Ingin melakukan hal yang berbeda saat liburan? Coba arum jeram yuk! Olahraga ekstrim yang satu ini pastinya bisa memberikan pengalaman liburan yang tidak biasa bukan! Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan olahraga yang memacu adrenalin ini, berikut ada 5 tips arung jeram bagi pemula yang harus kamu ketahui.

1. Kondisi Tubuh Harus Prima

arung-jeram
Arung jeram merupakan aktivitas yang menguras tenaga sehingga dibutuhkan kondisi fisik yang prima. Mengarungi sungai dengan arus sungai yang deras tentu akan menguras banyak tenaga, jadi pastikan kamu sudah makan dan minum sebelum mengikuti aktivitas ini ya!

2. Pakai Pakaian yang Nyaman

arung-jeram
Saat melakukan arung jeram, basah-basahan saat menerjang arus sungai yang deras tentu sudah menjadi hal yang biasa. Namun kondisi pakaian yang basah tentu bisa membuat badan terasa tak nyaman. Usahakan pakai pakaian yang tidak terlalu ketat dan tidak tebal agar lebih leluasa saat melakukan arung jeram. Hindari juga memakai perhiasan atau aksesoris karena ada kemungkinan hilang atau rusak. Untuk melindungi kaki, ada baiknya kenakan sandal gunung atau sepatu.

3. Pilih Sungai yang Sesuai

arung-jeram
Dalam dunia arung jeram, ada istilah grade untuk menandai arus sungai yang akan dilalui, yaitu mulai grade 1 hingga 5. Grade 1 merupakan sebutan untuk sungai yang memiliki arus kecil dan rute yang mudah untuk dilalui, sedangkan grade 5 untuk kategori sungai berarus deras dengan rute lebih ekstrim dan liar untuk dilalui. Untuk pemula seperti kamu, ada baiknya pilih sungai dengan arus kecil dan rute mudah terlebih dahulu. Jangan paksakan memilih sungai yang berarus cukup deras tanpa memikirkan kemampuan diri dan juga kondisi fisik ya!

4. Perhatikan Cuaca

arung-jeram
Sebelum mengikuti arung jeram, perhatikan juga cuaca dan kondisi sungai karena biasanya debit air sungai akan berubah saat musim hujan maupun musim kemarau. Ada sungai yang meluap dan memiliki arus super kuat saat hujan terjadi di sekitar sungai dan ada juga sungai yang debit airnya menurun sehingga tak memiliki arus cukup menantang untuk arung jeram pada saat musim kemarau.

5. Pilih Operator yang Terpercaya

arung-jeram
Arung jeram biasanya diorganisir oleh operator wisata di sekitar sungai tersebut. Pilihlah operator arung jeram yang terpercaya sehingga pengalaman pertama kamu mencoba arung jeram akan benar-benar berkesan dan juga aman. Operator ini biasanya menyediakan semua fasilitas arung jeram yang lengkap plus instruktur yang profesional.

Buat kamu yang butuh alternatif liburan seru, boleh sekali mencoba arung jeram lho!

Meski belum pernah mencoba arung jeram sebelumnya, tips arung jeram bagi pemula di atas bisa jadi referensi untuk kamu. Ada banyak lokasi arung jeram seru di Indonesia yang bisa kamu datangi, misalnya Sungai Citarik di Sukabumi, Sungai Ayung di Bali dan masih banyak lainnya. Pergi yuk!