Designed by Freepik

Pergantian akhir tahun semakin dekat banyak orang yang sudah punya rencana mau kemana saat liburan akhir tahun nanti.

Selain mempersiapkan diri untuk liburan, kamu perlu tahu 5 resiko yang harus dihadapi ketika liburan akhir tahun, terlebih lagi jika kamu mengunjungi wisata / negara populer tujuan wisata. Misalnya Bali, Lombok dan Jogja di Indonesia dan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Hong Kong.

Promo Pergi.com
Diskon spesial untuk Sriwijaya Grup

Berikut ini informasi mengenai 5 resiko yang harus kamu hadapi ketika liburan akhir tahun yang sering terjadi. Bukan untuk menakut-nakuti, hanya agar kamu lebih waspada dan menyiapkan rencana liburan dengan lebih baik lagi.

1. Akomodasi Mahal

Akomodasi
Sesuai dengan prinsip ekonomi, semakin tinggi permintaan maka harga barang maupun jasa pun akan semakin meningkat. Hal ini juga terlihat pada akomodasi yang semakin mahal menjelang akhir tahun, baik itu tiket pesawat maupun hotel.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Akhir tahun memang merupakan musim liburan sehingga semua harga pasti akan naik. Maka dari itu persiapkan tiket pesawat dan booking hotel kamu dari sekarang untuk menghindari kehabisan tiket maupun kamar hingga harga tiket yang melonjak drastis dari hari biasa.

2. Delay

pesawat
Ada saja kemungkinan pesawat yang akan membawa kamu ke tempat tujuan liburan terkena delay karena tingginya traffic penerbangan pada akhir tahun. Meski Kemenhub dibantu Angkasa Pura dan AirNav sudah membuat skema sebisa mungkin untuk mengatur jadwal terbang dan pergerakan pesawat di bandara-bandara di Indonesia, namun delay bisa jadi worst case saat akan liburan akhir tahun.

Namun biasanya jika pun delay tak akan berlangsung lama karena petugas bandara akan mengatur traffic sebisa mungkin untuk memberangkatkan semua penerbangan di momen liburan akhir tahun.

3. Tempat Wisata Kelewat Ramai

tempat wisata ramai
Akhir tahun memang momen pas liburan untuk semua orang. Pelajar sudah libur dan pekerja kantoran pun juga sama. Tempat wisata populer di berbagai tempat pun akan ‘diserbu’ orang-orang. Jadi jangan kaget jika kamu akan menemukan tempat wisata begitu ramai dengan wisatawan.

Alih-alih ingin menikmati pemandangan indah, misalnya pantai maupun pegunungan dan mengambil banyak foto keren, namun kenyataannya tempat wisata akan padat dengan wisatawan dan juga pedagang. Jadi siapkan diri menghadapi kondisi seperti ini ya.

4. Jalanan Macet

traffic jam
Jika kamu mengunjungi kota maupun negara populer tujuan wisata, kondisi jalan di tempat tujuan bisa sedikit ramai hingga macet yang bisa mempengaruhi rencana liburan dan juga mood kamu. Ada banyak hal yang menyebabkan kemacetan di musim liburan, terutama sekali tingginya pergerakan kendaraan menuju tempat-tempat wisata populer.

Baca Juga :

Contohnya jalan yang selalu macet menuju Puncak Bogor di saat momen liburan. Jadi pastikan kamu memasukkan kemungkinan jalanan macet dalam rencana perjalanan kamu agar bisa mengatur waktu kunjungan ke tempat wisata supaya tak terjebak macet.

5. Hujan

hujan
Jika kamu liburan ke berbagai daerah di Indonesia maupun ke negara-negara Asia dengan dua musim, Desember masih masuk dalam musim hujan, jadi ada saja kemungkinan hujan deras mengguyur tujuan wisata yang kamu tuju.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Cuaca memang tidak bisa diprediksi, tapi kamu bisa melihat ramalan cuaca dari badan terpercaya seperti BMKG untuk mengetahui perkiraan cuaca di tempat wisata yang akan dikunjungi. Jadi kamu bisa memperkirakan kapan waktu terbaik menuju tempat tersebut atau mempersiapkan hal-hal yang diperlukan agar liburan tetap menyenangkan.

Informasi mengenai resiko di atas sekali bukan untuk menghalangi niatan kamu untuk liburan di akhir tahun. Informasi ini dibuat agar kamu bisa merencanakan liburan dengan lebih matang. Dengan begitu liburan kamu tidak akan terganggu meski resiko-resiko diatas menghantui. Yuk siapkan liburan akhir tahun kamu mulai dari sekarang. Pergi yuk!

Tiket untuk Libur Akhir Tahun