Saat naik pesawat terbang, salah satu masalah yang sering dialami setiap penumpang adalah telinga berdengung yang kadang disertai rasa sakit dan menurunnya kemampuan mendengar. Jika telinga kamu terasa sangat penuh, berdengung dan sulit mendengar suara saat di dalam kabin pesawat, jangan panik! Telinga berdengung saat naik pesawat disebabkan oleh tersumbatnya saluran tuba yang ada di telinga. Saluran tuba merupakan saluran yang ada dari bagian telinga tengah hingga belakang hidung. Saluran ini berfungsi sebagai penyeimbang tekanan udara di telinga tengah dengan tekanan udara di luar telinga. Saat kamu berada di ketinggian ribuan meter dari permukaan laut, telinga kesulitan untuk beradaptasi dengan tekanan udara di dalam kabin. Akibatnya udara terperangkap dan menjadi penyebab telinga berdengung atau nyeri saat naik pesawat.

Nah, jika kamu baru pertama kali naik pesawat atau sering bepergian dengan moda transportasi ini dan merasakan telinga yang berdengung selama penerbangan, berikut ini ada 5 tips mengatasi telinga berdengung saat naik pesawat yang bisa kamu coba.

1. Tutup Hidung

tutup hidung
Cara yang satu ini paling banyak dipraktekkan ketika telinga terasa tersumbat dan berdengung. Tak sekedar menutup hidung, tapi kamu harus menghembuskan nafas dalam keadaan menutup hidung dan juga mulut. Tekanan udara yang tercipta akan membuka sumbatan tuba di telinga sehingga telinga tidak lagi berdengung.

2. Makan Permen

permen
Sebelum terbang, jangan lupa untuk membawa permen untuk dimakan saat di pesawat. Gerakan mengunyah permen dapat membantu membuka saluran tuba sehingga mengurangi telinga berdengung dan terasa penuh. Namun, cara ini tidak cukup ampuh atasi telinga berdengung bagi kamu yang punya riwayat penyakit sinus maupun yang memiliki telinga sensitif.

3. Minum Air yang Banyak

air minum
Minum air putih sangat disarankan untuk dikonsumsi selama penerbangan. Selain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, gerakan menelan saat minum air juga bisa membuka sumbatan di saluran tuba yang menyebabkan telinga berdengung. Meski kamu tidak bisa membawa air minum saat melewati pemeriksaan di bandara, namun selalu ada convenient store maupun toko yang menjual air minum kemasan di area boarding room. Di beberapa bandara juga tersedia air minum gratis yang bisa dimanfaatkan. Solusi terakhir, kamu bisa membeli minuman saat berada di kabin pesawat.

4. Menguap atau Membuka Mulut

buka-mulut
Cara yang ini sangat sederhana yaitu cobalah menguap atau membuka mulut meski tidak mengantuk. Sering-sering buka mulut kamu lebar-lebar jika merasa telinga berdengung di pesawat. Gerakan mulut membuka ini juga bisa membuka sumbatan di saluran tuba yang menjadi penyebab telinga berdengung saat naik pesawat lho!

5. Menelan Ludah

menelan-ludah
Cara terakhir adalah sering-seringlah menelan ludah untuk mengatasi telinga yang berdengung. Cara kerja gerakan menelan ludah sama seperti kamu mengunyah permen maupun minum air, yaitu sama-sama bisa membuka saluran tuba. Dengan begitu, telinga pun tidak akan terasa terlalu penuh dan nyeri saat naik pesawat.

Telinga berdengung yang kadang disertai rasa sakit dan menurunnya kemampuan mendengar merupakan hal yang sering dirasakan selama penerbangan.

Jadi, jika lain kali saat kamu naik pesawat dan telinga terasa sakit dan berdengung, kamu bisa mencoba salah satu cara diatas atau bahkan mencoba semuanya! Jangan sampai hal ini membuat kamu sampai takut naik pesawat karena telinga berdengung adalah hal normal selama penerbangan karena perbedaan tekanan dikarenakan ketinggian pesawat. Pergi yuk!