mencoba menyerobot antrian, memaksa masuk terlebih dahulu dan banyak lainnya.

Jangan sampai kamu menjadi penghambat antrian boarding pesawat ya! Berikut ini ada 5 tips boarding pesawat yang efisien sehingga kamu bisa boarding dengan cepat dan tidak membuat penumpang lain marah.

1. Tunggu di Dekat Pintu Boarding

tips boarding pesawat
Setelah selesai check in kamu biasanya kamu akan mendapatkan boarding pass yang berisi informasi gate penerbangan dan juga seat di pesawat. Segera menuju gate yang tertulis di tiket dan tunggu pengumuman boarding.

2. Antri Dengan Teratur

tips boarding pesawat
Saat masuk ke pesawat, antrilah dengan teratur. Jangan mencoba menyerobot barisan atau mendahului penumpang yang ada di depan kamu. Jika ada penumpang yang berhenti karena meletakkan tas di kompartemennya, berusahalah untuk terus berjalan agar tidak menghambat penumpang lain yang ada di belakang.

3. Segera Duduk di Kursi

tips boarding pesawat
Saat masuk ke pesawat, segera cari tempat duduk yang tertera di boarding pass kamu. Jika sudah ketemu, langsung duduk agar tak menghalangi penumpang lain untuk masuk ke pesawat. Jika kesulitan menemukan tempat duduk, pramugari akan dengan senang hati menunjukkannya ke kamu. Selain itu, jika kamu mendapat tempat duduk di dekat jendela, usahakan untuk masuk trelebih dahulu agar penumpang di sebelah kamu tidak harus berdiri ketika kamu akan duduk.

4. Perhatikan Bagasi Kabin

tips-traveling
Setiap maskapai memiliki aturan tersendiri untuk bagasi kabin, termasuk ukuran dan berat tas yang bisa dibawa masuk ke kabin. Untuk memperlancar proses boarding pesawat, pastikan hanya membawa tas sesuai dengan aturan agar penumpang lain juga mendapat space untuk bagasi kabin. Selain itu, tas yang tak begitu besar akan memudahkan kamu untuk meletakkan bagasi di kompartemen yang tersedia.

5. Matikan Ponsel

tips boarding pesawat
Sesuai peraturan penerbangan, alat komunikasi harus dimatikan saat take off dan landing karena bisa menganggu sistem navigasi. Namun tak ada salahnya untuk segera mematikan ponsel ketika sudah masuk ke kabin pesawat. Dengan begini kamu bisa lebih fokus mendengar arahan awak kabin agar penerbangan berangkat seperti yang dijadwalkan.

Proses boarding di Indonesia terkadang membuat kesal akibat ulah beberapa penumpang yang tak sabaran ingin cepat masuk ke pesawat.

Jika proses boarding lancar, pesawat kamu pun bisa berangkat sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Selain itu, penumpang lain juga tidak akan merasa terganggu selama proses boarding. So, siapkan tiket pesawat kamu sekarang juga dan have a safe flight!