Keindahan alam di Indonesia memang selalu menarik minat para wisatawan, domestik ataupun asing, untuk melancong dan mampir ke berbagai kota di tanah air. Namun, tidak hanya pegunungan dan pantai yang membuat jalan-jalan di Indonesia menyenangkan. Indonesia punya banyak pertunjukan yang menarik para pelancong untuk berkunjung.

Berikut Pergi.com merekomendasikan pertunjukan khas dari beberapa daerah di Indonesia.

1. Wayang

Source: http://www.pelitaperdamaian.org/
Source: http://www.pelitaperdamaian.org/

Wayang merupakan seni pertunjukan yang sudah ada sejak tahun 150 SM. Kesenian ini digunakan sebagai sarana penyebaran agama saat masuknya kebudayaan Hindu di Indonesia. Walaupun ada banyak jenis dari wayang di Indonesia, yang paling terkenal adalah wayang kulit. Kisah yang paling banyak dimainkan saat pertunjukan wayang kulit adalah kisah Ramayana dan Mahabharata. Hal ini mengingat awalnya wayang kulit dipergunakan sebagai alat penyebaran agama saat Hindu masuk ke Indonesia.

2. Reog Ponorogo

Source :http://www.titikkomapost.com/2015/11/tps-dukung-prpi-perjuangkan-reog-diakui.html
Source :http://www.titikkomapost.com/2015/11/tps-dukung-prpi-perjuangkan-reog-diakui.html

Pertunjukan asal Jawa Timur ini merupakan salah satu pertunjukan terbaik di Indonesia. Reog merupakan pertunjukan asal Ponorogo yang banyak diminati masyarakat sekitar dan wisatawan. Untuk membawakan pertunjukan ini, seorang penari Reog harus mampu mengangkat dadak merak seberat 60 kg dengan kekuatan gigi dan rahang. Penari lainnya juga memiliki tugas berat lain. Seperti Warok dalam pertunjukan Reog berperan sebagai seorang pendekar, harus mampu memperagakan gerakan-gerakan akrobatik dan bela diri. Para penari Reog harus mampu menari sambil berjalan di bawah terik matahari.

3.Gamelan

music-110787_960_720

Tidak hanya sebagai perangkat alat musik, gamelan juga merupakan benda keramat yang tidak boleh diperlakukan sembarangan. Pertunjukan musik Gamelan seringkali diadakan di Jawa, terutama Jawa tengah. Sebagai sebuah pertunjukan musik yang dekat dengan kehidupan Keraton, Gamelan menjadi objek pembelajaran bagi para pelajar dari Jawa Tengah dan luar negeri.

4. Tari Kecak

Source: http://www.rentalmobilbali.net/tari-kecak-ubud/
Source: http://www.rentalmobilbali.net/tari-kecak-ubud/

Tari Kecak merupakan tarian asal Bali yang dilakukan oleh sekelompok laki-laki yang duduk melingkar. Di hadapan mereka ada penari lainnya yang mengisahkan cerita Ramayana. Tarian ini sebenarnya merupakan bentuk pemujaan pada Sanghyang Widhi yang dilakukan tanpa sadar. Tari kecak mulai dipopulerkan secara internasional oleh Wayan Limbak. Saat ini, Tari Kecak menjadi atraksi yang ditunggu oleh para wisatawan.

5. Festival Budaya Lembah Baliem

Source: https://elshinta.com/news/23592/2015/08/25/yuk-mengenal-budaya-papua-lewat-festival-lembah-baliem
Source: https://elshinta.com/news/23592/2015/08/25/yuk-mengenal-budaya-papua-lewat-festival-lembah-baliem

Satu lagi festival di Indonesia yang juga paling ditunggu oleh media dan para wisatawan. Festival Lembah Baliem merupakan festival yang diadakan di Wamena, Papua, dengan menampilkan kelompok pertunjukan dari suku-suku yang mendiami Wamena. Festival ini mempertunjukan keahlian setiap suku dalam menggunakan peralatan perangnya. Selain itu, tarian-tarian tradisional juga menjadi atraksi yang dipertontonkan di festival ini.

Cek festival-festival besar di Indonesia untuk referensi kegiatan liburanmu tahun ini.

Seni pertunjukan di atas tentunya hanya sebagian dari atraksi khas Indonesia yang berstandar internasional. Cek festival-festival besar di Indonesia untuk referensi kegiatan liburanmu tahun ini. Jangan lupa untuk menggunakan kemudahan dari Pergi.com untuk pembelian tiket pesawatmu.